Ditulis oleh Nurhayati

Ukuran Kertas F4 dalam cm, inci, mm

Informasi ♦ Thursday, 21 Mar 2019 - 13:53 WIB

Ukuran Kertas F4 dalam cm, inci, mm – Saat bekerja, pasti kamu sering berhadapan dengan yang namanya komputer dan Ms. Word. Ketika mengetik sebuah pekerjaan Ms. Word adalah aplikasi yang sangat penting dan paling sering diandalkan. Dan untuk mencetak hasil dokumen, kita harus menggunakan kertas tertentu yang cocok dengan ketentuan lembaga atau perusahaan. Sehingga hasil dari pekerjaan kita bisa menjadi lebih rapi dan sesuai ketentuan dari perusahaan atau lembaga tersebut. Karena biasanya sebuah dokumen tertentu, harus dikerjakan dalam kertas yang ukurannya sesuai karena sudah ada peraturannya. Dan biasanya, kertas yang sering digunakan untuk mencetak hasil kerja adalah kertas A4 dan kertas F4 atau kita biasa menyebutnya sebagai kertas folio. Dan untuk bisa menyesuaikan hasil dokumen dan kertas, kita tentunya harus tahu ukuran dari kertas F4 yang akan digunakan nanti.

Ukuran kertas F4 biasanya sangat berbeda dengan ukuran kertas default seperti A4. Dan kertas A4 biasanya juga tidak ada ukuran langsungnya di beberapa Ms. Word. Sehingga ketika kamu disuruh atasan untuk mencetak sebuah dokumen dalam ukuran kertas F4 kamu akan kebingungan, karena di jenis kertas Ms. Word tidak ada ukuran F4. Maka dari itu, kamu harus mengatur ukuran kertas tersebut secara manual. Agar nantinya hasil kerja yang kamu dapatkan bisa lebih rapi dan tidak terlihat kosong atau tidak keluar dari garis.

Baca Juga : Arti Emoticon atau Emoji Lengkap dengan Gambar

Ketika kita harus mencetak sebuah dokumen ke ukuran F4, sulit untuk mengetahui ukuran pas kertasnya. Karena di komputer tidak tersedia ukuran otomatis untuk kertas ini. Maka dari itu kami akan menjelaskan ukuran kertas F4 dalam cm, inci, mm sehingga ketika kamu diharuskan untuk mencetak sebuah dokumen dalam ukuran kertas F4 bisa pas, tidak keluar garis ataupun terlalu banyak ruang kosong. Sehingga dokumen yang dicetak akan terlihat lebih rapi dan hasil kerja kamu akan lebih memuaskan. Kertas F4 sangat dibutuhkan disemua bidang pekerjaan, karena biasanya setiap lembaga akan membuat sebuah dokumen, setidaknya untuk membuat laporan atau bahkan ketika akan membuat proposal dan lainnya.

Ukuran Kertas F4 dalam cm, inci, mm

Jika diubah dalam ukuran cm, inci dan mm, ukuran kertas F4 adalah sebagai berikut :

  • Kertas F4 dalam ukuran cm : Lebar 21,9 dan Panjang 33 cm
  • Kertas F4 dalam ukuran mm : lebar 210 dan panjang 330 mm
  • Kertas F4 dalam ukuran inci : lebar 8,27 inci dan panjang 12,99 inci

Selanjutnya, bagaimana agar ukuran kertas F4 dalam cm bisa digunakan dalam lembar kerja dokumen ms. word atau excel? Sehingga nanti ketika dicetak ukurannya bisa pas dan tidak berantakan. Berikut adalah langkah yang harus kamu ikuti:

  • Pilih menu page layout pada Ms. Word

Cara pertama yang harus dilakukan adalah memilih menu Page Layout pada Ms. Word kamu. Menu tersebut ada di atas lembar kerja Ms. Word. Selanjutnya akan ada sub menu, dan klik sub menu tersebut. Maka akan muncul gambar kertas dengan bentuk horizontal dan vertikal.

  • Pilih Menu More Paper Size

Selanjutnya kamu harus klik sub menu lagi dan temukan menu size yang ada tulisan more paper size di dalamnya. Klik menu size maka akan ada banyak ukuran kertas yang tersedia. Pilih menu yang paling bawah yang bertuliskan ‘more paper size’ dikarenakan ukuran F4 tidak ada di size otomatis tersebut.

  • Ubah Ukuran Kertas ke F4

Jika sudah menemukan menu more paper size, kamu bisa melihat tampilan untuk mengubah ukuran kertas seusai kebutuhan. Jika dilihat di dalam menu, tidak ada pilihan untuk mengubah ukuran kertas ke F4, maka dari itu, isikan ukuran kertas F4 yang sudah tadi kami beritahukan, pada menu width atau lebar isi dengan 21,59 inci dan height atau tinggi isikan dengan angka 33 cm. Dan klik saja OK.

Lalu, bagaimana agar kita bisa menyimpan ukuran kertas tersebut di Ms. Word? Sehingga, ketika suatu hari nanti dibutuhkan lagi, kita tidak harus searching di Google lagi dan bisa langsung menggunakannya secara otomatis di Ms. Word. Tentu akan sangat merepotkan ketika kita harus searching kembali ukuran kertas F4, sehingga hal yang paling penting setelah kamu mengetahui ukuran kertas F4 dalam ukuran cm, inci dan mm adalah menyimpannya secara langsung di komputer.

Maka dari itu, kami akan berikan juga langkah agar bisa menyimpan pengaturan kertas F4 di komputer secara langsung. Dan berikut adalah langkah yang harus kamu ikuti, pastikan untuk mengikuti langkahnya dengan benar, sehingga cara di bawah ini akan berhasil:

  • Pertama, dialog printer dengan cara tekan tombol CTRL+P secara bersamaan. Jadi, disini pengaturan kertasnya tidak dalam Ms. Word langsung, tetapi dalam printer, ketika kita akan mencetak dokumen yang kita miliki.
  • Selanjutnya pilih Properties yang muncul di bagian kanan atas.
  • Setelah itu, pada dialog properties printer, pilihlah tab MAIN.
  • Jika sudah, klik lagi kotak Size dan pilih item User Defined.
  • Akan muncul Dialog User Defined Paper Size.
  • Ketikan ukuran kertas F4, (Karena kita akan menyimpan kertas dengan ukuran ini)
  • Selanjutnya isikan ukuran kertas dalam bentuk inci.
  • Pada kota Paper Width isikan dengan 850
  • Dan pada kota Paper Height isikan dengan 1300.
  • Selanjutnya pilih SAVE agar pengaturan yang sudah dilakukan tidak hilang dan bisa langsung digunakan dikemudian hari.
  • Maka, ukuran kertas F4 akan muncul di daftar Paper Size dan bisa langsung digunakan ketika kita akan membuat dokumen baru dengan ukuran kertas F4.

Baca Juga : Cara Melacak HP dengan IMEI Mudah Terbaru

Itulah ukuran kertas F4 dalam cm, inci, mm. Dengan mengetahui ukuran kertas F4 yang benar, kamu tidak akan mencetak dokumen dengan terus menerus salah karena ukuran tidak sesuai. Sehingga, dokumen yang dicetak bisa lebih bagus dan lebih rapi. Biasanya penggunaan kertas F4 digunakan ketika akan membuat laporan di sebuah lembaga atau perusahaan dan sifatnya sangat dibutuhkan. Karena kertas yang biasanya digunakan di Indonesia untuk mencetak sebuah dokumen adalah ukuran F4 dan A4. Sehingga, ketika kita menemukan fakta bahwa dalam Ms. Word tidak ada pengaturan otomatis untuk kertas F4 memang sangat disayangkan.

Agar ketika akan kembali menggunakan ukuran kertas F4 saat mengetik sebuah dokumen, kamu harus menyimpan pengaturan yang sudah kami berikan di pengaturan printer kamu. Sehingga ketika butuh nanti, tidak harus kelabakan mencari lagi. Beruntung kalau ada koneksi internet, kamu bisa langsung searching ukurannya di internet, bagaimana jika tidak? Sedangkan deadline pengerjaan dokumen sudah dekat. Makanya, persiapan untuk hal-hal yang tidak diduga kedepannya, sebaiknya simpan pengaturannya seperti yang sudah kami berikan tutorialnya di atas. Semoga artikel yang kami bagikan bisa bermanfaat dan bisa anda pahami tutorialnya dengan baik. Selamat mencoba.

Baca Lainnya