Trik dalam Bisnis E-commerce agar Untung Besar

Saat ini banyak pelaku bisnis yang beralih menjual produknya dari cara konvensional ke berbagai jalur e-commerce. Setiap pebisnis e-commerce pasti membutuhkan strategi untuk meningkatkan penjualan di tengah persaingan yang semakin ketat. Sebagai pebisnis yang menjalankan toko online, teman – teman  perlu memperhatikan kebutuhan customer sesuai segmentasi produk yang teman – teman  jual. Bukan hanya pelanggan baru, tapi juga pelanggan setia yang berulang kali bertransaksi di toko teman – teman. Coba berbagai trik dan tips  penjualan dalam e-commerce berikut untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan keuntungan besar:

  • Melakukan Praktek Upselling

Apakah teman – teman pernah mendengar istilah upselling? Upselling sendiri adalah teknik penjualan yang memungkinkan pelanggan membeli produk versi premium terlebih dahulu. Upselling dikatakan sebagai strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dibandingkan mendatangkan pembeli baru. Terkadang pelanggan perlu mengingat bahwa ada produk lain untuk dibeli pada saat bersamaan. Contoh upgrade adalah dengan memberikan pilihan riset A dan B, sehingga harganya lebih murah daripada membeli secara terpisah. Untuk produk retail tertentu, teman – teman  dapat menawarkan paket perjalanan dengan membuat pelanggan merasa bahwa mereka membayar lebih sedikit tetapi membuat mereka merasa mendapatkan lebih banyak produk. Ada dua hal yang perlu diingat saat menghadapi kesulitan. Pertama, produk yang teman – teman tawarkan harus sesuai dengan kebutuhan dasar konsumen. Kedua, produk baru teman – teman harus sepadan dengan perkiraan biaya dan nilai tambahan.

  • Berusahalah untuk Membalas Chat dengan Cepat

Ada banyak cara untuk membuat toko teman – teman tampil dalam e-commerce. Salah satunya adalah menunggu panggilan cepat kembali ke pelanggan. Teman – teman  dapat menggunakan fitur obrolan langsung di e-commerce untuk menjaga hubungan pelanggan yang baik. Fitur chat juga membantu pelanggan yang kesulitan memesan produk teman – teman. Dengan fitur chat, teman – teman dapat mengingatkan pelanggan yang belum menyelesaikan pembeliannya. Teman – teman dapat menggunakan live chat untuk mendorong pelanggan menyelesaikan transaksi. Teman – teman hanya dapat melakukan ini dengan menawarkan penawaran tambahan, pengiriman gratis, atau jika produk yang teman – teman  cari laku atau segera kedaluwarsa.

  • Melakukan Program Loyalitas

Salah satu cara untuk mengesankan pelanggan setia seperti mereka adalah melalui program loyalitas. Ada banyak cara bagi teman – teman  dan pelanggan teman – teman untuk mendapatkan keuntungan dari program loyalitas ini. Salah satu contohnya adalah memberikan poin pelanggan yang dapat dikumpulkan dan ditukar dengan diskon atau produk gratis. Selain itu, teman – teman  hanya dapat menawarkan layanan diskon anggota agar pelanggan semakin loyal terhadap produk teman – teman. Belum lagi program pengiriman gratis juga memberikan kontribusi bagi keberhasilan e-commerce pembeli dan penjual.

  • Membuat Laporan Keuangan Secara Rutin

Laporan keuangan memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis. Informasi posisi keuangan dan kesehatan keuangan saat ini dapat digunakan sebagai acuan untuk menentukan arah strategi penjualan. Oleh karena itu, teman – teman dapat dimintai pertanggungjawaban atas semua keputusan yang dibuat, bergantung pada ukuran setiap iklan. Harapannya, teman – teman tidak akan membuat keputusan yang salah yang dapat merugikan bisnis teman – teman.

Nah teman – teman itulah beberapa penjelasan mengenai taktik atau trik yang bisa teman – teman terapkan dalam bisnis e-commerce teman – teman saat ini agar memiliki untung atau profit yang besar. Semoga artikel Sudutgaji.com ini dapat bermanfaat, terima kasih telah membaca!

You May Also Like

Avatar

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *