Tips Konsisten Membuat Konten Menarik secara Reguler

7 Cara Membuat Konten secara Konsisten – Dunia digital dan media sosial kini semakin berkembang. Wadah ini digunakan untuk berbagai kepentingan termasuk salah satunya digital marketing. Media sosial termasuk blog memiliki peran penting untuk menjangkau lebih banyak audiens. 

Selain itu, bisa juga dengan cara membuat blog agar memiliki value yang kuat adalah dengan konsisten membuat konten. Berikut adalah tips-tips konsisten membuat konten menarik secara reguler.

1. Buat Perencanaan

Cara pertama yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan. Coba susun rencana seperti apa terkait pengelolaan konten-konten di blog yang akan dikelola. Penyusunan rencana ini sangat penting karena bisa mempermudah Anda untuk mendapatkan ide-ide konten secara konsisten. 

Ada banyak kasus dimana pembuat konten seringkali berhenti di tengah jalan karena kehabisan ide dan arah. Hal ini tidak akan terjadi apabila Anda sudah memiliki perencanaan yang matang. Susun rencana dan konsep dari blog yang akan dikembangkan. Secara garis besar coba tuliskan konten seperti apa yang akan diunggah secara konsisten.

Baca juga: Strategi Boosting Traffic Lewat Podcast Marketing

Tak kalah penting juga untuk membuat target. Tetapkan target atau tujuan yang ingin dicapai dari pengelolaan konten tersebut. Saat melihat target ini maka Anda akan teringat dengan tujuan awal sehingga tetap bersemangat untuk membuat konten. Apalagi jika ternyata target tersebut belum tercapai, maka akan lebih mudah untuk bersikap konsisten dalam hal penyusunan konten.

2. Lakukan Riset

Sebelum mulai menyusun konten dan mengunggahnya, coba lakukan riset terlebih dahulu. Rajin melakukan riset juga akan menumbuhkan semangat bagi Anda untuk konsisten membuat konten-konten baru. Coba cari tahu apa saja yang sedang hype di masyarakat saat ini. Isu apa yang sedang hangat diperbincangkan dan menarik untuk dibahas lebih lanjut.

Zaman terus berubah seiring berjalannya waktu. Tidak mungkin topik yang populer di masyarakat sama itu-itu saja. Pasti topik ini akan terus berubah sehingga riset sangat penting untuk dilakukan. Jangan malas untuk mengeksplorasi beragam jenis media sosial. Ini akan sangat mempermudah Anda dalam membuat konten-konten menarik untuk media sendiri.

Saat melakukan riset, jangan lupa lakukan evaluasi juga untuk media yang Anda kelola. Seberapa jauh konten-konten Anda telah menyentuh audiens. Ini juga bisa menjadi bahan pembelajaran untuk menyiapkan konten-konten lain yang lebih baik di lain waktu. 

3. Buat Kalender Posting

Agar bisa konsisten dalam membuat konten reguler maka Anda bisa memakai bantuan kalender posting. Ini merupakan kalender yang dibuat untuk menyusun jadwal posting dalam kurun waktu tertentu. Kalender posting ini akan sangat membantu Anda untuk tahu kapan saja waktu posting yang sudah ditentukan. Dengan begitu akan lebih mudah juga bagi Anda untuk mengikutinya.

Seringkali alasan orang absen membuat konten adalah karena lupa dan tidak sempat. Ini disebabkan karena mereka tidak punya jadwal yang sudah disusun sebelumnya. Jika sudah ada jadwal pasti pembuat konten akan berusaha untuk memenuhi jadwal tersebut. Agar lebih mudah untuk mengingat, buat jadwal secara tertulis dan letakkan di tempat yang mudah untuk Anda lihat.

Baca juga: Trik Menjadi Penulis Freelance dan Dapatkan Uang Lebih Banyak

Jadwal posting juga akan sangat membantu Anda untuk membuat konten yang lebih beragam. Lewat jadwal posting ini Anda bisa menuliskan konten apa yang harus diunggah. Jadi di jadwal posting selanjutnya Anda bisa membuat jadwal untuk konten yang tidak sama. Keberagaman konten dan waktu mengunggah yang konsisten akan membuat audiens merasa tertarik mengikuti blog Anda.

4. Pakai Pengingat

Jika jadwal posting saja dirasa tidak cukup maka gunakan pula fitur pengingat. Tak perlu ribet, Anda bisa memanfaatkan fitur alarm yang ada di handphone. Fitur ini bisa diatur sesuai dengan jadwal posting yang sudah ditentukan. Dengan adanya fitur ini maka Anda tak akan lupa, kapan seharusnya konten baru diposting.

Cara membuat blog agar memiliki pengunjung yang banyak adalah dengan konsisten dalam mengunggah konten, kunci konsistensi ini juga berlaku untuk media sosial Anda. Jika media tersebut mengunggah konten secara rutin, maka audiens atau pengikut juga pasti akan merasa puas. Mereka akan tertarik untuk mengikuti terus konten-konten yang akan disajikan. Jadi, usahakan untuk tidak melewatkan jadwal upload konten agar tidak ditinggalkan audiens.

5. Gunakan Fitur Penjadwalan

Berbagai jenis media sosial kini sudah canggih. Pemanfaatan teknologi memang harus dilakukan secara optimal jika ingin sukses di dunia content creator. Perlu diketahui bahwa ada fitur yang disebut sebagai fitur penjadwalan. Sesuai namanya, fitur ini digunakan untuk menjadwalkan posting suatu konten. Anda bisa menyediakan konten dan mengatur kapan konten tersebut diunggah.

Coba cermati kembali jika media yang Anda gunakan menyediakan fitur ini maka manfaatkan saja. Gunakan fitur ini untuk membantu Anda konsisten dalam membuat konten. Anda tak perlu berkali-kali mengunggah konten namun cukup mengunggah sekali saja. Selanjutnya sistem yang akan bekerja mengatur konten untuk diunggah di waktu yang berbeda.

Baca juga: Cara Promosi di Instagram yang Baik dan Benar

Fitur ini sangat cocok khususnya bagi akun atau media yang digunakan untuk digital marketing. Biasanya dibutuhkan banyak konten yang diunggah secara berkala dalam satu hari. Agar tidak lupa dan terlewat, maka fitur penjadwalan ini akan sangat membantu Anda.

6. Produksi Konten dengan Jadwal Posting

Jangan membuat konten setiap kali akan posting. Ini akan menjadi cara yang rumit dan malah membuat Anda kesulitan untuk menepati jadwal posting. Lebih disarankan untuk menyusun konten terlebih dahulu dalam jumlah banyak untuk berkali-kali jadwal posting. Langkah ini juga sering dikenal sebagai menabung konten. Jadi, Anda punya banyak simpanan konten untuk diunggah di waktu yang berbeda.

Menabung konten menjadi strategi efektif untuk konsisten menyediakan konten bagi audiens. Namun ingat, jenis konten yang akan diunggah juga harus tetap bervariasi. Hindari menabung banyak konten dengan tema yang sama. Inilah pentingnya riset, dengan melakukan banyak riset dan berkelana ke banyak media sosial Anda akan punya banyak ide untuk menabung konten.

Jangan lupa gunakan juga panduan jadwal atau kalender posting yang sudah Anda buat. Tabunglah konten sesuai dengan jadwal tersebut. Ini akan mempermudah Anda memperkirakan berapa banyak jumlah konten yang harus ditabung.

7. Manfaatkan Jasa Admin

Jika tak ingin ribet dalam merencanakan konten-konten untuk media Anda, gunakan saja jasa admin. Admin memiliki tugas untuk mengatur konten yang akan diunggah termasuk menyusun jadwal posting-nya. Dengan memanfaatkan jasa admin maka akan lebih mudah untuk melakukan pengelolaan konten secara konsisten.

Namun tentu dibutuhkan biaya lebih jika Anda ingin memakai jasa admin. Anda juga harus mencari admin yang tepat dan bisa memahami kebutuhan konten untuk media Anda. Hanya saja memang jasa admin ini akan sangat membantu jika Anda sendiri kesulitan untuk konsisten mengunggah konten.

Baca juga: Ingin Sukses? Kenali Lebih Jauh Apa Itu Branding!

Itulah tadi beberapa tips konsisten mengunggah konten secara reguler. Ini menjadi cara membuat blog yang populer dan dicintai oleh banyak audiens. Konsistensi dalam membuat konten sangatlah penting dan akan menjaga minat audiens dari blog Anda. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kualitas dari konten-konten yang diunggah.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *