Syarat Masuk SD dan Pentingnya Persiapan Anak

Setelah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau Taman Kanak-kanak (TK), orang tua biasanya beramai-ramai menyekolahkan anaknya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni Sekolah Dasar (SD).

Dalam memenuhi syarat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SD, para orang tua pun harus mempersiapkan beberapa persyaratan. Hal tersebut agar bisa mendaftarkan anaknya ke SD yang dituju.

Selain syarat masuk SD, persiapan anak pun sangat penting sekali agar nantinya bisa mengikuti proses belajar dengan baik. Terlebih di masa pendemi saat ini, mengharuskan orang tua lebih ekstra mempersiapkan hal tersebut.

Syarat PPDB Jenjang SD

Dalam penerimaan siswa baru pihak Kemendikbud telah membuat ketentuan mengenai kententuan PPDB, mulai dari TK hingga SMA/K. Aturan tersebut terdapat pada Permendikbud No 1 Tahun 2021 tentang aturan dan syarat masuk SD.

Seperti yang dikutip dari situs Edumaster, disebutkan syarat masuk SD bahwa usia anak harus sudah mencapai 6 tahun atau sudah mencapai usia 7 tahun per 1 juli. Adapun batas usia minimal masuk SD yakni sudah memasuki usia 5 tahun 6 bulan saat didaftarkan atau per 1 juli.

Usia anak tersebut harus dibuktikan dengan adanya tanda lahir atau akta kelahiran anak bagi yang akan masuk ke SD. Selain itu, nama anak juga sudah tercatat dalam kartu keluarga (KK).

Namun perlu diketahui, bagi orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya yang berusia 5 tahun perlu adanya surat rekomendasi dari kalangan dewan guru ataupun profesional.

Hal tersebut sangat penting sekali bagi perkembangan anak dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas. Selain itu, pastikan juga adanya persiapan anak mulai dari kesiapan psikis hingga kecerdasannya.

Cara Daftar Masuk SD

Pada tahun 2021 pemerintah melalui Kemendikbud menetapkan kebijakan dalam PPDB untuk jenjang SD, bahwa terdapat jalur pendaftaran yang berlaku yakni sistem zonasi, afirmasi, dan perpindahan tugas orang tua.

PPDB di masa pandemi Covid-19 saat ini mengharuskan semua sekolah negeri maupun swasta dilakukan secara daring. Sehingga bisa mendaftar di rumah dan tidak perlu repot ke sekolah.

Selain itu, kegiatan belajar mengajar yang berlangsung juga masih secara daring. Sehingga peran orang tua sangat penting sekali, terutama keberlangsungan pembelajaran secara daring tersebut.

Persiapan Anak Sebelum Masuk Kelas 1 SD

Persiapan anak sebelum masuk kelas 1 SD merupakan faktor penting yang harus orang tua ketahui. Salah satunya memberikan pendidikan kepada anak yakni berupa pendidikan dasar jenjang PAUD atau TK.

Hal tersebut membuat anak lebih matang dan siap ketika mengikuti kegiatan belajar di dalam kelas. Selain itu, dapat membentuk karakter anak dan keterampilan anak yang lainnya.

Akhir Kata

Perlu diketahui, bahwa bisa baca, tulis, dan hitung bukanlah syarat untuk masuk kelas 1 SD, syarat utama yakni faktor umur dan kesiapan anak. Apabila faktor utama telah terpenuhi maka anak bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, termasuk belajar membaca dan menghitung. Apabila anda membutuhkan tempat les privat terbaik untuk anak anda, bisa kunjungi saja edumasterprivat.com

Leave a Comment