Strategi Boosting Traffic Lewat Podcast Marketing

Meraih Jumlah Audiens Melalui Strategi Promosi Podcast – Saat ini semakin banyak platform media sosial bermunculan dengan beragam konsep. Tak hanya Instagram yang kini bisa dimanfaatkan oleh toko online sebagai media promosi. Podcast pun juga bisa jadi media marketing yang efektif. Pelaku usaha bisa meningkatkan traffic website mereka dengan melakukan marketing lewat podcast. Kali ini akan dibahas seperti apa strategi boosting traffic melalui media podcast.

1. Kenali Target Konsumen

Hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah mengenali identitas target konsumen Anda. Sebenarnya strategi ini tidak hanya diterapkan bagi Anda yang ingin melakukan marketing lewat podcast. Marketing lewat media apapun harus bisa mengenali konsumennya terlebih dahulu. Jika sudah kenal maka akan lebih mudah untuk membuat konten marketing yang tepat.

Baca juga : Ingin Sukses? Kenali Lebih Jauh Apa Itu Branding!

Podcast merupakan media siaran non-streaming yang dilakukan dengan konsep tertentu. Konten yang ditampilkan dalam podcast tentu harus sesuai dengan target konsumen agar strategi marketing bisa efektif. Oleh karena itu, kenali dulu jenis produknya dan siapa saja target konsumen yang diharapkan.

2. Manfaatkan Pengunjung

Marketing lewat podcast akan berjalan efektif apabila Anda bisa memanfaatkan pengunjung. Sangat disarankan untuk memberi kemudahan bagi pengunjung yaitu dengan memberi gambar yang sesuai dengan target pengunjung Anda. Lewat gambar tersebut Anda bisa mengarahkan pengunjung untuk datang ke podcast Anda dan mendengarkan konten-konten yang Anda miliki.

Sama seperti strategi marketing di media yang lain, tujuan utamanya adalah menarik sebanyak mungkin pengunjung. Semakin banyak pengunjung yang datang maka semakin populer konten yang Anda buat. Jadi pastikan bahwa Anda telah menerapkan strategi yang tepat untuk mengajak sebanyak mungkin jumlah pengunjung menuju podcast.

3. Manfaatkan Media Sosial

Jangan hanya berfokus pada podcast semata. Anda juga harus memanfaatkan jenis media sosial lainnya. Strategi marketing di satu media tidak akan bekerja jika tidak memanfaatkan peluang dari media lainnya. Jika Anda menggunakan podcast, maka coba promosikan podcast tersebut lewat media sosial yang lain. Anda bisa membagikan link lewat Instagram atau Twitter.

Baca juga : Cara Promosi di Instagram yang Baik dan Benar

Penggunaan berbagai jenis media sosial sangat berperan efektif dalam dunia digital marketing. Tak hanya fokus pada pembuatan website dengan biaya hosting murah, Anda juga harus bisa mengelola media sosial sebagai platform yang bermanfaat. Gunakan media sosial untuk membagikan informasi podcast dan marketing produk agar menyebar lebih luas.

4. Rajin Update di Podcast

Karena sudah memilih podcast sebagai salah satu media marketing, maka fokuslah untuk mengelola konten podcast dengan sebaik mungkin. Paling tidak Anda harus rajin melakukan update konten. Update sebaiknya dilakukan secara teratur untuk mengundang pengunjung agar kembali datang dan mengikuti konten-konten yang Anda sajikan.

Pada saat podcast dirilis, usahakan untuk tidak hanya mengunggah 1 episode saja. Sangat disarankan untuk mengunggah minimal 3 episode podcast agar lebih menarik perhatian pengunjung. 1 episode podcast mungkin akan dirasa kurang menarik sehingga strategi marketing tidak akan berjalan begitu efektif.

5. Ubah Jadi Video Youtube

Konten yang Anda tampilkan lewat podcast akan bisa berperan lebih efektif jika diolah kembali dalam bentuk konten yang lain. Anda bisa mengubah konten audio dalam podcast menjadi video di Youtube. Jika Anda memiliki akun Youtube maka akan lebih mudah untuk melakukan digital marketing dengan konten-konten yang berkualitas tentunya.

Baca juga: 17 Aplikasi Video Bokeh Terbaik Wajib untuk Youtuber Pro

Youtube saat ini dikenal sebagai sebuah platform yang sangat potensial. Beragam jenis produk mulai merambah Youtube sebagai media promosi. Anda juga tak boleh ketinggalan. Ubah konten podcast Anda dalam bentuk video dan unggah di Youtube. Sebarkan link video tersebut lewat media sosial dan jangan lupa sertakan pula link asli podcast Anda sebagai awal mula munculnya konten tersebut.

Strategi ini akan sangat efektif untuk meningkatkan traffic. Perlu dipahami bahwa meskipun podcast adalah media yang populer saat ini, namun tidak semua orang menyukainya. Bahkan ada golongan orang yang sulit menangkap informasi hanya melalui suara. Tugas Anda adalah memfasilitasi mereka agar bisa menangkap informasi tersebut yaitu dengan media lain berupa video. 

6. Adakan Giveaway

Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah giveaway. Ini merupakan salah satu bentuk strategi efektif yang banyak digunakan oleh para pemilik toko online untuk menarik perhatian publik. Anda bisa mengadakan giveaway dengan hadiah tertentu, bisa voucher belanja atau mungkin produk yang Anda jual. Program giveaway juga bisa dilakukan sekreatif mungkin dan bisa disesuaikan dengan target audiens.

Baca juga : Keuntungan Memiliki Website Bagi Sebuah Bisnis

Agar podcast serta bisnis Anda bisa semakin populer dan traffic meningkat maka sertakan satu syarat khusus bagi peserta giveaway. Anda bisa meminta peserta giveaway untuk menyertakan tag akun podcast atau akun media sosial yang Anda miliki. Ini menjadi cara efektif untuk menyebarluaskan podcast, website, maupun media sosial lainnya.

7. Lakukan Kolaborasi

Sama seperti para youtuber yang seringkali melakukan kolaborasi dengan orang lain, Anda juga bisa melakukannya sebagai podcaster. Undang bintang tamu yang bisa berupa influencer atau mungkin sosok yang ahli di satu bidang tertentu. Tentu saja bintang tamu yang Anda undang harus sosok yang memang berhubungan erat dengan konten yang ingin diangkat dalam podcast tersebut.

Pilih bintang tamu yang tepat, tentunya yang populer di platform yang mereka gunakan. Misalnya, Anda ingin mengajak youtuber untuk berkolaborasi. Maka pilihlah youtuber yang memiliki konten menarik, punya banyak subscriber, dan tentunya punya pengaruh besar di masyarakat. Biayanya mungkin juga besar namun hasil traffic yang bisa Anda peroleh pasti juga besar.

Baca juga : Trik Menjadi Penulis Freelance dan Dapatkan Uang Lebih Banyak

Selain mengajak orang lain untuk menjadi tamu di podcast Anda, Anda juga bisa menjadi bintang tamu di podcast orang lain. Ajak orang lain untuk berkolaborasi dengan keuntungan yang sama-sama bisa dinikmati. Anda bisa berbicara di podcast orang lain, tentunya dengan konten yang sesuai kemampuan. Lewat podcast orang lain ini, Anda bisa ikut melakukan promosi untuk bisnis yang Anda jalankan.

8. Gunakan Podcasters

Jika ingin terjun ke dunia podcast, maka Anda harus mengenal apa itu podcasters. Podcasters merupakan sebutan untuk beragam jenis aplikasi yang bisa menampilkan podcast. Aplikasi ini akan mempermudah Anda untuk menyebarluaskan podcast dan menjangkau lebih banyak orang atau pengunjung. Tentunya orang-orang yang dijangkau ini adalah mereka yang memang punya ketertarikan dengan podcast.

Pemanfaatan media podcasters ini sangat penting untuk dipahami jika Anda ingin melakukan marketing lewat podcast. Ini akan membantu Anda untuk menemui banyak pengguna yang memang akrab dengan podcast. Tak hanya bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen, Anda juga bisa punya peluang lebih besar untuk menjalin kerja sama atau kolaborasi lewat podcast. 

Baca juga: Trik dalam Bisnis E-commerce agar Untung Besar

Tingkatkan traffic bisnis Anda dengan strategi yang benar dan podcast bisa jadi salah satu pilihan. Jangan lupa untuk tetap meningkatkan kualitas konten serta website yang Anda kelola demi kemajuan bisnis tersebut. Gunakan layanan hosting murah dan terpercaya agar website bisa berjalan dengan baik untuk kepentingan digital marketing.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *