Ditulis oleh Gaza

Panduan Mengisi Simulasi Sispena PAUD dan PNF Lengkap

Pendidikan ♦ Saturday, 9 Nov 2019 - 22:09 WIB

Bagi anda yang berkecimpung di dunia pendidikan sudah pasti tentu mengenal Sispena. Terutama mereka yang menjadi pengelola atau pun pendidik untuk pendidikan non formal seperti Pendidikan Usia dini seperti PAUD atau pendidikan non formal lain.

Sistem penilaian atau yang dikenal dengan nama akreditasi saat ini sudah canggih karena tidak memerlukan pembukuan data yang ribet, semua sudah serba online dan modern. Begitu pun dengan sistem akreditasi atau dikenal dengan nama Sispena.

Dengan kemajuan teknologi dan informasi, proses akreditasi menjadi lebih mudah. Anda tinggal duduk di depan komputer. Mengisi data secara lengkap dan kemudian submit, setelah itu proses akreditasi berjalan hingga kemudian hasilnya diterbitkan.

Namun tidak semua orang tahu cara menggunakan Sispena ini, tapi jangan khawatir karena kita akan membantu anda dalam mengisi simulasi Sispena PAUD dan PNF secara lengkap dibawah ini. Terus ikutin ya.

Apa Itu Sispena?

Sispena adalah sebuah singkatan yang mana kepanjangannya adalah Sistem Penilaian Akreditasi. Sispena hadir dalam bentuk aplikasi web untuk mempermudah lembaga pendidikan non formal seperti PAUD dan madrasah dapati terakreditasi sehingga keberadaannya bisa diakui secara negara.

Akreditasi Sispena dibuat langsung oleh BAN S/M atau singkatan dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah. Berbasis aplikasi web dengan tampilan yang mudah diakses untuk mempermudah mereka para pengelola lembaga pendidikan dalam melakukan akreditasi.

Pihak asesor nantinya bakal melakukan akreditasi untuk lembaga non-formal yang mengajukan proses akreditasi melalui data yang sudah di submit ke web serta disesuaikan juga dengan dokumen pendukung penting yang lain.

Karena dengan sudah diakuinya sebuah lembaga sudah tentu lembaga pendidikan tersebut lebih kredibel dan mendapat kepercayaan dari orang tua murid.

Tujuan Akreditasi

Proses akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional memiliki tujuan untuk menjamin mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan. BAN S/M (Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah) atau BAN PAUD (Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini) sebagai penyelenggara adalah sebagai sebuah lembaga akreditasi yang menerima mandat secara hukum untuk proses akreditasi.

Manfaat Aplikasi Sispena

Selain sebagai salah satu jalan untuk proses akreditasi yang sangat mudah dilakukan untuk mereka pemilik organisasi atau lembaga pendidikan, ada beberapa manfaat lain dari aplikasi sispena yang harus anda ketahui, diantaranya adalah :

  1. Sarana yang memudahkan pengiriman berkas akreditasi secara online dalam bentuk soft file.
  2. Sebagai sarana yang menjadi pusat dari semua data yang berhubungan dengan akreditasi lembaga pendidikan.
  3. Memberikan penilaian secara otomatis sesuai dengan sinkronisasi jawaban pada tiap instrumen yang didukung dengan dokumen pendukung dalam bentuk soft file.
  4. Database untuk lembaga pendidikan yang diakreditasi.

Cara Login Sispena

Sebelumnya wajib anda ketahui bahwa Sispena ini bukan aplikasi terbuka yang dapat diakses oleh siapa saja melainkan hanya pihak auditee dan asesor saja yang bisa masuk. Untuk dapat login anda wajib memakai username serta password yang sebelumnya diberikan kepada auditee.

Silakan anda kunjungi link dibawah ini :

https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/sispena/login

Silakan anda login pada web diatas. Biar anda tidak bingung kita akan memberikan Simulasi Sispena BAN PAUD dan PNF dibawah ini :

Simulasi Sispena BAN PAUD dan PNF

Untuk pengisian pada Sispena ini caranya cukup panjang. Jadi pastikan anda menyimak baik-baik setiap poin-poin yang kami jelaskan. Pastikan juga tidak ada step-step tertentu yang terlewat supaya tidak salah paham nantinya. Baik langsung saja berikut adalah Simulasi pengisian Sispena BAN PAUD dan PNF :

Catatan :

Langkah simulasi yang kami contohkan dibawah ini menggunakan perangkat Dekstop atau Komputer ya. Jadi pastikan anda juga melakukannya dengan perangkat yang sama karena jika anda memakai perangkat ponsel bisa saja tampilannya sedikit berbeda.

1. Pastikan anda sudah membuka browser di perangkat komputer anda. Tipe browser bebas, baik Chrome, Mozilla atau Opera silakan.

2. Setelah itu masuk ke link yang sudah kami sediakan pada Cara Login Sispena Paud dan PNF diatas. Atau bisa kunjungi di link dibawah.

https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/sispena/login

Setelah itu muncul tampilan seperti dibawah ini :

2. Kemudian silakan anda masukan Username atau NSPN dan masukan Password. Jika anda belum mengganti password maka secara default nya Password adalah nomor NSPN juga. Kemudian klik Masuk.

3. Setelah masuk maka tampilan selanjutnya adalah seperti dibawah ini :

 

4. Data diatas adalah data profil sekolah yang secara otomatis akan terisi sesuai dengan yang ada di Dapodik. Apabila ada kesalahan pada data diatas segeralah dikoreksi.

5. Jika anda belum mengganti password atau masih menggunakan password default yaitu nomor NSPN, maka sebaiknya ganti untuk menghindari peretasan akun. Atau akun disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

6. Pilih Kata sandi rubah pada icon ini.

 

7. Kemudian masukan sandi lama yaitu NSPN setelah itu ketikan sandi baru yang ingin anda gunakan.

 

8. Klik Simpan.

9. Barangkali anda masih bingung dengan fungsi menu-menu yang ada pada halaman sispena. Gambar dibawah ini adalah penjelasannya :

9. Sebelum melakukan pengisian EDS, anda harus terlebih dahulu melengkapi beberapa data persyaratan pada Menu Persyaratan yang nantinya ada Syarat Umum dan Syarat Khusus untuk tahap awal pengajuan akreditasi.

Cara Pengisian Persyaratan di Sispena

Berikut ini adalah contoh pengisian Sispena pada Syarat Umum dan Syarat Khusus.

1. Syarat Umum

  1. Dokumen pertama yang harus anda upload adalah Surat Permohonan Akreditasi.
  2. Silakan anda klik Browse dan pilih file lalu klik Open. Tunggu sampe proses unggah dokumen selesai.
  3. Selanjutnya adalah mengunggah dokumen Surat Izin Operasional. Sebelum mengunggah anda harus terlebih dahulu mengisi tanggal Expired atau tanggal kadaluarsa sesuai formatnya. Sementara untuk Nomor Surat Izin dan Tanggal Surat izin sudah terintegrasi secara otomatis dengan Dapodik.

2. Syarat Khusus

Untuk sub menu Syarat Khusu ada beberapa poin-poin penting yang harus dilampirkan yaitu Jumlah peserta didik, Kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dan Sertifikat kompetensi pendidik.

Ketika selesai mengunggah dokumen, secara otomatis halaman menu akan berubah warna. Warna merah adalah tanda belum mengunggah dokumen. Warna Orange adalah tandanya jika anda sudah selesai mengunggah dokumen. Sementara Warna Hijau adalah tanda bahwa dokumen yang baru saja anda upload sudah diperiksa oleh Sekretariat BAN PAUD dan PNF Provinsi.

Catatan :

File dokumen yang diupload berformat .pdf dan memiliki maksimal ukuran 2 Megabyte.

Cara Pengisian EDS-PA di Sispena

Setelah mengisi persyaratan, langkah selanjutnya adalah pengisian EDS-PA. Terus apa sih menu EDS-PA ini?

Ini adalah menu khusus yang diperuntukan untuk dapat melengkapi beberapa pertanyaan pada setiap butir 8 SNP (Standar Nasional Pendidikan) serta mengunggah file dokumen sesuai dengan keadaan nyatanya. Beberapa sub menu yang muncul yaitu diantaranya adalah EDS-PA, Form-Survey, serta Hasil Penilaian EDS-PA.

Supaya bisa melakukan pengisian menu EDS-PA dengan lancar, pastikan terlebuh dulu pada setiap satuan pendidikan, anda sudah membaca petunjuk pengisian yang sudah disediakan.

Catatan :

Untuk lembaga pendidikan yang pernah melakukan akreditasi dan statusnya masih berlakuk tidak dapat mengisi EDS-PA.

Jika anda menemukan ada ketidaksesuaian data daftar program aktif dengan ada yang di Dapodik maka segeralah lakukan pemutakhiran data pada Dapodik sesuai dengan perkembangan data yang ada saat ini. Silakan ceklis seperti gambar dan pilih program terdaftar yang masih aktif.

1. Mari kita lanjut pada poin Pengisian Standar 1 : Pencapaian Perkembangan.

2. Beri tanda centang pada setiap opsi diatas kemudian upload dokumen. Ketika berhasil diunggah maka dokumen akan berwarna icon hijau seperti yang ada pada gambar diatas.

3. Jika muncul peringatan error seperti diatas coba cek lagi dokumen yang diunggah. Pastikan formatnya adalah pdf dan ukurannya tidak lebih dari 2 MB.

4. Lakukan pengisian dari dengan menjawab semua pertanyaan dari Standar 1 : Pencapaian Perkembangan, Standar 2 : Standar Isi, Standar 3 : Standar Proses hingga Standar 8 : Standar Penilaian.

5. Ada beberapa pertanyaan dimana anda harus memilih salah satu jawaban yang sesuai dengan kondisi satuan tertentu. Misalnya pada Standar 5 seperti gambar dibawah ini :

6. Pada menu standar 4, secara otomatis sistem akan menyajikan beberapa daftar nama pendidik dan tenaga kependidikan. Data ini secara otomatis muncul karena terintegrasi dari data Dapodik. Upload dokumen yang diminta dari tenaga pendidik hingga selesai.

7. Ada juga beberapa pertanyaan dimana anda wajib mengisinya secara langsung dan juga mengunggah dokumennya.

8. Lakukan pengisian hingga semua pertanyaan selesai sampai Standar 8.

9. Anda bisa melihat hasil penilaian EDS-PA dari menu Hasil Penilaian EDS-PA. Disini juga akan ketahuan apakah data sudah sesuai atau belum.

Catatan :

Anda bisa melengkapi lagi dokumen yang dianggap belum lengkap atau tidak sesuai.

10.Jika semua dokumen yang anda unggah dinyatakan telah sesuai maka selanjutnya adalah tahap Visitasi.

Jika anda masih bingung silakan tonton video berikut ini untuk simulasi Panduan Mengisi Sispena PAUD dan PNF Lengkap :

Dokumen-dokumen

Anda bisa mendownload Dokumen-dokumen Panduan Pelaksanaan untuk Akreditasi PAUD di SISPENA 2.0 pada link dibawah ini :

KLIK DISINI

Nah itulah tadi Panduan Mengisi Simulasi Sispena PAUD dan PNF Lengkap. Semoga bisa bermanfaat ya.

Jangan lupa baca juga artikel 3 Cara Cek SKTP di Info GTK Tahun 2019/2020 Terbaru

Baca Lainnya