Ditulis oleh Gaza

Cara Registrasi dan Login SIM PKB Guru Pembelajar 2019

Pendidikan ♦ Friday, 15 Nov 2019 - 17:06 WIB

SIM PKB atau sebelumnya disebut GPO (Guru Pembelajar Online) adalah salah satu web aplikasi yang dirancang untuk memudahkan guru mengetahui bermacam-macam informasi tentang keguruan. Apabila sebelumnya untuk mengetahui beberapa informasi itu harus mengakses beberapa web kini lewat SIM PKB semua informasi ada disini.

Pada tahun 2015 ketika SIM PKB masih bernama GPO, disini para guru bisa melihat hasil UKG pada tahun itu yang mana pada diklat Guru Pembelajar Online ada mode kombinasi dimana guru harus mengikutinya secara tatap muka dan online. Nah untuk online tersebut, guru wajib punya akun untuk login ke web SIM PKB.

Di web aplikasi SIM PKB ini anda bisa melihat info GTK untuk mengecek SK Tunjangan Profesi misalnya. Bisa juga untuk mengetahui jadwal sertifikasi guru serta berbagai informasi pelatikan yang dapat diikuti para guru.

Apa itu SIM PKB ?

SIM PKB adalah kependekan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. PKB merupkan bentuk pembelajaran tingkat lanjut sehingga guru dapat memiliki perubahan tertentu yang bisa mengembangkan keahlian dalam profesinya sebagai tenaga pendidik.

Tujuan ahir dari program ini tak lain dan tak bukan adalah untuk menciptakan produk-produk bibit unggul dari siswa lewat pengajaran guru yang kompeten dan memiliki skill mengajar.

Melalui SIM PKB para guru akan dituntut supaya paham tentang internet dan juga komputer. Web aplikasi SIM PKB telah terintegrasi dengan INFO GTK untuk melakukan pengecekan SKTP, Cek Peserta PPG, info Diklat PKB dan data-data lain seputar guru.

Cara Registrasi SIM PKB

Dibawah ini bakalan kami ulas selengkap-lengkapnya mengenai cara registrasi SIM PKB. Silakan disimak baik-baik ya bapak dan ibu.

  1. Pertama-tama masuk dulu ke laman login SIM PKB DISINI
  2. Kemudian dibagian bawah silakan klik Registrasi Akun
  3. Disini anda diminta untuk memasukan Nomor Peserta UKG dan juga Tanggal Lahir.
  4. Jika anda belum mengetahui Nomor Peserta UKG silakan klik Cari No. UKG dibagian bawah
  5. Sampai disini silakan masukan Nama, Provinsi dan Kota tempat anda tinggal. Kemudian klik Cari GTK
  6. Kemudian sampai sini data yang berisi Nama, No. UKG, Sekolah dan Alamat akan muncul
  7. Selanjutnya silakan klik nomor UKG nya. Oh iya jika No. UKG tidak ditemukan, pastikan terlebih dahulu data guru anda sudah terdaftar di Dapodik.
  8. Setelah klik No. UKG maka otomatis No. UKG di form pendaftaran sudah terisi. Setelah itu masukan tanggal lahir anda. Pastikan tanggal, bulan dan tahun lahir sesuai dengan yang ada di Dapodik. Jika di Dapodik datanya salah misal. Anda tetap harus mengikutinya.
  9. Kemudian klik verifikasi robot dengan mencentang Saya bukan robot.
  10. Setelah itu muncul pop-up peringatan Persetujuan silakan klik Setuju.
  11. Silakan disimpan file Surat Pemberitahuan Akses Layanan yang berisi data username dan password. Simpan dalam bentuk format PDF.
  12. Ini wajib simpan karena jika tidak untuk mendapatkan data username dan password harus datang ke Admin PKB Dinas Pendidikan atau Ketua Komunitas KKG/MGMP.

Cara Login SIM PKB

Setelah tadi kita melakukan registrasi akun SIM PKB, sekarang mari kita coba login dengan username dan password yang sudah kita peroleh dari file Surat Pemberitahuan Akses dalam bentuk PDF yang sudah kita simpan barusan.

Sebelumnya laman login SIMPKB sendiri ada di halaman app.simpkb.id. Tetapi halaman tersebut saat ini sudah dialihkan ke laman gtk.belajar.kemdikbud.go.id.

Pada laman SIM PKB ini bisa dipakai untuk cek peserta PPG, Cek INFO GTK dan juga cek peserta diklat PBB. Nah langsung saja untuk cara loginnya bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini

  1. Pertama-tama silakan menuju ke laman login SIM PKB dengan KLIK DISINI
  2. Kemudian silakan masukan email dan password yang ada di file PDF barusan untuk bisa masuk ke akun.
  3. Selanjutnya silakan sesuaikan data dengan kondisi anda sekarang. Termasuk mengisi Mata Pelajaran yang diambil.
  4. Mengisi Mata Pelajaran harus linier dengan ijazah. Karena harus linier? Karena ketika nanti kita mendaftarkan seleksi kemampuan akademik PPG, disana ada validasi yang menyatakan bahwa kita harus memilih program mata pelajaran dengan ijazah yang kita miliki.
  5. Kemudian silakan klik Simpan. Selanjutnya ada pop-up Data Perubahan Ajuan Berhasil Disimpan.
  6. Silakan simpan file nya dalam bentuk PDF.
  7. Data perubahan ini selanjutnya kita kirim ke Admin SIM PKB Kabupaten atau Kota dimana kita tinggal.
  8. Selanjutnya silakan cetak terlebih dulu Surat Ajuan Perubahan Data dengan mengklik pilihan Cetak Surat.
  9. Surat yang sudah dicetak tadi kita kirim ke Dinas Pendidikan di Kota/Kabupaten masing-masing.
  10. Setelah kita mengajukan Surat Ajuan Perubahan Data ke Dinas Pendidikan. Kita nanti akan gabung ke Komunitas MGMP sesuai dengan Mata Pelajaran yang diikuti.
  11. Anda juga bisa mengedit data kontak seperti email dan nomor hp serta dapat mengganti foto profil dengan pas foto yang pas.
  12. Pada pojok sebelah kiri atas ada beberapa menu yaitu Beranda, Materi Diklat, Pelatihanku, Rapor Pelatihanku dan Profilku.
  13. Untuk mencetak Surat Ajuan Perubahan Data anda harus membuthkan tanda tangan Kepala Sekolah dan tentunya tanda tangan sendiri.
  14. Setelah mengirim ke Dinas Pendidikan setempat, selanjutnya silakan tunggu sampai perubahan data disetujui.

Jika anda masih bingung, anda bisa menonton video tutorial Registrasi dan Login SIM PKB dibawah ini :

Solusi Tidak Bisa Login SIM PKB

Ketika dalam suatu waktu anda tidak bisa login ke akun SIM PKB. Seperti misalnya anda lupa dengan password, anda bisa me-reset dan meminta password kembali dengan cara memilih opsi Lupa Password.

Pastikan anda memakai email yang telah didaftarkan di profil SIM PKB sebelumnya. Sistem akan secara otomatis melakukan reset password lewat email.

Jika ada kendala seputar masalah ini silakan hubungi saja operator sekolah masing-masing.

Nah demikian tadi informasi seputar cara registrasi dan login akun SIM PKB. Semoga bisa bermanfaat.

Baca Lainnya