RPP 1 Lembar MTS K13 Kelas 7,8,9 Revisi 2020

RPP 1 Lembar MTS K13 Kelas 7,8,9 Revisi 2020 merupakan salah satu bahan ajar yang banyak dicari untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

Pada tahun ajaran ini terjadi perubahan kebijakan terkait pembuatan RPP atau Rancangan Rencana Pembelajaran, yang mana sebelumnya penggunaan RPP dengan 13 komponen kini “diringkas” hanya menjadi 1 lembar saja. Hal ini tentu saja membuat tenaga pendidik banyak yang kebingungan sehingga mencari cara format RPP revisi yang tepat.

Tapi, sebelum membahas lebih lanjut. Mari kita cari tahu sebenarnya apa itu RPP 1 lembar? RPP 1 lembar adalah rencana pelaksanaan pembelajaran yang berfungsi sebagai “pegangan” untuk tenaga pendidik dalam mengajar suatu jenjang pendidikan.

Dalam membuat RPP juga tidak boleh asal asalan, ada pedoman pedoman yang harus dipatuhi jika ingin membuat RPP karena hal ini tentu saja berpengaruh terhadap apa yang diajarkan ke anak didik. Agar tak salah langkah, berikut ini cara untuk membuat RPP 1 lembar jenjang SMP/Mts.

Cara Membuat RPP 1 Lembar untuk SMP/Mts

Sebenarnya, dalam membuat RPP 1 lembar MTS ataupun SMP tidak ada aturan bakunya harus seperti apa. Oleh karena itui, kreatifitas yang dimiliki tenaga pengajar juga perlu diperhitungkan.

Seorang tenaga pengajar atau guru dituntut untuk menciptakan suasana belajar yang tidak monoton. Cara menyampaikan materinya pun bisa digabungkan dengan beberapa jenis pengajaran agar materi yang disampaikan ke peserta didik dapat sejalan dengan tujuan awal, dan hasil yang diharapkan pun akan maksimal.

Sebagai contoh, dalam membuat RPP 1 Lembar SMP/Mts tentang sistem reproduksi manusia, dengan sub materi sel mitosis dan meiosis, materi ini diajarkan pada kelas sembilan semester satu dengan jumlah waktu mengajar 2 jam pelajaran.

Proses belajar bisa menggunakan metode problem based learning dan bisa juga dipadu padankan dengan metode mind mapping.

Dengan menggunakan metode ini, peserta didik diharapkan mampu mendeskripsikan fase pembelahan mitosis dan meiosis, menjelaskan fase pembelahannya, mampu menjelaskan sifat sel anakan dari pembelahan tersebut.

Dengan rasa ingin tahu yang dimiliki oleh peserta didik, maka mereka akan menjadi aktif bertanya saat jam pelajaran. Dengan begitu, diharapkan penyampaian materi menjadi tidak membosankan dan inti materi bisa diterima oleh semua peserta didik.

Nah itulah cara membuat RPP 1 Lembar MTS K13 Kelas 7,8,9 Revisi 2020. Kami juga menyediakan RPP 1 Lembar MTS K13 Kelas 7,8,9 Revisi 2020 sebagai referensi yang bisa Anda unduh di sini.

Dengan adanya referensi ini semoga saja bisa semakin membuka pikiran Anda sehingga mampu menciptakan ide-ide kreatif yang lain, serta mampu menciptakan suasana belajar yang tidak monoton baik di kelas maupun di luar kelas. Sebagai tenaga pendidik, mari kita sama-sama mewujudkan kecerdasan bangsa agar mampu menciptakan SDM yang berkualitas nantinya.

Leave a Comment