Perbedaan SQL dan MySQL dalam Database

Dalam dunia website maupun aplikasi, database mempunyai sebuah peranan yang sangat penting, pasalnya dalam pengembangan sebuah website maupun aplikasi membutuhkan sebuah ruang penyimpanan maupun untuk pengambilan kembali data-data. Selain itu juga dibutuhkan untuk melakukan modifikasi dari data tersebut.

Database disini mempunyai fungsi sebagai ruang penyimpanan dari sebuah website maupun aplikasi. Setiap developer website maupun aplikasi pastinya sangat membutuhkan database. Sehingga menjadikan semakin meningkatnya kebutuhan dari database ini. Maka dari itu saatini RDBMS atau Relational Database Management System lebih banyak jumlahnya.

Perbedaan SQL dan MySQL dalam Database

RDBMS mempunyai dua sistem yang menjadi trend pada saat ini, diantaranya adalah SQL dan MySQL. Kedua database tersebut mempunyai manfaat yang sama, yakni sama-sama untuk menyimpan data-data. Lantas, apakah yang menjadi pembedanya? Berikut ini akan kami uraikan tentang perbedaan SQL dan MySQL untuk anda semua.

Kedua database yang disebutkan diatas, baik SQL maupun MySQL keduanya mempunyai fungsi yang sama, akan tetapi kedua sistem tersebut mempunyai cara penggunaan serta tujuan yang berbeda.

Pengertian SQL

SQL adalah sebuah database yang terlebih dahulu keluar jika dibandingkan dengan MySQL. SQL juga bisa biasa disebut dengan SQL Server (Structure Query Language Server) merupakan sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam bentuk relasional.

SQL Server juga merupakan sebuah bahasa standar yang biasanya digunakan untuk manajemen yang berbasis data relasional. Dan hampir keseluruhan server yang berbasis data sudah mendukung bahasa tersebut, jadi datanya bisa dimanajemen.

Pengertian MySQL

Berbeda dengan SQL, MySQL merupakan sebuah database yang bersifat open source dan masih bisa digunakan hingga saat ini. Yang cukup menarik sari MySQL adalah kebanyakan perusahaan start up masih menggunakan database MySQL ini.

Biasanya database MySQL ini dikolaborasikan bersama dengan PHP dan juga Apache Web Server dalam saluran Linux. Sehingga hal tersebut mengacu pada sebuah istilah Linux maupun LAMP, Apache MySQL PHP.

Perbedaan SQL dan MySQL dalam Database

Environment

Perbedaan SQL dan MySQL pertama bisa dilihat dari segi environment. SQL Server bisa dijalankan bersama dengan .NET, sedangkan untuk MySQL dijalankan bersama dengan bahasa pemrogramanan yang lain, umumnya digunakan bersama dengan PHP.

Syntax

SQL dan MySQL juga mempunyai perbedaan yang cukup mencolok pada bagian syntax. Mau menggunakan sistem database yang manakah itu nantinya tergantung penguasaan seseorang terhadap syntaxnya.

Pembatalan Quaery

Dalam MySQL anda tidak bisa melakukan pembatalan query mid-execution. Hal ini bisa dilihat pada saat anda menjalankan perintah. Dengan begitu berarti anda hanya bisa melihat kerusakan serta error, baru bisa melakukan perbaikan. Sedangkan untuk SQL Server bisa melakukan pembatalan query meskipun proses sedang berjalan.

Nah, itulah beberapa perbedaan SQL dan MySQL dalam database yang mungkin bisa menambah pengetahuan anda semua. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Avatar

About the Author: Nie Na

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *