Penggabungan Seni Dan Estetika Pada Pintu Ukir Jepara

Jepara adalah salah satu kota kecil  yang letaknya berada di ujung pulau Jawa. Meskipun merupakan sebuah kota kecil, namun kota Jepara sangat terkenal dengan seni ukirnya. Bisa dikatakan seni ukiran Jepara adalah salah satu icon atau ciri khas dari kota Jepara yang hingga saat ini sudah melekat dalam pikiran masyarakat.

Asal mula munculnya ukir dari Jepara tersebut sudah dimulai dari sejak zaman kerajaan Kalinyamantan. Dimana pada masa kerajaan tersebut telah ada arsitektur Jepara yang mengalami kemajuan sangat pesat dalam bidang ukiran. Dan hingga saat ini ukiran Jepara sudah terkenal hingga ke manca negara. Untuk jenis ukirannya sendiri juga beraneka ragam, mulai dari Relief 3D, 2D dan juga ukiran patung.

Pintu Ukir Jepara

Seperti yang telah kita ketahui, jika pintu merupakan sebuah benda yang keberadaannya sangat penting dalam sebuah rumah. Pintu sendiri mempunyai manfaat untuk menjaga keamanan rumah, selain itu pintu juga difungsikan sebagai pemisah serta penghubung dalam setiap ruangan. Pintu juga bisa digunakan sebagai media dekoratif agar tampilan rumah lebih menarik. Dengan begitu maka sebaiknya anda tidak asal dalam memilih model desain pintu rumah anda nantinya.

Jika saat ini anda sedang mencari atau membutuhkan refrensi tentang pintu, mungkin anda bisa mencoba melirik pada pintu jepara. Pintu ukir dari Jepara hasilnya sudah tidak perlu diragukan lagi, karena untuk pembuatannya ditangangi oleh pengrajin yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Untuk bahan yang digunakannya sendiri menggunakan bahan kayu jati Grade A, B dan juga C.

Pintu Ukir Gebyok

Pintu ukir Jepara juga mempunyai banyak jenis salah satunya adalah pintu ukir gebyok. Pintu ukir gebyok atau pintu gebyok dari Jepara mempunyai konsep ukiran ethnik. Untuk proses pembuatannya sendiri sistem handmade dengan menggunakan alat-alat ukir tradisional seperti tatah atau alat ukir dari besi.

Sedangkan untuk desainnya sendiri biasanya menggunakan ukiran model ulir, daun, bunga dan lain sebagainya sesuai dengan permintaan pembeli. Sementara iktu untuk masalah bahan baku masih tetap menggunakan kayu jati solid yang jenisnya sesuai denga permintaan konsumen.

Pintu Ukir Jepara Mewah Klasik Modern

Selain model ukir gebyok, pintu ukur Jepara juga ada model ukir mewah klasik modern. Yang mana dalam pintu tersebut terdapat kesan mewah serta modern, namun tidak meninggalkan kesan klasiknya. Biasanya pintu jenis ini banyak diminati oleh orang-orang yang mempunyai rumah dengan konsep klasik modern.

Ukiran yang digunakan pada pintu Jepara model ini biasanya adalah seperti dedaunan, pola-pola 2 dimensi atau 3 dimensi yang dilengkapi dengan list-list khas desain klasik. Yang paling menonjol dari jenis pintu ini bisa dilihat pada bagian finishingnya yang merupakan perpaduan dari warna silver dan emas.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Nie Na

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *