Ditulis oleh Nurhasanah

Apa Itu Database, Manfaat dan Fungsinya ?

Informasi ♦ Monday, 6 May 2019 - 11:13 WIB

Apa itu Database ? Pengertian Database, Manfaat dan Fungsi Database ? Disini kami ulas secara lengkap, jelas dan mudah dipahami. Silakan disimak ya.

Pemanfaatan teknologi untuk sebuah perusahaan, organisasi, maupun instansi adalah sesuatu yang penting untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.  Teknologi diciptakan untuk memudahkan urusan manusia dalam berbagai hal, terutama terkait dengan kecepatan. Hal ini sejalan dengan perusahaan yang menuntut pekerjanya untuk bekerja seefisien mungkin agar perusahaan tetap bisa bersaing di tengah kompetitifnya persaingan. Salah satu teknologi yang tidak bisa tidak untuk dimiliki oleh sebuah instansi, perusahaan ataupun organisasi adalah teknologi dalam pemrosesan data sehingga dapat menjelma menjadi informasi yang sangat berguna.

Oh ya database kini bukan sesuatu yang asing di kalangan masyarakat.  Kini sekolah-sekolah juga sudah mulai menggunakan database untuk membantu pekerjaan mereka. suatu database dibuat dengan berbagai jenis tujuan sesuai dengan instansi yang menggunakan. Namun yang pasti database memuat informasi berdasarkan data yang didapatkan.Data adalah sesuatu yang sangat vital yang harus diurus secara cermat dan cepat. Maka dari itu, munculah sebuah teknologi untuk pengolahan basis data yang dikenal dengan database. Anda tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang Database atau basis data? Berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian Database Menurut Ahli

Tahukah Anda definisi dari database itu sendiri? database atau basis data adalah himpunan dari berbagai data atau informasi yang tersimpan dan juga tertata di dalam sebuah perangkat komputer secara sistematik, dapat diperiksa, diolah, dan juga dimanipulasi dengan memanfaatkan program komputer guna mengantongi informasi dari data tersebut. Adapun perangkat lunak atau software yang dimanfaatkan untuk mengelola dan memanggil database tersebut dikenal dengan sebutan database management system. Penyebutan  database sendiri bereferensi pada adanya himpunan data yang saling berkorelasi satu sama lain, dimana tujuannya adalah dapat dimanfaatkan untuk mengolah data secara efektif dan efisien. Selain definisi di atas, berikut ini adalah definisi dari database yang diungkapkan oleh beberapa ahli teknologi informasi.

1. Menurut Jogiyanto

Database adalah himpunan informasi dan data yang saling berkaitan satu dengan yang lainnya, dimana data tersebut tersimpan di simpanan luar komputer dan memerlukan software tertentu untuk memanipulasinya.

2. Menurut Abdul Kodir

Database menurut abdul kadir dalam pengorganisasian sekumpulan data yang saling berkorelasi sehingga mendatangkan kemudahan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

3. Menurut S Atte

Database menurut S Atte adalah  sebuah koleksi data yang saling berkorelasi yang terdapat dalam sebuah organisasi atau enterprise dengan berbagai macam penggunaan.

4. Menurut Fabbri dan Schwab

Menurutnya, database atau basis data adalah suatu sistem berkas terpadu yang khusus didesain untuk meminimalkan pengulangan atau redudancy data.

5. Menurut Toni Fabbri

Menurut Toni Fabbri database atau basis data adalah sistem file dan data yang terintegrasi yang dibekali dengan sebuah primary key untuk melakukan pengulangan data.

6. Menurut C. Everest

Menurutnya, database atau basis data adalah kumpulan data yang memiliki sifat terbagi, mekanis, terdefinisi dengan formal, dan juga terkontrol. pengontrolan tersebut hanya terpusat dalam satu organisasi.

7. Menurut J. Date

Menurutnya, database atau basis data adalah koleksi data atau informasi operasional yang disimpan dengan sengaja dan juga dipakai oleh sistem aplikasi dari sebuah organisasi.

Baca juga : Jaringan Komputer : Pengertian, Topologi, dan Contoh

Fungsi Database

Berikut ini adalah fungsi dari database.

  • Mengelompokan data dan informasi sehingga bisa lebih mudah untuk dipahami
  • Mencegah supaya tidak terjadi duplikasi data atau inkonsistensi pada data
  • Memberikan kemudahan dalam proses penyimpanan, pengaksesan, pembaharuan, dan juga penghapusan pada data
  • Menjadi solusi yang terbaik bagi pemakaian kertas sebagai media penyimpanan data yang dianggap kurang efektif karena memakan banyak ruang dan memungkinkan data untuk rusak, sobek, hilang, basah, dan lain sebagainya. Database menawarkan alternatif untuk menyimpan data sebanyak apapun secara digital.
  • Menjaga kualitas data dan juga informasi yang diakses sesuai dengan yang diinput
  • Membantu dalam proses penyimpanan data dengan skala besar
  • Membantu meningkatkan kinerja aplikasi yang memerlukan penyimpanan data.

Manfaat Database

Adapun manfaat dari penggunaan database adalah sebagai berikut.

1. Kecepatan dan kemudahan

Database dibekali dengan kemampuan untuk menyeleksi data. Tidak butuh waktu lama untuknya  mengelompokan data dan mengurutkannya. Hal ini pulalah yang bisa dimanfaatkan untuk menampilkan informasi yang diperlukan secara cepat pula. Bisa Anda bayangkan begitu banyaknya data sebuah perusahaan atau instansi ketika harus Anda kelompokan dan urutkan secara manual. Memang database juga memiliki kecepatan yang berbeda-beda,hal ini bergantung pada perancang database sendiri seberapa cepat ia merancang speed  dari database tersebut dalam memproses data.

2. Pemakaian bersama-sama

Dalam suatu perusahaan, database bisa dipakai dan dimanfaatkan oleh siapa saja, instansi, maupun organisasi. Contohnya database mahasiswa dalam sebuah perguruan tinggi bisa digunakan  oleh bagian keuangan,bagian administrasi, dan juga bagian akademik. Semua bagian yang membutuhkan database mahasiswa tersebut tidak perlu membuat database masing-masing, cukup menggunakan satu database mahasiswa yang tersimpan pada server pusat. Nantinya aplikasi dari setiap bagian tersebut bisa langsung terhubung dengan database mahasiswa yang dimaksud tersebut.

3. Kontrol data terpusat

Mash berkorelasi dengan poin kedua,  walaupun pada sebuah instansi, perusahaan, ataupun organisasi dilengkapi dengan banyak bagian atau divisi tapi database yang digunakan cukup satu. Hal ini memberikan kemudahan untuk mengontrol data. Misalnya saja ketika ingin mengupdate data mahasiswa di sebuah perguruan tinggi tidak perlu mengupdate data di setiap divisi yang ada dalam kampus tersebut,   tetapi cukup pada satu database yang terdapat di server pusat.

4. Menghemat biaya perangkat

Dengan adanya database secara terpusat, maka setiap divisi tidak lagi memerlukan perangkat untuk menyimpan database mengingat database yang diperlukan sama saja, yakni database yang tersimpan pada server pusat. Tentu saja hal ini dapat mengangkat banyak biaya pembelian perangkat sehingga anggaran perusahaan atau instansi menjadi lebih hemat.

5. Keamanan data

Kono nyaris semua aplikasi manajemen database dibekali dengan fasilitas manajemen pemakai. Hal ini bisa membuat hak akses yang bermacam-macam yang disesuaikan dengan kedudukan ataupun kebutuhan pengguna. Selain itu tidak sembarang orang bisa mengakses data yang tersimpan dalam database, tetapi dibutuhkan kata sandi untuk bisa mengaksesnya dan hanya orang yang berkepentingan yang mengetahui kata sandi atau password tersebut.

6. Memudahkan ketika membuat aplikasi baru

Database yang baik bisa langsung digunakan untuk aplikasi baru tanpa harus melakukan perubahan terlebih dahulu. Hal ini bisa memangkas jam beban kerja si pembuat aplikasi atau si programer yang hanya perlu mendesain pengaturan antarmuka dari aplikasi tersebut saja.

Dengan begitu banyak dan urgennya manfaat yang disumbangkan oleh database ini, memang sudah sepatutnya perusahaan maupun instansi entah itu kecil ataupun besar memiliki database yang dirancang dengan baik. Jika dikombinasikan dengan teknologi jaringan komputer, tentu pemanfaatan dari database ini akan menjadi lebih maksimal. Contohnya saja bank atau perusahaan yang memiliki banyak cabang, biasanya database cukup satu saja tersimpan di bank atau perusahaan pusat. Adapun bagian cabang cukup mengakses database dari server pusat dengan kata sandi yang diberikan.

Macam-macam Jenis Database

Berikut ini adalah beberapa macam atau jenis-jenis yang dimiliki oleh database atau basis data.

  • Analytical database, adalah database untuk menyimpan informasi dan juga data yang didapat dari operasional dan eksternal database.
  • Operational database, adalah database yang menghimpun data secara detail yang diperlukan sebagai pendukung operasi suatu organisasi atau instansi secara menyeluruh.
  • Distributed database, adalah kelompok kerja lokal database dan departemen yang terdapat di berbagai kantor dan juga lokas kerja lainnya.
  • Data warehouse, adalah sebuah gudang data yang menghimpun berbagai jenis data di beberapa tahun ke belakang hingga sekarang.
  • End-user database, adalah basis data pengguna akhir yang terdiri atas berbagai jenis file data yang dikembangkan dari end-user dalam  workstation masing-masing.
  • Real time database, adalah sistem pengolahan yang didesain untuk menangani beban kerja sebuah negara yang dapat berubah-ubah, mengandung data terus menerus, dan sebagian tidak dipengaruhi oleh waktu.
  • Document oriented database, adalah salah satu dari software komputer yang dirancang untuk sebuah aplikasi yang berorientasi pada dokumen.
  • In memory database, adalah database yang memiliki ketergantungan pada memori untuk menyimpan informasi atau data yang terdapat pada komputer.
  • Hypermedia database on the web, adalah sekumpulan halaman multimedia yang saling berkorelasi dalam suatu website yang didalamnya memuat homepage dan juga hyperlink dari  multimedia, entah itu gambar, teks, grafik audio, dan lain sebagainya.
  • External database, adalah database yang melayani akses ke luar dan juga data pribadi online.
  • Relational database, adalah standar komputasi bisnis dan juga basis data yang paling umum digunakan pada saat ini.

 

Macam-macam Software Database

Selain berbagai macam database, Anda juga perlu memahami mengenai jenis-jenis software dari database. Berikut ini adalah macam-macam software database terbaik yang bisa Anda pakai untuk membuat database dan memudahkan Anda dalam mengolah data.

1. Microsoft Access

Ini adalah salah satu software database yang paling sering dipakai. Microsoft access cocok banget digunakan untuk mayoritas komputer yang relasional. Anda yang melakoni bisnis dalam skala rumahan bisa memanfaatkan software database yang satu ini karena sangat ringan untuk dipasang di perangkat komputer Anda dan juga format data yang dimiliki sangat umum sehingga mudah untuk dibaca.

Keunggulan yang dimiliki oleh software database yang satu ini adalah kemampuannya untuk menyimpan data dengan jumlah maksimum hingga terabyte. Software oracle ini banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang, karena dalam mengaksesnya tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

2. Ms SQL Server

Software database yang satu ini merupakan manajemen basis data yang umum dipakai pada microsoft dengan bahasa pemrograman yang dipakai Transact-SQL. Tipe daya yang dipakai dalam software ini pun cukup banyak, sehingga sangat support dipakai untuk membantu pekerjaan Anda.

Ini dia salah satu software database yang terbuka untuk umum serta kompatibel digunakan pada perangkat komputer yang memakai operasi sistem windows maupun linux. Keunggulan yang dimiliki oleh software ini ada support dipakai untuk multi user. Kelebihan lainnya software ini bisa Anda gunakan tanpa harus bayar, mempunyai lisensi resmi, dan juga query data yang cepat.

Software database yang satu ini memiliki dibekali dengan fitur yang standar dan juga ringan. Software ini support digunakan pada komputer dengan sistem operasi windows, linux, maupun unix.

3. Postgre SQL

Software database yang satu ini sangat tepat digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan pribadi.

Komponen Database

Anda tertarik untuk menggunakan database supaya pekerjaan Anda menjadi lebih efisien? Berikut ini adalah beberapa komponen database yang harus Anda persiapkan.

1. Perangkat keras atau lebih dikenal dengan istilah hardware

Perangkat keras yang biasanya digunakan dalam database adalah memori sekunder hardisk.

2. Sistem operasi

Sistem operasi adalah program yang berfungsi untuk mengaktifkan perangkat komputer. Artinya suatu komputer bisa Anda gunakan sebagaimana mestinya ketika sudah disematkan operasi sistem, entah itu windows, linux, maupun operasi sistem jenis lainnya.

3. Basis data atau database

Sebuah database bisa terdiri adalah beberapa database yang di dalamnya memuat objek basis data seperti file maupun tabel.

4. Management system

Pengolahan data dalam database ditangani oleh perangkat lunak yang diberi nama management system. Melalui software tersebutlah database ditentukan terkait dengan pengambilannya, pengolahannya dan juga penyimpanannya serta penginputan datang kembali.

5. Pemakai atau user

Pemakai dapat menggunakan basis data atau memanipulasi data dengan program yang tertera dalam bahasa pemrograman.

Baca juga : Pengertian dan Fungsi Kapasitor Bank

Itulah ulasan mengenai Pengertian Database tentang Apa Itu Database, Manfaat dan Fungsinya. Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan database betapa membantu berbagai pekerjaan sehingga menjadi lebih efisien. Sekian yang bisa Kami sampaikan, semoga ulasan yang Kami sajikan bisa mendatangkan manfaat bagi Anda sekalian!

Baca Lainnya