Mulai dari 100 ribu, ini cara investasi reksadana mudah dan menguntungkan

Investasi merupakan salah satu cara untuk mempersiapkan masa dengan dengan bijak. Oleh karena itu, semakin awal berinvestasi, semakin baik. Kamu tidak perlu menunggu hari tua untuk memulai investasi. Di usia muda dan produktif, alangkah lebih baik kamu tidak hanya berfoya-foya, apalagi memiliki gaya hidup konsumtif dan merugikan kamu di kemudian hari. Lebih baiknya lagi, sudah mulai mempertimbangkan tabungan hari tua melalui investasi.

Hari ini, investasi sangat ramai digandrungi. Dengan berinvestasi, keuntungan yang dijanjikan lebih banyak dari sekedar menabung biasa dan bahkan lebih menguntungkan ketimbang mendepositokan uang kamu di bank. Sangat menarik kan?

Tetapi, berinvestasi harus diimbangi dengan pengetahuan yang memadai. Jika tidak, bukannya untung, tetapi kamu malah mengalami kerugian. Tentunya kamu tidak menginginkan hal tersebut terjadi. Nah, untuk kamu yang ingin memulai investasi, artikel ini perlu kamu simak karena akan membahas pengertian dan cara untuk berinvestasi dengan modal terjangkau.

Investasi reksadana dan jenis-jenisnya

Terdapat bermacam-macam jenis investasi. Dengan tujuan sama yaitu mendapatkan keuntungan, kamu sebagai investor dapat menanamkan uang kamu pada saham, obligasi, dan instrumen investasi lainnya. Belakangan ini, terdapat satu jenis investasi yang sedang populer di Indonesia yaitu reksadana.

Apa sih reksadana itu? Yuk baca penjelasan di bawah ini, ya!

Reksadana atau yang biasa disebut dengan mutual fund adalah salah satu aktivitas investasi dimana dana yang terkumpul dari para investor akan dikelola oleh manajer investasi yang selanjutnya akan dialokasikan ke berbagai jenis instrumen investasi seperti saham, obligasi, dan lain sebagainya.

Prinsip investasi adalah higher risk, higher return, yaitu investor harus siap menanggung kemungkinan risiko setimbang yang akan diterima apabila menginginkan keuntungan yang besar. Nah, reksadana merupakan jenis investasi dengan potensi risiko yang rendah sehingga pas untuk kamu yang baru memulai investasi.

Meskipun rendah risiko, keuntungan reksadana masih bisa kamu nikmati, lho! Juga, kamu bisa menikmati hasil imbal (return) dari modal yang kamu tanamkan dengan waktu yang cukup singkat yaitu mulai dari satu tahun. Terdapat empat jenis cara investasi reksadana yang menawarkan berbagai range potensi keuntungan, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham.

  • Reksadana pasar uang

Cara investasi reksadana ini sangat ramai peminatnya yang kebanyakan adalah pemula. Biarpun sangat konservatif, reksadana pasar uang dinilai cocok karena menawarkan return sebesar 4% hingga 7% dalam kurun waktu satu tahun. Pada jenis reksadana yang satu ini, uang investor akan diatur oleh manajer investasi dan kemudian dialokasikan pada produk pasar uang seperti deposito dan surat berharga.

  • Reksadana pendapatan tetap

Jika dibandingkan dengan reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap memiliki potensi keuntungan yang lebih besar hingga 9% per tahun. Tetapi, harus dicatat jika cara investasi reksadana ini diikuti pula dengan kemungkinan risiko yang lebih besar pula. Pada praktiknya, manajer investasi akan menginvestasikan dana pemodal yang terkumpul pada sektor pasar uang dan obligasi milik pemerintah dan pihak swasta.

  • Reksadana campuran

Pada reksadana campuran uang dari investor akan diinvestasikan ke pasar uang serta obligasi. Dengan cara investasi reksadana ini kamu bisa mendapat return sebesar 11% hingga lebih dari 16% per tahun. Keuntungan yang ditawarkan memang lebih menggiurkan ketimbang reksadana pasar uang dan reksadana pendapatan tetap. Namun, lebih tinggi pula risikonya. Jika kamu merasa berani mengambil risiko, tidak ada salahnya memilih reksadana campuran untuk berinvestasi.

  • Reksadana saham

Yang terakhir adalah reksadana saham. Cara investasi reksadana ini adalah yang paling agresif dan menawarkan return yang paling tinggi, bisa melebihi 16% per tahunnya. Sebesar 80% dana yang terkumpul akan diinvestasikan ke efek pasar uang. Ingat, risiko investasi selalu sepadan dengan tawaran return nya.

Dari keempat cara investasi reksadana yang sudah disebutkan, selanjutnya kamu bisa memilih mana yang sesuai dengan tujuan, jangka waktu, profil risiko serta kemampuan finansialmu.

Cara investasi reksadana yang mudah dan menguntungkan dengan digibank by DBS mulai dari 100 ribu

Meskipun sudah mengetahui keuntungan dari investasi reksadana, masih banyak yang belum memulai karena terkadang prosesnya tidak mudah. Pas banget nih. Penjelasan berikut akan membantu kamu mengetahui cara investasi reksadana dengan mudah.

  • Aplikasi yang all in one

Aplikasi digibank by DBS dapat kamu pilih untuk berinvestasi reksadana secara mudah, aman, dan 100% digital. Cara investasi reksadana pada aplikasi ini all in one, seperti sajian lengkap investasi ala rumah makan padang. Seluruh kegiatan investasi seperti daftar Single Investor Identification, proses jual, beli, dan switching bisa kamu lakukan di satu aplikasi.

  • Beragam pilihan produk reksadana

Pada aplikasi digibank by DBS terdapat pilihan lebih dari 50 produk reksadana oleh manajer investasi. Dengan produk yang beragam dan terdiri dari reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham, pengguna aplikasi dapat membeli produk reksadana sesuai tujuan investasi dan profil risiko.

  • Harga yang terjangkau

Dengan aplikasi digibank by DBS, kamu bisa investasi  mulai dari Rp 100.000 saja. Ini tentunya sangat cocok bagi kamu yang baru memulai atau memiliki modal terbatas.

  • Tiga kategori produk

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang salah satunya dapat membantu kamu memilih produk reksadana berdasarkan kinerja terbaik, terpopuler, dan produk dengan scoring terbaik. Kamu juga bisa mengetahui detail produk yang kamu inginkan jadi tidak perlu khawatir salah pilih.

  • Fitur pembelian berkala

Selain itu, terdapat pula fitur pembelian berkala yang flexible. Dengan bantuan fitur ini kamu bisa berinvestasi secara rutin dan konsisten dimana kamu dapat mengaturnya sesuai keinginan dan langsung tersambung dengan rekening pendebetan. Praktis banget, kan? Digibank by DBS adalah platform yang menyediakan cara investasi reksadana yang mudah dengan modal 100 ribuan saja. Download aplikasi digibank by DBS dan mulai investasi hari ini. Tersedia di AppStore dan Google PlayStore.

Leave a Comment