Mengetahui Cara Belajar Pianika dengan Baik dan Benar

Cara belajar pianika yang anda ingin ketahui, anda bisa mempelajarinya dengan sangat mudah. Pianika adalah jenis alat music tiup yang dilengkapi dengan tuts dan menyerupai piano atau keyboard. Alat musik ini sangat mudah untuk dimainkan karena siapa saja bisa bermain alat musik ini. Pianika dapat digunakan untuk memainkan melodi pokok, kontra melodi, bila memungkinkan dapat juga untuk mengiringi lagu. Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara memainkan pianika, berikut adalah hal – hal yang perlu anda ketahui: 

  • Mengetahui Tuts 

Tuts adalah bagian dari pianika dimana akan menekan tuts tersebut untuk memainkannya. Dalam hal ini terdapat dua bagian didalam tuts yang perlu anda ketahui. Tuts tersebut terdiri dari tuts putih dan tuts hitam. Tuts putih memainkan nada penuh, sedangkan tuts hitam memainkan setengah nada dalam lagu. Tuts putih berfungsi untuk memainkan nada pokok/nada asli, sedangkan tuts hitam berfungsi untuk memainkan nada-nada kromatis.

  • Cara memainkan pianika 

Dalam bermain pianika ada tiga hal yang perlu anda kuasai. Dalam hal ini, tangan dan mulut anda akan bekerja secara bersamaan. Anda bisa menggunakan tangan kanan untuk memainkan tuts dalam pianika. Lalu, anda bisa menggunakan tangan kiri untuk memegang pianika tersebut anda. Ketika anda menekan tuts pianika, maka saat itulah anda mulut anda harus meniup pianika tersebut. 

  • Perhatikan cara menekan tuts 

Dalam mempelajari cara belajar pianika, anda harus memperhatikan jari – jari anda bergerak. Dalam memainkan pianika tersebut, jari – jari anda harus bermain dengan sangat lembut. Pastikan bahwa semua jari – jari anda berperan penting dalam memainkan pianika tersebut. 

  • Teknik menerkan tuts 

Cara menekan tuts yang benar adalah anda bisa membuat 5 jari anda bergerak. Pastikan bahwa anda jari jemari anda lurus dan memainkan nada mulai dari C ke G. Penjarian pada pianika biasannya menggunakan tangan kanan yang terdiri dari:

  • ibu jari sebagai jari nomor 1
  • jari telunjuk sebagai jari nomor 2
  • jari tengah sebagai jari nomor 3
  • jari manis sebagai jari nomor 4
  • jari kelingking sebagi jari nomor 5

 

  • Teknik pernapasan

Pernapasan juga berperan penting ketika anda bermain piano. Dalam meniup pianika anda harus bernapas dengan hati – hati sehingga anda bisa bermain pianika tersebut dengan baik dan benar. 

Itulah beberapa hal yang bisa anda ketahui dalam memainkan pianika sehingga anda bisa memainkan pianika dengan baik dan benar. Itu adalah hal yang dapat anda praktekan dengan baik dalam  cara belajar pianika. 

Untuk Anda yang sedang mencari pianika drumband anda dapat mendapatkannya ditoko yang jual drumband, selain jual alat drumband toko drumband biasanya menyediakan seragam dan juga perlengkapan drumband dan marchingband.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Gaza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *