Mengenal Lebih Jauh Tentang Kubah Enamel

Apakah kalian tahu atau pernah mendengar apa itu kubah enamel? yang kalian tahu dan sangat pamiliar jika mendengar kata kubah pastinya tentang mesjidkan?. Sebagai warga negara indonesia yang mana mayoritas masyarakatnya mengatut agama islam, pastinya kalian sering melihat mesjid dan mesjid tersebut sudah ada di seluruh penjuru wilayah indonesia.

Sebagai negara yang bermayoritaskan islam banyak mesjid dengan kubah yang di buat sangat mewah dan megah karena sebagai bentuk syukur kita kepada agama. Mesjid yang di buat dengan mewah dan megah akan menjadi daya tarik jamaah untuk melaksanakan ibadah shalat, apalagi jiga mesjid megah tersebut berada di pinggir jalan raya pastinya banyak jamaah yang sengaja berhenti disana untuk melaksanakan ibadah shalat. Kubah adalah salah satu pertanda untuk mengetahui bahwa bangunan tersebut adalah mesjid atau mushola.

Mesjid memiliki ciri khas ada kubah diatasnya. Walaupun tidak menutup kemungkinan jika bentuk mejid dan mshola sekarang tidak memiliki kubah karna banyak juga mesjid yang berbentuk bulat atau segi empat seperti ka’bah. Sudah di pastikan jika mesjid pasti memiliki atap yang sangat unik.

Mengenal Kubah Enamel Masjid

Jika kalian memperhatikan kubah mesjid, pada umumnya kubah mesjid selalu tampak mengkilap dan bersinar. Ada yang tahu kenapa demikian? Jawabannya adalah karna kubah tersebut di buat menggunkan bahan emanel. Tidak hanya bahan emanel saja, material membuat kubah juga menggunakan GRC yang mana bahan tersebut terbuat dari gabungan pasir halus, fiber glass, semen, stainless steel dan galvalum.

Enamel atau biasa disebut juga dengan porcelin enamel adalah sebuah lapisan porcelain yang digunakan untuk lapisan pada besi dan logam yang berfungsi memproteksi pada permukaan barang agar tidak cepat rusak, mempercantik tampilan dan memperbaiki kualitas barang tersebut.

Enamel itu sendiri di buat menggunakan bahan silika atau alloy kaca dengan melalui proses peleburan pada tungku dengan suhu yang sangat tinggi. Banyak kubah mesjid yang menggunakan bahan enamel karena memiliki kualitas yang lebih bagus, seperti :

  • Memiliki banyak warna yang akan membuat kubah lebih menarik. Sudah terbukti jika sekarang banyak kubah yang menggunakan warna yang mencolok agar memudahan masyarakat mengenai keberadaan mesjid.
  • Memilih bahan enamel untuk membuat kubah mesjid agar tahan gempa, selain karna kuasa Allah. Bahan enamel ini sangat ringan dan tahan gempa.
  • Lapisan enamel ini di kenal dengan ekonomis dan hemat, selain harganya yang murah enamel ini tentunya berkualitas karna tidah mudah retak. Terbuat dari material bahan dasar logam kubah enamel sangat cocok untuk mesjid daerah pesisir.
  • Jika bahan lain bisa bertahan sampai 5 tahun saja, bahan enamel bisa tahan lebih lama samapi 20 tahunan. Untuk kemaslahatan bersama saya sarankan untuk membuat mesjid mending menggunakan bahan enamel saja.
  • Keunggulan enamel yang lainnya adalah tahan korosi dan warna yang tidak akan pudar karena terpapar sinar dari matahari.

Banyak kelebihan dan keuntungan kubah enamel, yang pastinya layak untuk kalian pertimbangkan menggunakan kubah enamel mesjid. Banyak yang bilang Harga Kubah Enamel lebih tinggi jika di banding denngan harga yang lain, harus kalian ketahui jika Harga Kubah Enamel ini dihitung permeter. Jadi, kalian bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pembuatan kubah tersebut. Sesuai dengan pepatah ada harga ada barang, barang yang berkualistas tidak mungkin di bandrol dengan harga murah.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Gaza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *