Mengenal Lebih Dalam Fungsi Firewall di Jaringan VoIP

Dalam artikel sebelumnya yang bisa dibaca di sini, kita telah mengenal VoIP dan manfaatnya bagi organisasi kita untuk menghadirkan komunikasi berbasis voice yang stabil. 

Pertanyaan selanjutnya yang penting untuk dipertimbangkan tim TI organisasi adalah, apakah sambungan VoIP ini perlu diproteksi juga dengan firewall, seperti layaknya jaringan lain? 

Bicara soal pertahanan organisasi Anda dari berbagai faktor risiko keamanan, kita tidak boleh membiarkan ada satupun titik kerentanan – termasuk dalam sambungan VoIP yang digunakan sehari-hari. Jika diabaikan, bukan tidak kecil risiko yang mengintai. Amankan dengan firewall yang mumpuni memproteksi VoIP dari berbagai ancaman, karena yang namanya jaringan terhubung ke komputer selalu memiliki peluang ancaman. Firewall dipasang untuk melindungi berbagai ancaman atau serangan tersebut.

Apa fungsi firewall pada jaringan VoIP? Firewall bisa melindungi organisasi dari berbagai risiko serangan siber – dari fabrikasi (Objek palsu, biasanya menyamar sebagai pesan biasa, yang disisipkan di dalam sebuah sistem), interupsi (Serangan berupa pemblokiran akses ke sistem Anda), modifikasi (Perubahan pada suatu aset atau data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, contohnya dengan mengubah pesan saat ditransfer dalam jaringan), dan terakhir, intersepsi (penyadapan). Tentunya sebagai sambungan berbasis voice, VoIP memiliki risiko di aspek intersepsi dan modifikasi. 


Jangan remehkan pentingan firewall, karena ialah garda terdepan pertahanan sistem jaringanmu dari peretasan. Firewall akan menjaga informasi privat dalam jaringan VoIP agar tidak bocor keluar; komunikasi dan koordinasi bisnis yang dilakukan organisasi Anda via VoIP yang terlindung firewall akan terjamin bebas dari intrusi pihak luar yang ingin mengintrusi sambungan komunikasi Anda. 

Tahukah Anda, manfaat memasang firewall di dalam jaringan VoIP tidak terbatas pada aspek keamanan saja? Ya, firewall juga mampu mendukung tata kelola aktivitas semua komputer yang terhubung ke internet dalam jaringan Anda. Ia mengatur, mengawasi, memfilter, dan juga mengontrol izin akses jaringan privat.

Layaknya penjaga keamanan gedung kantor, firewall juga memeriksa terlebih dahulu paket data yang akan melewati jaringan VoIP untuk menjamin keamanannya. Jika sewaktu-waktu muncul ancaman dari sebuah jaringan atau sistem, firewall yang akan memblokir akses tersebut demi melindungi jaringan VoIP Anda.

Selain itu, untuk mendukung fungsi pemantauan tim TI organisasi Anda, firewall memberikan data rekap berisi rekaman semua aktivitas atau lalu lintas yang terjadi, sehingga tim Anda bisa waspada mendeteksi apabila ada percobaan pembajakan jaringan. Rekap ini penting juga untuk administrasi yang rapi dan bisa dilacak lagi sewaktu-waktu.

Jaringan yang dilindungi firewall akan terhindar dari berbagai risiko peretasan lain, dan juga mendapatkan berbagai manfaat lainnya untuk proses bisnis sehari-hari. Maka dengan firewall yang baik, organisasi Anda bisa tenang memakai VoIP untuk mendukung kegiatan operasional bisnis sehari-harinya. 

Maka, jangan abai untuk melengkapi sambungan VoIP organisasi Anda dengan firewall yang mumpuni. Belum memaksimalkan pemakaian firewall di VoIP? Diskusikan hal ini dengan Telkom DWS, hubungi kami untuk mendapatkan informasi solusi terbaiknya!

Leave a Comment