Ditulis oleh Nurhasanah

Kerusakan TV POLYTRON dan Cara Memperbaikinya

Televisi ♦ Thursday, 4 Apr 2019 - 23:00 WIB

Mau tau apa aja kerusakan TV Polytron yang umum dan paling banyak terjadi serta solusi cara memperbaiki nya ? Simak artikelnya di bawah ini

Siapa sangka Polytron sebagai salah satu perusahaan elektronik papan atas merupakan perusahaan lokal milik nusantara. Televisi merupakan salah satu produk yang diproduksi oleh Polytron, baik itu TV Tabung, TV LCD, LED, maupun TV CRT. Tentu saja di samping televisi, masih banyak produk lainnya milik polytron seperti AC, DVD, kuklas, dan lain sebagainya. Namun pada kesempatan kali ini kami lebih memfokuskan pembahasan pada tv produk Polytron. Banyak sekali jenis tv dengan label polytron. Anda mungkin salah satu pemilik tv Polytron, kerusakan pada tv bisa terjadi kapanpun dan dalam bentuk apapun. Banyaknya tv yang diproduksi oleh polytron berbanding lurus dengan banyaknya permasalahan atau kerusakan yang diderita oleh tv tersebut. Jika jenis tv polytron Anda berbeda, walaupun bentuk kerusakannya sama, maka cara penanganannya dan sumber masalahnya pun pun belu tentu sama persis.

Anda pemilik tv Polytron yang ingin mencoba menganalis atau memperbaiki sendiri terlebih dahulu saat tv Anda mengalami kerusakan tepat sekali mengunjungi artikel ini. Hanya saja sebelum terfokus ke masalahnya, slahkan Anda oerhatikan dulu tv Polytron Anda secara fisik apakah terlihat ada yang rusak, misalnya ada komponen yang gosong atau bentuknya sudah berubah. Tidak sedikit kerusakan yang bisa diatasi dengan solder ulang. Kerusakan juga kemungkinan bisa terjadi karena program, dan penyelesaiannya cukup dengan disetting melalui kode remotenya. Setelah itu, baru Anda bisa beranjak menganalisis kerusakan yang biasa terjadi pada tv  polytron, untuk kemudian setelah menemukan masalahnya Anda bisa langsung memikirkan solusnya. Berikut ini adalah berbagai Kerusakan TV POLYTRON dan juga solusi Cara Memperbaikinya.

Baca juga: Kumpulan Kode Remote TV Polytron Terlengkap 2019

Kerusakan TV POLYTRON dan Cara Memperbaiki

1. Kerusakan Layar

Polytron LCD semua model dengan bentuk kerusakan gambar pada layar yang gelap tetapi suara masih normal. Solusinya, silahkan Anda cek tegangan 5v pada LVDS kabel ke T.con, karena kemungkinan ada yang terputus di fusenya. Anda perlu kehati-hatian pada saat membuka t.con karena sedikit rentan dan sulit untuk dilepas. Jika Anda tidak menemukan masalah pada T.con, silahkan buka panel untuk mengecek lampu backlight LED, lalu laukan pengecekan tegangan di PCB baris LED. Jika Anda tidak menemukan masalah pada tegangan, kemungkinan masalahnya adalah pada lampu LED yang mati.

2. Tidak bisa menonton siaran

Adapun jika TV LCD Polytron model apapun yang Anda miliki tidak bisa mendapatkan siaran, solusinya adalah melakukan pengecekan tegangan di bagian tuner. Jika Anda tida menemukan masalah, silahkan laukan penggantian pada tuner. Jika masih tetap sama, silahkan lakukan penggantian pada IC IF nya.

3. Tidak mau start saat awal dinyalakan

Polyton TV Lcd untuk semua model dengan kerusakan tidak mau start saat dinyalakan seperti protect lalu kembali ke posisi standby. Solusnya, silahkan Anda cek kestabilan pada tegangan output 5V, dan jika hasilnya tidak stabil silahkan lakukan pengecekan pada elco filter kisaran 1000Uf pada blok power board.

4. Tampilan gambar menyempit

Polytron dengan IC TDA8360/61/62 dengan kerusakan tampilan gambar yang menyempit di bagian tas dan bawah pada layar. Solusinya, silahkan lakukan pengecekan pada bagian vertikal out apakah tegangan normal atau sebaliknya. Cek R401 dan R402 yang tersambung ke TDA dan 33V kemungkinan resistensinya sudah tidak sesuai lagi.

5. Tampilan lambat

Polytron DM143031 dengan kerusakan lambat saat pertama kali dinyalakan disertai dengan gambar yang berkedip dan juga bergoyang dan menyempit.

6. Layar tiba-tiba mati

Polytron PN20123K dengan kerusakan protek, yakni dia hidup pada saat pertama kali dinyalakan dan tidak berapa lama kemudan mati kembali, padahal tegangan VCC dalam keadaan oke. Solusinya, silahkan Anda ganti IC 4558 di dekat vertikal.

7. Kerusakan OSD tidak ada

Polytron GM1483 dengan kerusakan OSD tidak ada. Solusnya, silahkan Anda buka R723 dan D732.

8. Blanking dan tuning geser, sedangakan OSD bagus

Polytron P in P dengan keruskan blanking dan juga tuning geser, sedangakan OSD bagus. Solusnya, silahkan Anda cek tuner digital 5V yang kemungkinan salah satunya mengalami kerusakan.

9. Manual tuner tidak berhenti

Polytron GM1492 dengan kerusakan manual tuner tidak berhenti. Solusinya, silahkan Anda ganti trafo AFT dengan E08L.

10. Garis-garis hitam tebal yang naik turun

Polytron model lama dengan kerusakan garis-garis hitam tebal yang naik turun baik posis AV ataupun di channel. Solusnya, silahkan ganti flyback.

11. Tanpa suara tetapi gambar dilayar tetap oke

Polytron 123 dengan kerusakan suara yang tidak ada, tetapi gambar dilayar tetap oke dan kalau pakei VCD tetap normal. Solusnya, kemungkinan IF mengalami kerusakan, maka dari itu silahkan Anda ganti cristal 5.5 nya.

12. Gambar gelap tetapi suara masih normal

Polytron LCD PLM 32M22 dengan bentuk kerusakan gambar yang gelap tetapi suara masih normal. Solusnya silahkan Anda perhatikan T.con apakah terdapat solderan yang sudah mulai retak atau sudah tidak bagus. Anda bisa mencobanya untuk re-solder terlebih dahulu, dan coba kembali nyalakan tv Polytron Anda apakah sudah ada perubahan atau belum.

Apabila terjadi masalah lain pada tv Polytron Anda model ini, misalnya TV yang mati total, solusnya bisa Anda lakukan dengan mengecek komponen di bagian power board. Setelah itu, silahkan re-solder semua solderan yang sudah retak khususnya FET, dioda zener, dan juga komponen yang menyebabkan panas. Lakukan pengecekan juga di transistor T504=C1858 karena dapat membuat power board mati total.

Kerusakan TV POLYTRON Paling Umum

Kerusakan TV polytron yang banyak dijumpai adalah pada U=slim series. Berikut ini adalah kerusakan yang terjadi beserta cara mengatasinya.

1. TV protek

Protek pada tv polytron crt mayoritas diletakan pada ic vertikal. Langsung saja Anda tuju tempat tersebut, lalu menuju ELCO 1 uf50v. Jika tv polytron Anda kembali hidup nomal, berarti kerusakan memang benar hanya terdapat pada elco.

2. Tv polyron satu garis vertikal

Pertamanya nampak gejala layar gelap, namun setelah dinaikan screen ternyata hanya satu garis arah horizontal d tengah. Maka masalah tv tersebut terletak pada blog vertikal. Silahkan Anda ganti elco 100 uf 50 v elco/ pump up.

3. Polytron u-slim vertikal jebol terus

Gejala yang pertama protek, setelah protek dapat dilumpuhkan ternyata ada suaranya hanya gambar tidak muncul. Solusi yang Anda lakukan berupa penggantian ic vertikal pun tida berhasil. Ternyata tegangan dari flyback mengalami kenaikan.

4. Polytron mode av tidak muncul

Gejala av tida muncul tampak pada saat tombol av ditekan, namun mode vcr muncul. Penyebabnya adalah karena ic memori yang error.

5. Polytron mati total

Penyebabnya adalah kareana salah satu komponen dalam tv tersebut putus atau bisa juga karena fet tidak bekerja.

6. Lampu indikator yang berkedip-kedip

Ketika Anda mengalami masalah yang demikian pada tv Polytron Anda, hendaknya Anda tidak menyalakan tv dalam waktu yang lama, langsung ke horizontal. Jika diteruskan kemungkinan besar tv akan mengalami mati total, karena fet yang terdapat pada regulator tidak mampu menahan arus pendek yang terjadi pada transistor horizontal. Nah jika terjadi pada transsister tersebut, Anda jangan langsung menggantinya karena kemungkinan ada kerusakan lan.

7. Timbul bercak warna pada layar tv

Penyebabnya adalah karena dgausing gagal kerja, sehingga tidak mampu menetralkan pengaruh magnet terhadap fosfor.

8. Polytron layar hanya terbuka bagian bawahnya saja

Hal ini disebabkan karena elco ukurab 100 uf 50 v kering di bagian blog vertikal.

Baca juga: Kumpulan Kode Remote TV Universal Semua Merk TV

Demikianlah ulasan mengenai Kerusakan TV POLYTRON dan Cara Memperbaiki. Anda pemilik tv Polytron bisa mencoba mengotak atik tv Anda terlebih dahulu ketika tv Anda mengalami kerusakan sebelum dibawa ke tukang service. Jika berhasil kan lumayan tida perlu mengeluarkan uang buat sekedar service tv.  Paling tidak, Anda bisa mencerna terlebih dahulu kerusakan pada tv Anda, dan jika masalahnya mendasar Anda bisa coba untuk menyelesaikannya secara mandiri. Jika masalahnya memang berat dan Anda tidak mampu menghandelnya, baru deh dibawa ke service tv. Semoga bermanfaat!

Baca Lainnya