Jenis Pembelajaran Tematik dan Langkah-langkahnya

Saat ini proses pembelajaran di sekolah menggunakan pembelajaran tematik. Nah tematik ini merupakan salah satu bentuk model pembelajaran yang mana memberi satu topik dan dijelaskan dalam beberapa mata pelajaran yang sudah dikemas rapi menjadi satu tema di buku tematik itu sendiri.

Nah pembelajaran tematik ini memiliki tujuan yaitu agar para siswa siswi bisa lebih aktif ketika proses pembelajaran sedang berlangsung. Selain itu, agar para siswa siswi mampu menemukan konsep yang tepat yaitu secara otentik, holistic dan bermakna.

Para guru tentunya tidak begitu membutuhkan kunci jawaban tematik  karena biasanya para guru akan lebih faham mengerti pelajaran tersebut. Para guru juga diharapkan bisa lebih kreatif dan innovative ketika menyampaikan materi kepada siswa siswinya.

Perlu Anda ketahui bahwa pembelajaran tematik ini memakai penerapan proses pembelajaran dengan melakukan sesuatu atau biasa disebut dengan learning by doing. Dengand emikian proses pembelajaran akan lebih efektif.

Jenis Pembelajaran Tematik

Pembelajaran tematik memiliki beberapa jenis yaitu seperti:

  1. Fragmented atau Penggalan. Jenis pertama ini merupakan model pembelajaran yang dilakukan terpisah secara mata pelajaran atau secara konvensional.
  2. Connected atau Keterhubungan. Jenis kedua ini merupakan model pembelajaran yang menghubungkan satu konsep dengan konsep lainya.
  3. Nested atau Sarang. Jenis ketiga ini merupakan model pembelajaran yang mana materinya akan dikaitkan dengan keterampilan berpikir atau mengorganisasi.
  4. Sequenced atau Pengurutan. Jenis keempat ini merupakan model pembelajaran yang mana beberapa topik akan diurutkan dengan pembahasan mata pelajaran yang lain. Jadi bisa diajarkan secara bersama-sama dengan topic yang sama.
  5. Shared . Jenis kelima ini merupakan model pembelajaran yang digabungkan antara satu pelajaran dengan pelajaran lain. Dengan demikian bisa saling melengkapi dan bisa lebih fokus dalams atu topik.
  6. Webbed atau jaring laba-laba. Jenis keenam ini yaitu mendekatkan dengan cara tematik yang bisa dikembangkan dalam melakukan beberapa aktivitas pembelajaran yang sesuai serta mendukung.
  7. Jenis ketujuh ini bertujuan agar bisa melatih keterampilan cara berpikir yang akan disesuaikan dengan usia siswa.
  8. Integrated atau keterpaduan. Jenis kedelapan ini merupakan model pembelajaran yang mana akan dikaitkan dalam beberapa pelajaran dan di jelaskan dalam satu topic.
  9. Jenis kesembilan ini merupakan model pembelajaran yang mencakup beberapa mata pelajaran namun tetap dalam satu tema.
  10. Networked atau jaringan kerja. Jenis kesepuluh ini merupakan model pembelajaran kerjasama antara murid dengan seorang ahli yang berhubungan dengan mata pelajaran yang disampaikan.

Nah, setelah mengetahui beberapa jenis pembalajaran tematik, berikut langkah-langkah pembelajaran tematik yaitu pertama mengamati, menanya, mengumpulkan informasi atau eksperimen, mengolah informasi dan mengkomunikasi.

Semoga info mengenai Jenis Pembelajaran Tematik dan Langkah-langkahnya bermanfaat bagi Anda semua.

 

You May Also Like

Avatar

About the Author: Nurul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *