Ditulis oleh Gaza

Inspirasi Nama Komunitas Keren Anti Mainstream 2020

Informasi ♦ Tuesday, 18 Feb 2020 - 15:28 WIB

Komunitas adalah sebuah kelompok tertentu yang berdasarkan kesamaan minat, tempat tinggal, kepercayaan dan sejumlah kondisi tertentu yang memiliki sebuah persamaan antara orang yang satu dengan lainnya. Biasanya dalam sebuah komunitas ada sebuah ikatan tentang kebersamaan, saling menjaga dan melindungi baik melindungi nama baik komunitas atau pun anggotanya.

Di tempat tinggal kita sendiri mungkin ada beberapa komunitas seperti misalnya komunitas petani atau pun komunitas peduli lingkungan yang lain. Untuk bergabung ke sebuah komunitas salah satu syarat utamanya adalah sebuah persamaan terutama persamaan minat pada komunitas tersebut. Ketika kita tidak punya kesamaan minat dan bergabung ke komunitas tertentu sudah pasti yang dirasakan adalah ketidaknyamanan. Untuk itu bergabunglah ke komunitas sesuai dengan apa yang anda minati dan persamaan yang lain.

Ketika bergabung atau membuat sebuah komunitas sudah tentu kita ingin agar komunitas yang kita ikuti bisa dikenal oleh orang banyak. Sudah tentu komunitas tersebut harus ada manfaat positif yang bisa diambil.

Komunitas juga seharusnya memiliki nama komunitas yang khas dan juga keren agar orang lain penasaran dan ikut gabung. Nah dibawah ini adalah beberapa nama komunitas keren yang bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin membuat sebuah komunitas.

Daftar nama komunitas dibawah ini hanyalah sebuah referensi saja tetapi jika dirasa ada yang cocok bisa juga anda mengadopsi salah satu nama. Kita mengelompokan nama komunitas bukan berdasarkan minat, tempat tinggal, suku atau pun hobi karena nama komunitas yang sesuai kategori bisa anda cari sendiri di google. Kita mengelompokan nama komunitas berdasarkan cara komunitas itu diberi nama. Untuk selengkapnya silakan simak selengkapnya dibawah ini :

Nama Komunitas Berdasarkan Singkatan

Ada banyak sekali nama-nama komunitas yang ada di dunia ini. Saking banyaknya kita akan mengelompokan nama komunitas yang ada dengan beberapa jenis salah satunya adalah nama komunitas berdasarkan singkatan.

Anda tentu pernah mendengar singkatan KPK yang merupakan singkatan dari Komisi Pemberantasan Korupsi. Nah nama komunitas berdasarkan singkatan ini seperti misalnya komunitas pemilik mobil toyota avanza indonesia yaitu TACI (Toyota Avanza Club Indonesia). Nah beberapa daftar nama komunitas untuk contoh lainnya seperti dibawah ini :

1. KIJSI

KIJSI adalah singkatan dari Komunitas Ikatan Jomblo Seluruh Indonesia. Nah buat temen-temen kamu yang sedang menikmati masa-masa kejombloannya cocok nih diusulin agar dibuatin saja komunitas buat mereka. Gokil gak sih?

2. KPGB

KPGB adalah singkatan dari Komunitas Pemuda Galau Berat. Komunitas ini sangat cocok buat temen kamu yang hobinya ngegalau. Daripada galau sendirian lebih baik dibikinin komunitas. Ya barangkali aja ada kegiatan untuk ngegalau bareng satu kabupaten.

3. KSTMJ

KSTMJ adalah Kumpulan Siswa Tak Mau Jomblo. Jika saat ini anda sedang mencari inspirasi nama komunitas untuk kelompok kalian dan secara kebetulan anggotanya semua diisi oleh para jomblo, mungkin kalian lebih cocok untuk menamakan komunitas dengan KSTMJ alias Kumpulan Siswa Tak Mau Jomblo.

4. GSS-PPS

GSS-PPS adalah sebuah singkatan dari Gerakan Siswa Siswi Pencari Pasangan Setia. Bagi teman-teman anda yang memiliki kesamaan minat dalam hal pencarian pasangan setia bisa adopsi nama ini untuk membentuk komunitas yang kokoh. wkwk

5. IPSS

IPSS adalah jawaban dari komunitas GSS-PPS. IPSS adalah kependekan dari Ikatan Pria Sejati dan Setia. Jika kedua komunitas ini bisa bertemu bisa jadi popularitas jomblowan dan jomblowati sedikit berkurang.

6. KJISM

KJISM adalah para jomblowan dan jomblowati yang pada kebelet pengen nikah. KJISM adalah singkatan dari Kelompok Jomblo Ingin Segera Menikah. Karena merasa terlalu lama menjomblo di komunitas ini tidak mau mengenal istilah pacaran tetapi ingin langsung menikah saja. Nah bagi kamu yang ingin membuat komunitas positif ini jangan ragu ya.

Nama Komunitas Berdasarkan Singkatan Huruf dan Angka

1. KP3O

KP3O adalah singkatan dari Kumpulan Pemuda Penikung Pacar Orang. Para wanita mungkin tak akan suka komunitas ini karena misi mereka memang berbeda. wkwk. Bagi anda para lelaki yang ingin membuat komunitas yang berbeda dan anti mainstream dan banyak dibenci orang-orang yang sedang pacaran. Misi mereka selama janur kuning belum melengkung berarti semua bisa terjadi.

2. KW-P3K

KW-P3K merupakan kependekan dari Kumpulan Wanita Pencari Pria Perkasa dan Kuat. Komunitas ini diperuntukan untuk para wanita yang sedang mencari pria-pria gagah perkasa untuk menjadi teman hidupnya. Jika anda para wanita yang punya geng atau teman-teman yang punya misi sama. Silakan buat komunitas ini.

3. IJ3S

IJ3S adalah nama komunitas yang cocok buat menyindir temen kamu yang jomblo dan sering jajan sembarangan di kantin sekolah. IJ3S adalah kependekan dari Ikatan Jomblo Jangan Jajan Sembarangan.

4. G3IO

Jika anda seorang wanita yang suka kesel sama kelakuan pala pelakor yang ahir-ahir ini sedang booming. Mereka yang mendekati dan merasa nyaman dengan isteri orang pasti membuat anda geram. Apalagi itu terjadi pada suami anda pasti dibikin kesel dan pusing tujuh keliling. Nah bagi anda yang punya tekad sama dengan teman-teman, anda bisa membuat komunitas bernama G3IO alias Gerakan Gak Ganggu Isteri Orang.

Nama Komunitas Berdasarkan Akronim

Banyak yang masih keliru tentang perbedaan antara singkatan dan akronim. Singkatan adalah gabungan kata yang dipendekan dan umumnya tidak bisa dilafalkan misal KPK dibaca ‘kapeka’, DPR dibaca ‘depeer dan PKS dibaca ‘pekaes’. Itu namanya singkatan

Tetapi beda lagi dengan akronim. Meskipun akronim sama sama kata yang dipendekan tetapi bedanya akronim ini disingkat dan bisa dilafalkan seperti misalnya ABRI, ASI, SIM, MURI, Puskesmas, Depdiknas, Kapolri dan lain sebagainya. Singkatan tersebut sama sama bisa dilafalkan. Itulah yang disebut akronim. Nah sekarang sudah tau ya perbedaan antara akronim dan singkatan.

Nah untuk nama komunitas selanjutnya dikategorikan berdasarkan akronim. Siapa tau anda terinspirasi untuk nama komunitas anda yang berdasar akronim ini atau barangkali ingin mengadopsi salah satu contoh dibawah ini :

1. GERHANA

Gerhana adalah nama sebuah komunitas yang merupakan kependekan dari Gerakan Remaja Hampa dan Merana. Komunitas ini sangat cocok buat teman-teman anda yang sering bersedih hati dan galau. Entah karena galau karena putus cinta atau pun galau karena terlalu lama menjomblo. Nah komunitas ini bisa jadi cocok buat mereka yang menderita karena sering merana.

2. KOMPENI

Kompeni adalah singkatan dari Komunitas Pemuda Pemberani. Nama komunitas ini cocok ditanamkan untuk temen-temen kamu yang merasa para pemberani. Jika anda sedang mencari nama komunitas untuk geng anda dan kebetulan nama ini cocok bisa kalian adopsi nama KOMPENI.

3. KOMPETITOR

Kompetitor disini bukan memiliki arti pesaing ya. Kompetitor adalah kependekan dari Komunitas Pecinta dan Pemerhati Motor. Jika anda sedang berencana membuat sebuah komunitas dimana didalamnya adalah mereka para pecinta motor, bisa memakai nama ini.

4. KOMPLOTAN

Komunitas Pencari Lompatan dan Tantangan disingkat menjadi Komplotan. Ini adalah nama komunitas yang cocok banget buat kamu atau temen kamu yang menyukai sebuah lompatan hidup atau pun tantangan-tantangan.

5. RANDA

Randa adalah nama komunitas yang merupakan singkatan dari Remaja Alim And Aman. Buat kamu yang ingin membuat komunitas dan isinya adalah orang-orang baik, gak neko-neko dan suka menolong. Nama komunitas ini barangkali cocok.

6. RESPECT

Respect adalah kependekan dari Remaja Suka Cita Penuh Canda Tawa. Komunitas ini cocok buat temen-temen anda yang suka humor dan asyik. Bagi anda yang sedang mencari nama komunitas yang cocok bisa pakai nama ini.

Nama Komunitas Berdasarkan Akronim 2 Kata

Diatas tadi sudah dijelaskan perbedaan akronim dan singkatan. Nah nama komunitas dibawah ini masih ada di kategori akronim dengan dua kata atau lebih. Berikut adalah beberapa contoh nama komunitas keren berdasarkan akronim dua kata.

1. KANCIL CETAR

Kancil Cetar adalah sebuah kependekan dari Kumpulan Anak Cilik Cerdas dan Pintar. Buat anda atau pun teman-teman anda yang ingin membua komunitas dimana anggotanya adalah anak-anak kecil namun cerdas bisa menggunakan nama kancil cetar.

2. KARUNYA PISAN

Karunya Pisan adalah sebuah kata dalam bahasa sunda yang artinya adalah Kasihan Banget. Karunya Pisan adalah nama komunitas yang mana kepanjangannya adalah Kalangan Remaja Unyu Anti Putus Karna Kasihan. Komuntas ini isinya adalah remaja-remaja cantik yang mana tetap mempertahankan hubungan karena merasa kasihan takut pacarnya jika diputus jadi gila.

3. GANJA BATI

Gerakan Anak Jalanan Baik Hati atau disingkat dengan Ganja Bati adalah nama komunitas selanjutnya yang barangkali bisa anda contoh untuk membuat nama komunitas dengan teman-teman kamu yang suka melanglangbuana ke jalanan.

4. IKAN LELE

Ikan Lele disini bukan komunitas pecinta ikan lele sungguhan ya. Tetapi ‘ikan lele‘ disini merupakan kependekan dari Ikatan Lelaki Lucu dan Kece. Contoh nama komunitas ini adalah kalian para cowo-cowo yang suka ngelawak dan juga punya tampang kece.

5. KERIS DEWA

Keris Dewa adalah nama komunitas yang kepanjangannya adalah Kelompok Baris Depan Wanita. Contoh nama komunitas ini cocok untuk anda para wanita-wanita pemberani dan para emansipasi.

Nama Komunitas Berdasarkan Resistansi Bahasa

Resistensi adalah gaya bahasa yang ditulis secara tak semestinya atau tidak sesuai aturan ejaan kata maupun bahasa yang benar. Seperti misalnya Jogja ditulis Zogza, Siswa ditulis Ziswa dan sebagainya. Penulisan ejaan tak wajar tersebut dengan tujuan biar lebih terlihat keren saja.

Berikut ini adalah beberapa contoh nama komunitas berdasarkan resistensi bahasa :

1. GREXDA

Grexda adalah nama komunitas yang merupakan kepanjangan dari Gerakan Remaja Xuka Damai. Bagi kalian yang mencari nama komunitas dengan nama yang anti mainstream barangkali nama Grexda ini cocok buat kalian.

2. OESTADZ

Oestadz adalah sebuah kependekan yang mana kepanjangan dari Oerganisasi Siswa Taat Di Zekolah. Ini adalah contoh nama komunitas dari kategori resistensi bahasa yang mana penulisan katanya memang tidak sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

3. GREXSE

Nama komunitas keren dari restistansi bahasa selanjutnya adalah GREXSE atau kepanjangannya Gerakan Remaja Xeneng Sedekah. Nama komunitas ini keren dan juga unik. Buat kalian yang ingin membuat komintas sedekah bisa pakai nama ini.

4. GRIXEN

Nama komunitas keren berdasarkan resistansi bahasa selanjutnya adalah GRIXEN yang merupakan kepanjangan dari Gerakan Remaja Islam Xeneng Ngaji. Ini adalah komunitas positif yang memang harus digerakan selain GREXSE tadi. Komunitas mengaji dengan nama yang keren yaitu GRIXEN.

5. KUZIMAZE TABATI

Nama komunitas selanjutnya adalah Kuzimaze Tabati. Mirip seperti bahasa jepang tetapi ini adalah kepanjangan dari Kumpulan Ziswa Males Zekolah Tapi Baik Hati. Komunitas yang merupakan orang-orang malas tetapi tetap punya jiwa sosial dan selalu cinta damai dan berbaik hati ke siapapun yang bertemu.

Nama Komunitas berdasarkan Terjemahan Ngawur

Kategori nama komunitas keren selanjutnya adalah nama komunitas yang dibuat berdasarkan terjemahan yang sangat tidak masuk akal atau disebut juga ngawur. Seperti misalnya nama tempat seperti Buahbatu diterjemahkan menjadi Stone Fruit, Kampung Baru menjadi New Village dan lain sebagainya.

Membuat nama komunitas sesuai terjemahan yang cukup ngawur juga bisa menjadi inspirasi untuk anda yang sedang mencari nama komunitas yang bagus. Contohnya adalah sebagai berikut :

1. Stone Fruit Bandung Community

Itu adalah terjemahan dari Komunitas Buahbatu Bandung. Stone Fruit adalah nama terjemahan dari Buahbatu yang merupakan salah satu kecamatan yang ada di kota Bandung. Memang sangat tidak lazim jika di translate tetapi bagi mereka yang suka dengan nama komunitas hasil translate adalah sebuah kebanggaan dan yang penting namanya keren.

2. Mount Stone Like Earth Community

Mount Stone Like Earth Community adalah nama komunitas yang terjemahannya cukup parah karena nama kota dan tempat semuanya diterjemah dari Komunitas Gunung Batu Sukabumi. Gunung Batu menjadi mount stone, Sukabumi menjadi Like Earth. Sangat kacau memang.

3. Jack New Village Community

Nama komunitas ini sejatinya adalah Komunitas Kampung Baru Jakarta. Diterjemahkan menjadi agak ngawur dan jadi deh seperti itu. wkwk.

4. Water Miss Kupang Residents Community

Nama komunitas dari terjemahan tempat selanjutnya adalah Water Miss Kupang Residents Community yang merupakan terjemahan bahasa inggris dari nama Komunitas Penduduk Airnona Kupang.

Nama Komunitas Karena Sebuah Kekesalan Pada Seseorang

Nama komunitas yang tersebut dibawah ini adalah nama komunitas yang dibuat dari seseorang karena merasa kesal dengan tingkah laku orang lain. Saking kesalnya mereka membuat inisiatif nama komunitas buat orang-orang tersebut. Bahkan nama komunitas ini sempat viral dan memang sangat lucu dan unik.

Daftar Nama Komunitas Keren dan Lucu

  • Komunitas Pendekatan Melulu Dapet Kagak (PMDK)
  • Komunitas Emak-emak Sen Kiri Belok Kanan
  • Komunitas Nasi Goreng Bungkus Kerupuknya Lupa Dimakan (NGBKLD )
  • Komunitas Emak-emak Nyuci Pagi Hari Jemurnya Besoknya Lagi
  • Komunitas Nggunting Bungkus Indomie Pake Gunting Bekas Molto
  • Pecinta Masakan Jepang Belagu Pake Sumpit Akhirnya Tetap Aja Minta Sendok (PMJBPSATAMS)
  • Komunitas Mau Mandi Balik Lagi Lupa Bawa Handuk
  • Komunitas Nyantelin Handuk Kaga Mandi-mandi (KNHKM)
  • Komunitas Emak Nungguin Anak Sekolah Sambil Ikutan Jajan (Kemas Hujan)
  • Komunitas Kondangan Pake Sandal (KKPS)
  • Komunitas Makan Mie Instan Pake Nasi (KOMEN PANAS)
  • Komunitas Bangun Tidur Langsung Update Status
  • Komunitas Perokok Suka Bawa Korek Temen

Nah itulah tadi beberapa daftar nama komunitas keren yang bisa menjadi inspirasi anda dalam membuat nama untuk sebuah komunitas yang anda dirikan.

Kesimpulan

Dari beberapa nama diatas dapat diambil kesimpulan bahwa untuk membuat nama komunitas kalian bisa memakai singkatan, akronim, resistansi bahasa, terjemahan nama tempat, atau pun diambil dari keunikan kebiasaan seseorang. Jangan lupa bagikan artikel ini ke semua teman-teman kamu jika dirasa artikel ini memiliki manfaat.

Baca Lainnya