Ditulis oleh Gaza

FTS dan DLS, Mana Yang Lebih Baik ?

Aplikasi Android ♦ Wednesday, 16 Oct 2019 - 17:30 WIB

Bagi anda pecinta game sepakbola android sudah pasti kenal dengan DLS (Dream League Soccer) dan juga FTS (First Touch Soccer). Keduanya memang cukup ramah untuk perangkat ponsel kelas menengah ke bawah karena tidak memakan banyak memori untuk penginstallannya. Berbeda dengan game lain seperti misalnya PES yang membutuhkan banyak space supaya bisa berjalan di smartphone. Dengan ukuran hanya 300MB an, keduanya cukup bagus untuk dimainkan. Sudah menampilkan resolusi HD dengan beberapa kelebihan lain.

Pada kesempatan kali ini kita akan mebandingkan kedua game sepakbola android yaitu DLS dan FTS. Mana sih yang lebih baik? Kemudian apa saja sih kekurangan dan kelebihannya? Kita akan bahas disini secara lengkap dan detail. Yukk teruskan ya bacanya!

Kelebihan DLS (Dream League Soccer)

Pertama yang akan kita ulas terlebih dulu adalah DLS atau Dream League Soccer. Game ini sudah didownload sebanyak 100 juta pengguna android sehingga memang sudah cukup populer. Konsep game bola DLS adalah membangun sebuah tim yang default nya bernama Dream FC untuk selanjutnya kita yang membangun skuat sendiri dengan cara mengumpulkan poin untuk membeli pemain. Dibawah ini adalah kelebih dan juga kekurangan DLS. Simak baik-baik ya!

Meskipun bagi sebagian orang DLS dinilai masih belum sempurna namun ada banyak sekali kelebihan game DLS yang tidak dimiliki oleh FTS.

  1. Wajah sudah mirip : Jika membandingkan FTS dari sisi ini mungkin FTS kalah telak karena pada faktanya memang FTS menggunakan wajah yang sama sekali tidak mirip dengan pemain aslinya.
  2. Mencari lawan online : Kelebihan yang kedua juga menjadi salah satu yang bisa dibilang keunggulan dari Dream League Soccer karena bermain online dinilai lebih seru karena akan bertanding dengan sesama pengguna DLS dari seluruh dunia. Sehingga tidak akan merasa bosan dengan permainan offline yang terus-terusan menang dan tidak ada lawan yang setimpal.
  3. Opsi Animasi banyak : Jika dibandingkan FTS, DLS memiliki skala animasi yang lebih banyak sehingga permainan terasa lebih menyenangkan.
  4. Permainan di lapang serasa hidup : Meskipun memang jauh dari kata sempurna pada nyatanya DLS lebih menyajikan permainan yang lebih baik ketimbang FTS.

Kelebihan FTS (First Touch Soccer)

First Touch Soccer atau disingkat FTS adalah game sepakbola di android yang pada awalnya dikembangkan oleh pengembang DLS. Satu hal yang barangkali membuat FTS ini punya nilai lebih daripada DLS adalah berkat para modder. Modder adalah orang atau sekumpulan orang yang memodifikasi game tertentu kemudian membagikannya secara gratis ke internet. Sehingga untuk bisa menginstall game FTS anda tidak akan menemukan game ini di Play Store tetapi harus dari penyedia pihak ketiga.

Nah berikut ini adalah beberapa kelebihan FTS yang tidak dimiliki oleh DLS (Dream League Soccer). Silakan disimak ya :

  1. Klub dan negara lebih lengkap : Jika dibanding dengan DLS soal kelengkapan klub bisa dibilang DLS bakal kalah telak karena berkat jasa para modder yang terus memodifikasi aplikasi, game tersebut terus dilengkapi secara real time. Bahkan sudah ada klub lokal seperti Shopee Liga 1 Indonesia dan update transfer pemain terbaru.
  2. Mengatur tingkat kesulitan : FTS memiliki kemampuan untuk mengatur tingkat kesulitan lawannya mulai dari low, normal hingga high yang mana ini tidak bisa anda temukan pada game DLS.
  3. Mengatur durasi pertandingan : Banyak pengguna DLS yang mengeluhkan soal waktu pertandingan yang begitu cepat dan tidak bisa di set. Nah pada game FTS anda bisa mengatur waktu main 1, 2,3,4 atau lebih lama lagi hingga 8 menit.
  4. Memilih tim sendiri dan lawan : FTS memiliki fitur untuk menentukan klub yang akan kita pegang begitupun dengan lawannya. Tidak seperti DLS yang diberikan satu tim dan ditentukan lawannya.
  5. Mengubah nama pemain : Pada game DLS memang sih kita bisa membuat pemain dengan rating yang kita mau tetapi itu harus membutuhkan banyak sekali koin. Nah ini tidak jika di FTS, anda bisa mengubah nama pemain sesuka yang anda mau.
  6. Grafik lebih tajam : FTS menyajikan grafik tampilan layar yang lebih tajam daripada DLS. Sehingga bagi orang yang punya pandangan kurang baik terhadap warna cocok bermain disini.

Bagi yang mau lebih jelasnya silakan tonton video berikut ini :

Meskipun ada kekurangan dan kelebihan dari kedua game diatas tetapi tentu saja keduanya sama-sama game yang seru banget. Keputusan anda menggunakan game FTS atau pun DLS adalah sesuai dengan selera masing-masing saja.

Baca Lainnya