Ditulis oleh Gaza

3 Cara Cek SKTP di Info GTK Terbaru 2019/2020

Pendidikan ♦ Wednesday, 13 Nov 2019 - 14:36 WIB

Ada 3 Cara Cek SKTP di Info GTK Mudah. Pertama via Laman Info GTK, Kedua Laman SIM PKB, Ketiga Melalui Data Dikdasmen. Cek Info GTK No Ribet di Data Dikdasmen.

agi anda yang berprofesi sebagai tenaga pendidik tentunya sudah tak asing lagi dengan SKTP. SKTP adalah kepanjangan dari Surat Keputusan Tunjangan Profesi. Untuk menerima tunjangan profesi guru, SKTP inilah adalah salah satu persyaratannya.

SK Tunjangan Profesi ini juga jadi sebuah penentuan apakah tunjangan profesi yang dinanti-nantikan ini bakalan cair atau sebaliknya. Inilah yang menjadi alasan kenapa pada setiap peneribitan SKTP selalu disambut dengan sukacita dan sedikit deg-degan oleh banyak guru atau tenaga pendidik.

Cek SKTP adalah hal yang perlu dilakukan apakah data PTK yang sebelumnya dikirim melalui aplikasi Dapodik sudah Valid atau Belum Valid. Jika belum, maka secara otomatis pencairan dana tunjangan sertifikasi akan bermasalah. Untuk itulah anda sebagai tenaga pendidik atau pun operator sekolah perlu mengecek SK Tunjangan Profesi guru.

Meski bernama Surat Keputusan (SK) tetapi sebenarnya bentuk fisiknya bukan berbentuk berupa surat seperti SK. Yang nantinya akan terbit hanya Nomor SK nya saja.

Nah inilah salah satu contoh Nomor SKTP yang sudah terbit dibawah ini :

Perhatikan kotak berwarna merah yang ditujukan oleh tanda panah.

Untuk itulah segeralah anda cek SKTP anda jika anda adalah salah satu tenaga pendidik.

Perlu anda ketahui karena memang untuk mengecek SK Tunjangan Profesi saat ini harus dilakukan secara online. Jadi bagi Bapak/Ibu yang belum terbiasa dengan hal ini, harus mulai dibiasakan. Pemerintah saat ini sudah membuat situs khusus untuk cek SKTP.

3 Pilihan Cara Cek SKTP

Untuk bisa mengecek SKTP ini memang ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Bisa melalui situs Info GTK, SIM PKB Guru dan juga melalui data Dapodik Online. Jika anda bertanya mana yang lebih bagus dan mudah, menurut kita yang paling praktis adalah melalui Dapodik Online atau Laman akun SIM PKB Guru. Karena dengan menggunakan ini anda tidak usah mengingat-ingat lagi NUPTK, NIK atau NIP anda.

Dapodik Online anda harus meminta bantuan operator sekolah untuk masuk ke aplikasi Dapodik sedangkan melalui laman SIM PKB, anda harus login dengan akun SIM PKB yang sebelumnya anda sudah registrasi terlebih dahulu. Jadi anda tinggal pilih saja pakai cara yang mana.

1. Cek SKTP Melalui Laman Info GTK

Cara cek SKTP yang pertama yaitu dengan melalui laman info GTK. Cara ini bisa dibilang cara yang paling praktis dan cepat yang bisa anda lakukan. Yang perlu anda siapkan adalah akun PTK yang sudah dibuat di Dapodik. Jika anda mengalami kesulitan dengan login bisa hubungi operator sekolah yang bersangkutan.

Berikut adalah cara login ke laman Info GTK :

  1. Pertama-tama sikalan buka laman Info GTK dengan KLIK DISINI
  2. Silakan masukan username dan password akun PTK yang anda telah buat di Dapodik.
  3. Setelah masuk maka akan diarahkan pada laman Info GTK. Cek apakah Status validasi Tunjangan Profesi anda Sudah Valid atau Belum Valid. Jika statusnya sudah Valid silakan gulung layar kebawah.
  4. Lihat di Status Data Kelulusan Sertifikasi Pendidik poin ke-11 Status Data. Silakan anda lihat SKTP sudah terbit atau belum.
  5. Jika keterangan yang muncul Sudah Terbit SKTP, lanjut scroll layar ke bawah lalu klik Tunjangan Guru. Kemudian klik lagi Tunjangan Profesi.
  6. Setelah itu akan muncul Nomor Urut SK, Tanggal Penerbitan SK, Nomor SK, Tanggal Berlaku SK dan sebagainya.
  7. Kemudian silakan simpan halaman atau langsung mencetaknya.

Jika masih bingung silakan tonton video tutorial cek SKTP di Info GTK dibawah ini :

2. Cek SKTP Melalui Laman SIM PKB

SIM PKB yang merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian dan Berkelanjutan ini adalah salah satu program yang punya goal untuk lebih meningkatkan kompetensi dan kemampuan guru atau tenaga pendidik khususnya dalam rangka mengembangkan keterampilan intruksional serta memahami konten pembelajaran sebagai sebuah tugas yang dilakukan oleh guru.

SIM PKB saat ini bisa dipakai untuk mengecek SKTP atau cek info guru di Info GTK. Selain untuk cek SKTP, SIM PKB juga bisa dipakai untuk Pretest PPG, Login Pretest, Posttest PKB dan juga Cek Hasil Pretes PPG. Mulai tahun 2017 sejak Ditjen GTK mulai melakukan proses pengembangan pada SIM PKB sebagai mana yang disebutkan diatas bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, SIM PKB saat ini wajib untuk diikuti oleh semua tenaga pendidik.

Kepala Sekolah, Guru, maupun Pengawas sekolah wajib mengikuti pemberdayaan dalam komunitas GTK ini. Dimana terdiri dari Gugus atau Kelompok Kerja Guru atau disingkat KKG, MGMP, MGBK, Kepala Sekolah dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah atau disingkat KKPS.

Berikut adalah Cara Cek SKTP Terbaru Tahun 2019/2020 melaluiĀ Laman SIM PKB :

  1. Pertama-tama silakan buka laman login SIM PKB dengan KLIK DISINI
  2. Login dengan akun dimana anda dahulu melakukan UKG (Uji Kompetensi Guru). Jika anda lupa, anda bisa tanyakan kepada Operator Sekolah atau pun Ketua Gugus.
  3. Setelah anda berhasil masuk ke akun. Silakan gulung layar kebawah menuju Fitur Lain Untuk Anda. Disini ada beberapa sub menu diantaranya adalah Layanan Info GTK, Riwayat Capaian, Prog. Pendidikan Profesi Guru dan Profilku.
  4. Nah untuk melakukan cek SKTP silakan pilih Layanan Info GTK
  5. Setelah masuk ke Info GTK disana anda bisa lihat SK Tunjangan Profesi seperti pada gambar di pembahasan Cek SKTP Melalui Laman Info GTK diatas.
  6. Silakan baca Cara Registrasi SIM PKB Guru Pembelajar Tahun 2019 jika anda belum memiliki akun SIM PKB.

Apabila masih belum jelas silakan tonton tutorial videonya dibawah ini :

3. Cek SKTP Melalui Data Dikdasmen

Cara ketiga dan menurut saya adalah salah satu cara pamungkas untuk alternatif cek SKTP melalui Info GTK yang sangat praktis dan cukup mudah. Anda tak perlu lagi untuk repot-repot login ke Info GTK. Apalagi anda adalah tipe orang yang tidak mau ribet karena harus tahu Akun PTK pada Laman Info GTK atau login ke akun SIM PKB.

Anda hanya butuh meminta bantuan operator sekolah untuk masuk ke data dapodik online melalui Data Dikdasmen. Nah langsung saja berikut adalah step-step caranya :

  1. Pertama-tama KLIK DISINI
  2. Silakan masukan username dan password yang digunakan di data manajemen dapodik sekolah anda. Kemudian klik Kelola Data Sekolah.
  3. Setelah berhasil login kemudian terdapat Informasi Akun yang terdiri dari Data-data Sekolah.
  4. Kemudian klik Kelola Data Pokok.
  5. Selanjutnya pilih menu Guru Dan Tendik.
  6. Selanjutnya cari icon profil warna hijau pada kategori Biodata pada menu guru dan tendik. Jika tidak ada silakan zoom out atau perkecil tampilan browser untuk menampilkan.
  7. Setelah di klik icon profil warna hijau pada guru yang bersangkutan, disini akan muncul detail informasi mengenai guru tersebut seperti Nama, Jenis Kelamin, NIP, NIK, NUPTK, Tempat tanggal lahir, Ibu Kandung dan sebagainya.
  8. Pada informasi tadi klik paling bawah pada Info GTK yang ber-icon profil warna hijau muda.
  9. Sekarang Info GTK sudah terbuka untuk anda cek SKTP nya.

Dari ketiga pilihan untuk cek SKTP melalui Info GTK tadi, barangkali Cek SKTP Melalui Data Dikdasmen adalah cara paling praktis dan cepat untuk dilakukan. Anda hanya perlu meminta bantuan operator sekolah saja.

Silakan tonton tutorial video Cara Cek SKTP Melalui Data Dikdasmen dibawah ini jika anda masih belum jelas :

Cara Cetak SK Tunjangan Profesi (SKTP)

Apabila SK Tunjangan Profesi (SKTP) telah terbit segeralah untuk mencetak atau pun dengan menyimpan halaman sebagai sebuah bukti jika nantinya ada kesalahan data dalam pencairan dana.

Cara menyimpannya mudah saja. Cukup simpan dalam format PDF dengan mengikuti tutorial dibawah ini :

Setelah klik Simpan silakan simpan di lokasi folder data yang mudah ditemukan.

Nah demikian tadi 3 Cara Cek SKTP di Info GTK Tahun 2019/2020. Semoga Bermanfaat.

Jangan lupa baca juga Panduan Pengisian Simulasi Sispena PAUD dan PNF Lengkap

Baca Lainnya