Ditulis oleh Admin

Cara Cek dan Cari Nomor KK (Kartu Keluarga) Online

Tips dan Trik ♦ Tuesday, 5 Feb 2019 - 22:10 WIB

Bagaimana cari nomor Kartu Keluarga (KK) secara online untuk aktivasi kartu SIM Card, apakah masih bisa? Dan bagaimana cara cek nomor KK di Dukcapil (Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Diartikel ini akan diulas secara lengkap.

KK atau Kartu Keluarga merupakan dokumen negara yang wajib dimiliki oleh setiap orang atau lebih tepatnya satu keluarga memiliki 1 KK yang ditandatangani oleh kepala keluarga (Suami). Digunakan untuk melengkapi berbagai persyaratan seperti membuat KTP baru, meregistrasi kartu SIM operator, mendaftar asuransi BPJS, atau pun membuka rekening di Bank saat ini sudah dimasukan dalam persyaratan.

sumber gambar : titiknol.co.id

Seperti dokumen identitas lain, pada sebuah Kartu Keluarga terdapat informasi berupa alamat lengkap mulai dari nama kelurahan, RT/RW, kecamatan, Kabupaten/Kota, dan Provinsi. Yang membedakan kartu KK dengan kartu identitas lain seperti KTP, SIM atau Paspor adalah bentuknya yang relatif lebih lebar dan juga terdapat keterangan nama ayah dan ibu.

Selain menjadi pegangan, arsip kartu keluarga tersimpan pada berkas kependudukan masing-masing daerah. Ketika ada perubahan alamat, status pendidikan, kehadiran anggota keluarga baru (anak) atau salah satu anak sudah menikah maka pemilik KK harus memperbaharui datanya dengan mengurus ke desa. Bisa juga dengan datang langsung ke Kantor Kependudukan daerahnya.

sumber gambar : birokrasiku.com

Kartu Keluarga memiliki nomor seri yang berbeda-beda. Terdiri atas 16 digit arti yang berasal dari kombinasi no. seri, tanggal pencatatan dan kode wilayah. Jika tak ada perubahan maka nomor tersebut bisa berlaku untuk selama-lamanya.

Untuk membuat KK secara cepat anda perlu mengurusnya melalui RT/RW setempat atau datang ke kantor desa mengajukan permohonan pembuatan Kartu Keluarga. Anda akan diminta beberapa dokumen seperti KTP dan keterangan lainnya.

Cari Nomor KK (Kartu Keluarga) Online untuk Pendaftaran Kartu SIM Operator

Pemberlakuan pendaftaran kartu SIM operator dengan Kartu Keluarga dan KTP pada tahun 2018 lalu membuat beragam respon dari berbagai lapisan masyarakat. Ada yang mendukung kebijakan dari pemerintah tersebut tetapi banyak juga yang menentang karena dianggap mempersulit warganya.

Maraknya aktifitas penipuan yang mengatasnamakan diri sebagai pemenang undian perusahaan dan juga menyalahgunakan nomor telepon untuk membuat akun palsu dalam sosial media menjadi salah satu penyebab diberlakukannya kebijakan Registrasi Sim Card menggunakan nomor KK dan KTP.

Namun pada prakteknya, sebagian masyarakat mengeluh karena Kartu Keluarga yang dimiliki tidak bisa diregistrasi. Hal ini membuat pusing tujuh keliling karena dalam jangka waktu tertentu jikalau belum mendaftarkan diri dengan identitas KK dan KTP, Nomor kartu selulernya akan Diblokir.

Sehingga banyak pula yang tak sempat mengurus-urus kembali pembuatan Kartu Keluarga sehingga mereka meminta bantuan orang terdekat misalnya tetangga untuk bersedia meminjamkan identitas NIK atau No KK.

Memang tidak semua orang mau melakukan hal tersebut sehingga beberapa orang harus rela mencarinya secara online. Beberapa situs dibawah ini menyediakan Nomor KK (Kartu Keluarga) serta NIK. Berikut adalah daftar situsnya :

  • ktp.us.to
  • ktp.oneindonesia.co.id
  • ktp.bnpt.go.id
  • ktp.bonanza.co.id
  • ktp.geologi.id
  • ktp.kopi.co.id

Banyak orang yang berhasil meregistrasi Kartu SIM nya melalui situs tersebut. Seperti orang bernama Ismail dari Jakarta dan bapak M. Pinta dari Surabaya (berita dikutip dari CNN). Dirinya berhasil mendaftarkan kartu prabayarnya dengan nomor NIK dan KK yang didapat dari situs ktp.us.to melalui pesan Whatsapp berantai. Bisa disimpulkan bahwa situs tersebut sudah diketahui secara meluas oleh banyak orang.

Tapi sayangnya sekarang situs tersebut sudah tidak bisa diakses lagi untuk Mencari Kartu Keluarga secara Online untuk registrasi kartu SIM. Karena memang ini sebuah pelanggaran karena registrasi kartu SIM tanpa sepengetahuan pemiliknya.

Mentri Kominfo mengatakan bahwa masyarakata tidak perlu khawatir KK nya disalahgunakan karena dapat meminta bantuan CS operator terkait untuk memblokir semua yang terdaftar tapi tidak seizin pemilik.

Cara Cek Nomor KK (Kartu Keluarga) secara Online

Ketika anda masih ragu tentang data yang tertera pada Kartu Keluarga atau anda kehilangan KK anda, bisa secara langsung memeriksanya secara online. Caranya bisa simak saja artikelnya dibawah ini. Terus baca ya.

Cara Cek No Kartu Keluarga Online misalnya dengan melakukan pencarian nomor berdasarkan dari namanya. Pastikan anda mengikuti step-step dibawah ini dengan benar dan berurutan karena jika tidak melakukan dengan baik hasilnya juga tidak akan maksimal. Anda bisa menggunakan komputer atau pun smartphone anda, tentunya sudah ada koneksi internet yang cukup.

Cari Nomor KK Online Provinsi Kalimantan Barat

Tutorial ini akan mencoba mengecek nomor KK untuk provinsi Kalimantan Barat. Bagi anda yang berdomisili ditempat ini, silakan ikuti ya tutorialnya.

  • Pertama silakan buka situs Dukcapil Kalimantan Barat yaitu https://dukcapil.kalbarprov.go.id/cek-kk
  • Disini anda akan melihat beberapa kolom yang berisi Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nama Lengkap (sesuai KTP), dan juga Nama Ibu Kandung (Sesuai dalam KK).Isi dengan data yang benar sesuai data identitas anda.
  • Jangan lupa klik juga captcha dibawah dengan menceklis ‘saya bukan robot’. Disana mungkin anda akan dihadapkan seperti pilihan yang menjelaskan gambar. Anda harus melewati verifikasi ini supaya menandakan anda bener-bener user manusia bukan bot robot.
  • Setelah langkah-langkah diatas diisi dengan benar, mudah-mudahan anda akan menemukan nomor KK.nya.

Cari Nomor Kartu Keluarga (KK) Online Kota DKI Jakarta

Selanjutnya kita akan coba mengecek nomor Kartu Keluarga secara online untuk daerah DKI Jakarta. Kota dengan penduduk terpadat ini sepertinya memang sangat dibutuhkan dalam membantu warganya yang cukup banyak. Tak perlu datang ke Dukcapil setempat, cukup online dengan mengakses situs http://dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik. Mudah-mudahan anda bisa terbantu dengan adanya website tersebut.

Cari Nomor Kartu Keluarga (KK) Online Kota Bandung

Bagi anda yang berdomisili di kota Bandung dan ingin melakukan pengecekan informasi Kartu Keluarga (KK) secara online, anda bisa mengunjungi situs https://disdukcapil.bandung.go.id/cari-biodata. Laman tersebut bisa membantu anda melakukan pengecekan nomor KK untuk wilayah Bandung, Jawa Barat.

Cari Nomor Kartu Keluarga (KK) Online Kota Tangerang

Buat masyarakat yang tinggal di Kota Tangerang, jika anda ingin mengecek KK anda secara online bisa mengunjungi laman berikut ini. Laman tersebut berbeda dengan kota-kota yang sudah disebutkan diatas karena hanya memiliki 1 kolom saja yaitu anda cukup memasukan NIK (Nomor Induk Kependudukan) saja. Masukan Nomor Induk Kependudukan berupa 16 digit angka. Setelah input NIK anda klik icon ‘Cek NIK’ berwarna biru dibawahnya. Silakan anda ikuti saja prosedurnya.

Berikut adalah daftar selengkapnya untuk Cara Cek Nomor KK Online

Provinsi Jawa Timur

1. Kabupaten Gresik

Situs Cek KK –> KLIK DISINI

Provinsi Jawa Tengah

1. Kabupaten Tegal

Situs Cek KK –> KLIK DISINI

2. Kabupaten Rembang

Situs Cek KK –> KLIK DISINI

3. Kabupaten Pati

Situs Cek KK –> KLIK DISINI

Provinsi Jawa Barat

1. Kota Bandung

Situs Cek KK –> KLIK DISINI

DKI Jakarta

  1. Jakarta Pusat
  2. Jakarta Barat
  3. Jakarta Timur
  4. Jakarta Utara
  5. Jakarta Selatan

Situs Cek KK –> KLIK DISINI

Provinsi Banten

1. Kota Tangerang

Situs Cek KK –> KLIK DISINI

DI Yogyakarta

  1. Kota Yogyakarta
  2. Kabupaten Sleman
  3. Kabupaten Ponorogo
  4. Kabupaten Wates
  5. Kabupaten Gunung Kidul

Situs Cek KK –> KLIK DISINI

Provinsi Kalimantan Barat

  1. Kota Pontianak
  2. Kota Singkawang
  3. Kabupaten Sambas
  4. Kabupaten Mempawah
  5. Kabupaten Ketapang
  6. Kabupaten Sanggau
  7. Kabupaten Sintang
  8. Kabupaten Bengkayang
  9. Kabupaten Kapuas Hulu
  10. Kabupaten Sekadau
  11. Kabupaten Landak
  12. Kabupaten Melawi
  13. Kabupaten Kubu Raya
  14. Kabupaten Kayong Utara

Situs Cek KK –> KLIK DISINI

Selain di situs diatas anda juga bisa melakukan pengecekan Nomor NIK di https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/

Tuturial atau tips diatas memang diperuntukan untuk anda yang lupa dengan nomor KK yang anda punya. Mencari dokumen kesana kemari tapi tidak juga menemukannya. Tapi jika anda ingin informasi yang lebih lengkap bisa langsung mendatangi kantor Dukcapil setempat itu lebih baik.

Nah itu tadi informasi yang kita sampaikan mengenai Cara Cek dan Cari Nomor KK (Kartu Keluarga) secara Online atau lewat Internet. Semoga anda terbantu dengan tutorial yang kami buat. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lain dari kami. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Baca Lainnya