Cara Membuat Nomor Halaman di Word Secara Otomatis

Cara Membuat Nomor Halaman di Word Secara Otomatis – Apakah kamu masih bingung utnuk membuat nomor halaman Microsoft word? Tidak usah bingung lagi karena kami akan membahasnya sedikit demi sedikit secara detail. Untuk cara membuat nomor di halaman word tentulah sangat mudah.

Seperti yang kita tahu bahwa membuat nomor halaman di word tentulah sangat penting, apalagi jika kamu menulis yang digunakan untuk karya ilmiah, skripsi, disertasi, tesis atau bahkan tugas sekolah biasa. Kegunaan nomor halaman ini mempermudah bagi siapa saja yang ingin melihat tulisan tersebut.

Nomor halaman di Word biasanya menggunakan beberapa format seperti nomor biasa atau format romawi. Nah jika membuat file dokumen secara terpisah biasanya akan membuat nomor halaman secara manual, padahal pelru kamu ketahui abhwa Microsoft memberikan fitur otomatis , jadi kamu tak perlu susah-susah emmbuat nomor halaman secara manual.

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk emmbuat nomor halaman di word dengan sangat mudah:

  1. Cara Membuat Nomor Halaman Di Word

Cara pertama yaitu membuat nomor halaman di word yang biasanya digunakan untuk bagian kata pengantar , daftar isis , abstrak dan lain-lain. Adapun caranya yaitu:

  • Pertama silahkan pilih insert yang ada pada bagian kanan, dans etelah itu silahkan klik number.
  • Selanjutnya silahkan pilih posisi untuk nomor halaman, seperti contoh Bottom of Page > Plain number 2. Nah pada pengaturan ini memiliki fungsi yaitu untuk memberikan halaman dan juga bisa meletakkan pada bagian tengah bawah.

Jika kamu ingin menghapus pada bagian tertentu caranya cukup mudah yaitu klik insert > header > edit header. Setelah itu akan muncul tab design dan juga centang different first page untuk menghilangkan halaman pada sampul.

Langkah selanjutnya kamu bisa hapus nomor halaman yang ada pada sampul , lalu klik close header dan footer.

  • Cara Membuat Nomor Halaman di Word dengan Angka Romawi

Cara kedua yaitu cara membuat nomor halaman di word dengan angka romawi. Untuk cara – caranya hampir sama dengan cara yang pertama. Adapun caranya yaitu:

– Pertama silahkan klik insert, lalu pilih page number dan setelah itu format page numbers.

– Langkah selanjutnya yaitu silahkan pilih jendela Page Number Format ubah ke Number format menjadi angka romawi seperti i, ii, iii dan seterusnya.

– Kemudian ubah at : menjadi i. Lalu silahkan klik Ok untuk menyimpan.

3. Cara Membuat Nomor Halaman dengan beda Format

Cara ketiga yaitu cara membuat nomor halaman dengan beda format. Adapun caranya yaitu:

  • Pertama silahkan pilih insert, kemudian klik number dan silahkan pilih Bottom of Page.
  • Setelah itu, pilih Plain Number 2
  • Selanjutnya klik centang Different First Page. Edit header halaman 2
  • Page Number dan pilih Top of page

Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Nurul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *