Cara Membuat Google Form dengan Mudah

Google Form, buat anda yang sudah sering menggunakannya pasti sudah tidak merasa asing lagi mendengar nama salah satu program dari Google tersebut. Namun untuk anda yang baru saja mengenal dunia teknologi terutama online, pastinya bertanya-tanya. Apakah itu Google Form?

Google Form merupakan salah satu program dari Google. Pada tahun 2008 lalu awalnya Gogle Form hanya dilengkapi dengan Spreadsheet saja. Kemudian pihak Google menambahkan sebuah fitur formulir dalam spreadsheet tersebut dalam bentuk lembar terpisah. Hingga akhirnya pada awal tahun 2016 pihak Google mengubahnya menjadi sebuah aplikasi yang berdiri sendiri.

Google Form sendiri saat ini sangat banyak penggunanya, terlebih lagi untuk mereka yang terbiasa bekerja secara online atau daring. Aplikasi ini begitu banyak disukai oleh pengguna, pasalnya bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja dan dimana saja selama mempunyai koneksi internet.

Nah, jika anda masih merasa kebingungan dan ingin mencari tutorial tentang cara membuat google form, maka artikel ini tepat untuk anda, karena pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan tentang tips dan cara membuat google form. Untuk langkah-langkahnya langsung saja simak pada uraian dibawah ini.

Cara Membuat Google Form dengan Mudah

Pertama, pastinya anda sudah mempunyai aplikasi Google Form dan juga sudah mempunyai akun Google.

Kedua, dari form.google.com, kemudian silahkan anda pilih Blank, namun jika anda ingin membarinya template, maka anda bisa memilih template yang sudah tersedia.

Ketiga, dari drive.google.com, selanjutnya silahkan pilih New dan pilih Lainnya. Pada bagian samping Google Form maka silahkan anda arahkan pada tanda Panah Kanan dan pilih Blank Form or Form a Template.

Keempat, anda juga bisa memberi nama untuk formulir yang akan anda buat nantinya, caranya silahkan anda pilih Untitled Form atau Nama Formulir Template, dan setelah itu silahkan anda isikan nama untuk formulir anda.

Kelima, anda bisa menambahkan deskripsi untuk formulir anda nantinya. Pilihan ini hanya optional saja. Silahkan anda tambahkan teks pada sisi bawah nama yang sudah anda buat tadi.

Keenam, pada aplikasi Google Form ini anda juga bisa mengganti tema sesuai dengan keinginan anda dengan menggunakan tema yang sudah disediakan. Caranya silahkan anda pilih Pallete atau Palet Warna kemudian silahkan pilih mana yang ingin anda gunakan.

Nah, itulah cara yang bisa anda lakukan untuk membuah Google Form. Anda juga bisa menggunakan fitur Editor untuk melakukan editing, menambah atau menghapus pertanyaan. Selain itu anda juga bisa mengganti jawaban pertanyaan anda dengan menggunakan kotak centang, pilihan ganda dan lain sebagainya.

Cukup mudah sekali bukan cara membuat Google Form? kini saatnya anda langsung mempraktekkannya sendiri ya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Nie Na

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *