Cara Membuat Bot Telegram

Bot Telegram akan membantu mengurangi beban pekerjaan anda sebagai pemilik bisnis. Karena aktifitas berbagai pertanyaan dibantu oleh bot. Salah satu bisnis yang saat ini memakai bot telegram adalah bisnis master pulsa. Dimana untuk membantu transaksi pulsa saat ini menggunakan bot telegram.

Nah sebagian dari anda mungkin merasa penasaran, bagaimana sih cara membuat bot telegram yang mudah? Nah disini akan kita bahas secara lengkap dan step by stepnya. Simak terus ya.

Apa Itu Bot Telegram ?

Sebagian dari anda mungkin masih belum tahu banyak tentang bot telegram dan begitu pun dengan manfaat menggunakan bot ini.

Bot telegram adalah sebuah aplikasi dari pihak ketiga yang dapat membantu mengeksekusi perintah atau pun menjawab pertanyaan. Sehingga hal ini dapat mempermudah pekerjaan orang lain karena untuk beberapa perintah dan pertanyaan tertentu sudah di setting melalui bot.

Pengguna hanya perlu melakukan chat ke bot telegram. Kemudian akan ditampilkan baris menu pertanyaan oleh bot. Tentu saja ini sebuah efisiensi dalam bisnis.

Apa itu BotFather ?

Seperti namanya, BotFather ini adalah bapaknya Bot. Ketika kita ingin membuat bot di telegram, yang mesti terlebih dahulu kita lakukan adalah mendaftarkan nama bot ke BotFather.

Ditempat ini juga kita akan mendapatkan kode token atau kode aktivasi yang menjadi persyaratan untuk dapat membuat bot baru di telegram.

1. Daftar Bot ke BotFather

Untuk membuat bot apapun di telegram anda harus mendaftar terlebih dahulu ke botfather. Berikut ini step-step cara mendaftar bot ke BotFather :

  1. Pertama-tama silakan masuk ke aplikasi telegram
  2. Pada pencarian ketikan BotFather
  3. Pastikan anda mendaftar di BotFather resmi yang punya icon ceklis di nama bot nya. Seperti pada gambar dibawah ini :
  4. Silakan tekan Start
  5. Setelah itu pilih /newbot
  6. Ketikan nama bot telegram kamu
  7. Selanjutnya akan ada balasan untuk membuat username bot
  8. Silakan masukan username anda. Jika ada balasan ‘Sorry, this username is alraedy taken..’ berarti anda harus memasukan username lain.
  9. Jika berhasil akan ada balasan ‘Done! Congratulations on new your bot.’ Disini anda juga harus menyimpan baik-baik TOKEN untuk mendapatkan akses HTTP API.

 

2. Setting Deskripsi, Tentang dan Gambar Profil Bot

Bagi sebagian orang langkah ini sepertinya kurang banyak diperhatikan. Tetapi bagi kita ini sangat penting. Karena tentu saja kita sebagai seorang pebisnis harus punya identitas yang jelas. Begitu pun dengan bot telegram yang dibuat.

  1. Untuk mengedit deskripsi bot silahkan ketik /setdescription > pilih bot > isi deskripsi.
  2. Untuk mengisi halaman tentang silakan ketik /setabouttext > pilih bot > isi about text. Isi dengan apapun yang berhubungan dengan bot tersebut
  3. Sementara itu untuk mengganti gambar profil bot anda bisa ketik /setuserpic > pilih bot > pilih gambar dari ponsel anda.

Pada tahap ini kita anggap sudah selesai karena bot telah memiliki akses TOKEN. Sekarang mari lanjut ke tahap selanjutnya.

Cara Membuat Bot Telegram Tanpa Coding

Membuat bot telegram tanpa coding memang lebih mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Nah dibawah ini akan kita ulas selengkapnya. Silakan disimak ya.

Membuat Bot Telegram dengan ManyBot

Setelah tadi kita mendaftar bot melalui BotFather, selanjutnya untuk bisa membuat bot telegram anda bisa menggunakan ManyBot.

  1. Pertama-tama silakan anda cari bot nya dengan cara mengetik @ManyBot atau ManyBot
  2. Kemudian klik START
  3. Setelah itu ketik /addbot dan pilih Create a New Bot untuk membuat bot baru
  4. Pilih I’ve copied the API token. Token ini adalah token yang sudah kita buat pada BotFather diatas
  5. Salin Token dari BotFather kemudian paste kan pada ManyBot ini
  6. Selanjutnya pilih /skip aja
  7. Sampai disini bot telah berhasil anda buat

Fitur ManyBot

ManyBot memiliki banyak fitur-fitur seperti diantaranya dibawah ini :

  • Broadcast ke user (subscribers) atau channel
  • Autoposting
  • RSS feed
  • Custom commands
  • Form replies
  • dan lain-lain

Bagi anda yang masih kurang jelas, bisa tonton video cara membuat bot telegram dibawah ini :

Cara Membuat Bot Telegram dengan Coding

Membuat bot dengan cara coding hanya ditujukan bagi mereka yang sudah expert alias sudah mengenal bahasa pemrograman. Jika anda termasuk masih awam bisa skip aja metode buat bot telegram dengan cara coding seperti dibawah ini.

Membuat Bot Telegram dengan Framework

Sebelum membuat bot telegram dengan cara coding menggunakan Framework, akan lebih baik jika anda dapat memahami terlebih dulu metode bot API Telegram. Jika anda sudah membaca artikel disana barulah anda putuskan mau lanjut atau tidak menggunakan metode ini.

Metode membuat bot telegram dengan cara coding menggunakan framework lebih ditujukan untuk anda yang memang punya waktu dan sudah dianggap mahir dalam hal programming.

Kita sarankan untuk memakai framework atau kerangka kerja. Sebab ini bisa menghemat waktu anda dalam membuat tanpa harus pusing update, offset dan sebagainya. Dengan memakai framework, kita bisa mampu lebih fokus ke tujuan utama bot telegram dibuat.

Framework yang begitu terkenal saat ini adalah Tekegraf. Ini adalah bot telegram modern frameworkd untuk node js. Sebelum anda pasang telegraf, akan lebih baik anda memasang node.js dulu.

Untuk OS yang dipakai disini yaitu Linux, Ubuntu Mate 16.04. Apabila anda menggunakan OS selain Linux, silakan sesuaikan saja. Saya anggap disini anda paham maksud saya.

1. Open Terminal

Pertama silakan anda open terminal dengan menekan perintah CTRL+ALT+T kemudian buat folder dimana project disimpan. Namakan project tersebut dengan nama telegraf_bot.

2. Masuk ke folder project

3. Melakukan inisiasi

Untuk proses awal sebagaimana di project Node.js kita harus lakukan init dulu.

4. Buat file index.js

Kemudian akan disuguhkan dengan pertanyaan-pertanyaan. Sesuaikan pertanyaan dengan project bot yang bakal dibuat. Setelah itu akan ada file baru dengan nama package.json. Isi file nya seperti berikut :

Silakan anda lihat di bagian main dan juga scripts. Nama file nya yaitu index.js. Jadi kita buat file dengan nama sama yaitu index.js.

5. Memasang Telegraf

Sesudah telegraf terpasang kemudian kita buat file baru bernama index.js. Setelah itu buka file melalui editor text. Salin script dibawah ini.

Noted :

Apabila token tidak bisa dipakai karena barangkali bentrok dengan ManyBot, anda bisa melakukan salah satu cara seperti dibawah ini :

  1. /deletebot pada Manybot
  2. Revoke TOKEN melalui BotFather

Cara membuat bot telegram dengan coding ini memang lebih baik karena tidak akan bergantung pada pihak ketiga. Kelebihan lainnya yaitu mampu mengeksplore kode program sesuai dengan kemauan yang tentunya tetap perhatikan aturan dari framework.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Gaza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *