Ditulis oleh Nurhayati

Cara Melacak Nomor HP dengan Telkomsel Finder Akurat 2019

Tips Android Tips dan Trik ♦ Tuesday, 30 Apr 2019 - 22:34 WIB

Trik Ampuh!! Cara Melacak Nomor HP Telkomsel, Indosat, XL dengan Aplikasi di bawah ini. Menggunakan Telkomsel Finder apakah masih akurat untuk melacak no hp ? Silakan disimak.

Finder merupakan fitur yang banyak sekali bisa kamu temukan di Play Store. Aplikasi Finder bisa bantu kamu untuk melacak nomor telepon bilamana ponsel kamu hilang. Cara ini sangat bisa membantu ketika kamu kesulitan menemukan ponsel dan nomor yang sangat penting. Zaman sekarang mencari nomor ponsel atau melacaknya bukanlah hal yang sulit dilakukan. Karena berbagai macam aplikasi yang mumpuni dan canggih sudah ada. Hanya dengan bermodal smarptphone dan aplikasi kamu bisa melacak dengan mudah nomor ponsel sendiri ataupun nomor ponsel orang lain dan mengetahui dimana keberadaan nomor tersebut atau pemilik ponsel tersebut.

 

Baca Juga : Cara Melacak HP dengan IMEI

Tingginya tindak kejahatan pencurian ponsel juga menjadi sebab banyak dibuatnya aplikasi pencari lokasi dengan nomor telepon, dan mendeteksi dimana ponsel tersebut berada. Sehingga layanan untuk mencari nomor ponsel baik berupa web ataupun aplikasi sangat banyak tersedia. Dan sekarang, hampir setiap ponsel meluncurkan alat pelacak untuk nomor telepon yang hilang atau mencari nomor telepon orang lain. Bahkan di Google saja sebenarnya sudah tersedia aplikasi atau fitur tersebut. Agar memudahkan kita untuk mencari dan mengamankan data-data yang ada di dalam ponsel tersebut. Berikut adalah cara melacak nomor HP dengan Finder secara akurat 2019.

Melacak Nomor HP lewat website Telkomsel Finder

Telkomsel, yang merupakan salah satu provider yang paling banyak digunakan di Indonesia, memberikan fitur layanan pencarian nomor Telkomsel yang hilang atau mencari nomor telepon orang lain dengan aplikasi bernama Telkomsel Finder. Telkomsel Finder merupakan fitur mobile internet berbasis lokasi atau Location Based Service. Layanan ini dikhususkan untuk mencari lokasi teman atau kerabat atau berbagai fasilitas umum. Dan untuk menggunakan Telkomsel Finder kamu wajib mendaftar dengan nomor Telkomsel saja. Karena layanan ini memang dikhususkan untuk pengguna nomor Telkomsel. Telkomsel Finder tidak akan menyulitkan ketika digunakan, tampilan antarmukanya juga sangat mudah dan simple.

Layanan Telkomsel Finder ini akan mencarikan nomor telepon dengan otomatis dan memberikan hasil yang sangat update sesuai keberadaan terakhir nomor telepon tersebut berada. Telkomsel menggunakan titik lokasi dengan menggunakan letak BTS atau menara pemancar sinyal terdekat. Hal ini sangat mungkin dilakukan oleh Telkomsel, mengingat jumlah BTS yang dimiliki oleh Telkomsel terbilang sangat banyak. Hingga pertengahan tahun 2018 saja, jumlah BTS Telkomsel sudah mencapai 167.000 dan masih akan terus bertambah karena hingga saat ini Telkomsel terus membangun BTSnya hingga daerah perbatasan dan pulau-pulau terpencil di Indonesia.

  • Pertama, kunjungi lbs.telkomsel.com/telkomselfinder di ponsel atau di PC.
  • Selanjutnya, kamu akan diminta untuk melakukan login terlebih dahulu. Jika baru pertama menggunakan aplikasi, tekan menu Sign Up untuk mendaftar.
  • Login atau signup menggunakan nomor Telkomsel dan isikan data yang dibutuhkan. Dan untuk melakukan pendaftaran, pastikan hanya menggunakan nomor Telkomsel.
  • Jika login sudah berhasil, maka kamu akan masuk ke menu Layanan. Setelah itu, langsung saja pilih opsi Cari Lokasi Teman, masukan nomor teman yang kamu cari. Maka, Telkomsel akan memulai proses pencarian.
  • Setelah proses pencarian selesai, maka kamu akan langsung menerima informasi terupdate keberadaan teman kamu. Mulai dari nama jalan, hingga titik lokasi tepat nomor tersebut berada.

Melacak Nomor HP dengan Aplikasi Finder Telkomsel

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mencari nomor telepon adalah dengan menggunakan Aplikasi Telkomsel Finder. Aplikasi ini kerjanya sama seperti aplikasi Telkomsel Finder via website. Hanya saja, aplikasi yang satu ini tersedia di Play Store. Dan bisa langsung diunduh serta digunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pertama, instal aplikasi Telkomsel Finder dari Play Store. Ketikan saja nama aplikasinya, maka akan muncul aplikasi Telkomsel Finder di Play Store, dan langsung instal aplikasinya.
  • Kemudian login dengan menggunakan akun Telkomsel Finder yang sudah dilakukan sebelumnya di website finder tadi.
  • Untuk menggunakan layanan ini kamu akan dikenakan tarif Rp. 1000 per pencarian nomor telepon.
  • Jika sudah berhasil, cari lokasi teman dengan meng input nomor mereka. Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian berhasil dilakukan.
  • Dan, Telkomsel Finder akan memberikan informasi akurat terkait nomor telepon tersebut.

Melacak Nomor Telkomsel dengan SMS

Melacak nomor Telkomsel yang hilang juga bisa menggunakan SMS. SMS ini sangat singkat tentunya dan tidak harus mengunjungi situs ataupun menginstal sebuah aplikasi. Berikut adalah caranya :

  • Pertama,registrasi terlebih dahulu dengan DIAL *250# kemudian daftarkan temanmu dengan mengetikan format sebagai berikut.
  • Kirim pesan dengan format TEMAN <spasi> NAMA TEMAN <spasi> NOMOR TELKOMSEL TEMAN kirimkan ke 2500.
    Contoh : TEMAN AHMAD 0812345689 kirim ke 2500
  • Setelah itu kamu akan terima pesan yang isinya permintaan izin untuk membagikan lokasi mereka kepada kamu. Dan disini kamu hanya butuh izin dari teman kamu.
  • Selanjutnya, jika diizinkan kamu akan menerima pesan yang berisi lokasi serta alamat jalan dari tempat temanmu berada.

Telkomsel Finder Sudah Tidak Bisa Dipakai Lagi

Tetapi sayangnya untuk layanan Telkomsel Finder sudah tidak bisa digunakan lagi, begitu juga dengan aplikasi Telkomsel Finder. Jadi, lebih baik gunakan finder lain untuk mencari nomor telepon temanmu atau nomor ponselmu yang hilang.

Melacak Nomor HP Dengan Layanan Indosat

Indosat juga menyediakan pencarian nomor ponsel Indosat secara lebih akurat dengan menggunakan layanan dari Indosat sendiri. Tetapi memang layanan ini dikhususkan juga untuk mencari provider Indosat. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menemukan nomor ponsel dengan nomor Indosat. Yaitu dengan cara menggunakan nomor dial UMB dan menggunakan SMS. Cara ini memang sudah tidak bisa digunakan lagi, tetapi jika kamu penasaran berikut adalah langkahnya :

  • Untuk dial UMB bisa langsung mengetikan kode *777*6*6#
  • Kemudian akan langsung muncul pilihan menu, Lokasi Keluarga, Lokasi Belanja, dan Lokasi Lainny”.
  • Pilih salah satu yang kamu butuhkan, misalnya “Lokasi Keluarga”.
  • Maka akan muncul lokasi akurat dan terkini dari nomor telepon tersebut.
  • Untuk mencari dengan SMS langsung saja kirim format : CARI <Spasi> NOMOR HP” Kirim ke 9111 (Contohnya : CARI 085223xxxxx)

Melacak Nomor HP Dengan Layanan XL

Dan khusus nomor XL juga ada caranya, tetapi layanan ini juga sudah tidak bisa digunakan, namun jika kamu penasaran berikut adalah langkah yang harus diikuti:

  • Pertama, dial ke kode UMB *123*573*1*#.
  • Bisa juga dengan mengirimkan pesan menggunakan format CARI <spasi> Nomor HP” Kirim ke 9455.

Melacak Nomor HP dengan Lacak No HP

Ada juga aplikasi yang mengkhususkan untuk melacak nomor HP dengan nama yang juga sama Lacak No HP. Hasilnya lebih akurat daripada menggunakan HRL tadi. Berikut adalah langkahnya:

  • Pertama, cari aplikasi Lacak No HP di Play Store dan langsung saja install.
  • Kemudian, masukan nomor ponsel yang ingin dicari. Dan izinkan aplikasi untuk mengakses perangkat kamu.
  • Dan aplikasi tersebut bisa langsung memberikan informasi akurat terkait nomor yang dicari.

 

Melacak Nomor HP dengan Google Maps

Cara yang satu ini memang merupakan cara yang paling banyak berhasil. Karena kita bisa langsung melihat lokasi nomor tersebut berada saat itu juga. Hal ini dikarenakan setiap ponsel Android yang terhubung dengan email dan nomor telepon akan mendeteksi setiap aktivitas nomor tersebut. Dan Google akan memberikan tempat akurat dimana nomor tersebut berada.

Dengan cara ini kamu akan tahu dimana lokasi teman kamu berada. Dengan hanya mengakses ponsel target dan membuka maps di ponselnya, dan sedikit pengaturan. Berikut adalah langkah yang lebih jelasnya.

  • Pertama, bukalah Google maps di Ponsel.
  • Selanjutnya di pojok kiri atas ada menu titik tiga, dan klik menu tersebut sehingga akan muncul sebuah jendela menu di samping kiri.

  • Tap pada Bagi Lokasi dan di menu inilah kamu bisa berbagi lokasi dengan teman secara real time.
  • Klik saja Mulai.
  • Pilih rentang waktu lokasi yang akan dibagikan. Bisa memilih sesuai waktu yang ditentukan atau sampai dinonaktifkan.
  • Selanjutnya pilih orang.
  • Masukan alamat email atau nomor ponsel temanmu yang ingin dilacak, dan pilih Bagikan.
  • Setelah itu akan muncul jendela baru yang meminta konfirmasi apakah yakin akan membagikan lokasi. Klik Aktifkan.
  • Email atau nomor ponsel yang diijinkan bisa melihat lokasi tersebut selama waktu yang sudah diizinkan dan akurat.

Melacak Nomor HP dengan HRL Lookup

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mencari nomor ponsel adalah dengan menggunakan finder bernama HLR Lookup. Aplikasi ini sudah banyak diinstal oleh pengguna ponsel pintar dan tampilannya sangat menarik. Untuk menggunakannya pun terbilang cukup mudah, kamu hanya perlu memasukan nomor ponsel yang akan dicari. Berikut langkah mudahnya :

  • Pertama, pastikan download aplikasi HRL Lookup di Play Store dan Install aplikasinya.
  • Kemudian, buka aplikasi dan masukan nomor ponsel yang akan kamu cari. Selanjutnya Tap Check.

  • Maka secara langsung akan muncul data dari nomor ponsel yang dimasukan tersebut. Mulai dari kota, negara, provider dan informasi lainnya.

Tetapi, HRL Lookup ini memberitahukan lokasi rumah dimana pemilik ponsel tersebut berada. Bukan lokasi terkini, sehingga tidak cukup akurat jika memang digunakan untuk mencari lokasi terkini. HRL sendiri singkatan dari Home Location Register. Jadi memang digunakan untuk mencari tempat dimana nomor tersebut didaftarkan.

Melacak Nomor HP dengan iSharing

iSahring ini merupakan aplikasi yang memang dikhususkan untuk berbagi lokasi untuk keluarga dan teman. Dengan aplikasi ini kamu bisa mengurangi rasa khawatir terhadap keberadaan orang-orang tercinta. Karena dengan aplikasi ini kamu bisa dengan mudah melacak nomor ponsel keluarga dan teman dekat dan memberi peringatan keberadaan mereka dimana.

iSharing ini juga memberikan lokasi real time secara global. Dengan menggunakan bantuan Google maps dan GPS dari ponsel langsung. Dan aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan di ponsel android, tetapi bisa juga digunakan di Ipad, Galaxy, iPhone, Optimus dan yang lainnya. Dan jumlah teman juga bisa ditambah sesuai kebutuhan, tanpa ada batasan.

Fitur-Fitur yang ada di iSharing juga sangat menarik, simak fitur menariknya berikut ini :

  • Ada layanan panggilan darurat SOS. Kamu hanya harus menggoyangkan Smarphone secara horizontal selama 3 kali. Dan pesan darurat akan langsung terkirim kepada keluarga yang terhubung. Lokasi juga akan terkirim secara otomatis ke mereka. Jadi, aplikasi ini memang bagus banget untuk keamanan kamu.
  • Selanjutnya, ada juga alarm lokasi/jarak. Ini bisa digunakan untuk mencegah anak-anak atau saudara dari bahaya. Jika mereka main ke tempat yang diluar jangkauan mereka.
  • Ada fitur telepon gratis.
  • Pengaturan privasi.
  • Penghemat baterai.
  • Melacak lokasi ponsel yang hilang.

Dan untuk melacak nomor ponsel dengan iSharing, berikut adalah langkahnya :

  • Pertama, download dan install aplikasi iSharing dari Play Store.
  • Kemudian, buka aplikasinya dan masuklah menggunakan akun Facebook atau akun Google yang kamu miliki, kamu juga bisa menggunakan Email untuk melakukan pendaftaran.
  • Masukan nomor ponsel yang kamu gunakan dan pilih Selanjutnya.
  • Kemudian, aktifkan opsi sesuai kebutuhan. Seperti pengaturan alarm untuk jarak jauh sejauh 5KM dan lain sebagainya.
  • JIka sudah, klik Selanjutnya.
  • Kemudian, pilih menu Cari Saya.
  • Izinkan aplikasi untuk mengakses lokasi perangkat, klik saja Izinkan.
  • Selanjutnya pilih Tutup.
  • Jika ingin menambahkan teman dengan undangan, pilih salah satu kontak dari nomor di ponsel kamu.
  • Undangan bisa menggunakan email atau SMS.

Melacak Nomor HP Dengan Truecaller

Aplikasi finder selanjutnya yang bisa diandalkan untuk mencari nomor telepon adalah Truecaller. Aplikasi ini diunduh oleh lebih dari 250 juta orang lebih. Hal ini tidak lain karena aplikasi ini memiliki fitur yang sangat berguna untuk melacak nomor telepon yang tidak dikenal. Dan fitur penting lainnya juga tidak kalah menarik seperti misalnya bisa memblokir dan menelusuri panggilan misterius. Begitu juga SMS bisa di blokir untuk nomor yang misterius dan tidak dikenali.

Untuk menggunakannya sangat mudah, berikut adalah langkahnya :

  • Pertama, unduh aplikasi Truecaller dan install langsung aplikasinya dari Play Store.
  • Kemudian buka aplikasinya dan bisa langsung daftar akun baru dengan menggunakan akun Facebook ataupun Email.
  • JIka sudah, kamu akan menerima panggilan dari aplikasi Truecaller, terima panggilan tersebut untuk melakukan konfirmasi pendaftaran akun.
  • Jika sudah berhasil masuk, akan ada tab untuk panggilan, block, search, dan kontak.
  • Untuk mencari nomor telepon, pilih kolom search, dan lacak nomor ponsel atau isikan dengan nama yang dibutuhkan.
  • Jika hasil pencarian selesai, maka aplikasi akan menampilkan alamat dan lokasi paling baru dari nomor tersebut.
  • Jika ternyata nomor ponsel yang kamu masukan tidak terlacak, akan ada pemberitahuan bawah “hasil tidak cocok”.
  • Jika seperti itu, kamu bisa gunakan alternatif lain, yaitu menggunakan Truecaller via PC melalui website resmi Truecaller.

Untuk mengakses Truecaller via PC berikut adalah langkahnya :

  • Pertama, buka situs www.truecaller.com
  • Sign in dengan menggunakan akun yang sudah kamu daftarkan di ponsel tadi. Jika belum daftar, bisa daftar langsung di website.
  • Selanjutnya masukan nomor telepon yang akan dicari.

Melacak Nomor HP Dengan Zenly Locator-Realtime GPS

Apliaksi selanjutnya adalah aplikasi yang juga bisa sangat membantu menemukan nomor ponsel. Berikut adalah langkahnya :

  • Aplikasi ini bisa langsung kamu unduh di Play Store, dan bisa langsung diinstall di ponsel.
  • Selelah itu, langsung daftarkan nomor yang kamu gunakan untuk menggunakan aplikasinya.
  • Kemudian, aplikasi akan mengidentifkasi nomor ponsel kamu dan keberadaan tepat kamu dimana.
  • Jika sudah berhasil memasukan nomor telepon, akan muncul titik biru yang merupakan lokasi akurat dimana kamu berada.
  • Dan untuk mencari nomor telepon orang lain, kamu harus mengundangnya dengan menggunakan aplikasi ini.
  • Dan jika teman kamu sudah menyetujui undangannya dan menginstal aplikasinya, maka kamu bisa menemukan mereka langsung dari aplikasi, dari mulai alamat lengkap hingga titik akurat keberadaan mereka.
  • Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk chatting dengan teman yang menggunakan aplikasi yang sama.

Baca Juga : Cara Melacak Nomor HP Lewat Google Maps Terlengkap 2019

Itulah cara melacak nomor HP dengan Finder secara akurat 2019. Semoga dengan cara yang kami bagikan ini bisa memberikan kamu petunjuk dimana teman kamu berada atau nomor ponsel kamu yang hilang. Selamat mencoba.

Baca Lainnya