Ditulis oleh Nurhayati

Cara Melacak HP dengan IMEI

Tips Android ♦ Friday, 15 Mar 2019 - 09:47 WIB

Anda kesulitan menemukan ponsel yang hilang? Begini Cara Melacak HP dengan IMEI. Bisa anda ikutin caranya dibawah ini.

Di zaman yang serba canggih ini, menemukan sebuah benda bisa dilakukan dengan mudah, selama benda tersebut dipasang yang namanya GPS. Dengan menggunakan GPS kita bisa mudah menemukan sebuah benda, asalkan GPSnya bisa aktif. Dan yang kerap kali terjadi di zaman yang modern ini adalah hilangnya smartphone. Hilang smartphone karena dicuri, atau karena jatuh biasanya sering membuat pemiliknya kelabakan. Pasalnya, di ponsel, orang akan menyimpan banyak sekali data. Seperti misalnya yang terpenting adalah data foto-foto, data video, data file lain, bahkan biasanya ada yang menggunakan e-money dengan aplikasi yang mudah digunakan di ponsel. Terlalu berbahaya ketika kita kehilangan ponsel, dan semua data-data penting ada di dalamnya.

Jika ponsel terjatuh, mungkin akan ada orang yang berbaik hati yang ingin mengembalikan. Jika jatuhnya di tempat ramai dan ditemukan orang. Sementara untuk kasus ponsel dicuri, memang jarang yang kembali ditemukan. Karena si pencuri biasanya sudah memahami bagaimana agar ponsel tidak bisa dilacak. Dengan menonaktifkan ponsel dan membuang kartu yang digunakan di ponsel tersebut hingga mereset ponselnya agar tidak ada data yang tersisa. Jika memang ponsel kita jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab, memang cukup repot untuk bisa mendapatkannya kembali. Tetapi, jika kebetulan ponsel kamu jatuh di suatu tempat, kemungkinan untuk ditemukan masih ada harapan.

Baca Juga : Cara Logout Wifi ID di Laptop dan HP Android

Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kamu bisa melacak ponsel yang hilang. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan nomor IMEI. Nomor IMEI itu dimiliki oleh setiap ponsel dan setiap ponsel memiliki nomor yang IMEI yang berbeda. Nomor IMEI itu semacam nomor seri dari ponsel yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan ponsel. IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Yang merupakan nomor identitas dari ponsel yang menyimpan berbagai macam datan penting. IMEI memiliki fungsi sebagai identitas sebuah ponsel, agar operator dari ponsel tersebut bisa dengan mudah mengidentifikasi gadget yang terhubung dalam jaringan perusahaan mereka. Biasanya, nomor IMEI itu berjumlah antara 15-16 digit saja.

Pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan bagaimana caranya melacak sebuah ponsel dengan menggunakan nomor IMEI. Cara ini cukup mudah dilakukan, dan kamu bisa melakukannya di rumah. Dan begini cara melacak HP dengan IMEI terbaru 2019 yang harus kamu ikuti dengan seksama.

Cara Melacak HP dengan IMEI Terbaru 2019

Nomor IMEI bisa ditemukan di box ponsel. Biasanya ada di bagian belakang box ponsel yang kamu beli. Jika ponsel ternyata menggunakan dua kartu, nomor IMEI yang tertera juga biasanya ada dua. Tetapi yang bisa digunakan atau nomor seri yang valid hanya satu saja.

Dan jika ternyata box ponsel sudah tidak ada, karena ponsel sudah lama digunakan. Kamu bisa melakukan cek IMEI langsung melalui ponsel. Dan setiap ponsel memiliki tempat tersendiri untuk menempatkan IMEInya. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan bagikan tempat kamu bisa menemukan nomor  IMEI untuk ponsel VIVO.

  • Pertama, masuklah ke menu setting di ponsel yang sedang digunakan.

  • Selanjutnya pilih more setting atau pengaturan lanjutan.
  • Lalu pilih lagi menu About Phone

  • Nah di sana, kamu akan menemukan informasi ponsel yang digunakan. Mulai dari model ponsel, dan nomor IMEI yang dimiliki ponsel tersebut.

  • Jika sudah, catat nomor IMEInya dan jangan sampai hilang. Sehingga ketika dibutuhkan karena ponsel hilang, kita bisa kembali menemukan ponselnya dengan mudah.

Banyak yang bertanya, apakah menemukan ponsel hilang dengan menggunakan IMEI itu mungkin bisa dilakukan? Karena kasusnya, kebanyakan pemilik ponsel itu tidak menyimpan nomor IMEI mereka, dan tidak terlalu memperdulikannya. Padahal keberadaan IMEI itu begitu penting, apalagi di saat ketika ponsel kamu hilang. IMEI bisa membantu kamu menemukan ponsel, jika operator ponsel kamu mau melakukannya. Operator akan melacak ponsel dengan menggunakan BTS yang ada di seluruh negeri. Mungkin ponsel tersebut bisa ditemukan, tetapi dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Sehingga, kebanyakan operator enggan untuk melayani pelanggan yang kehilangan ponselnya. Karena banyak pekerjaan yang harus mereka lakukan ketimbang mencari sebuah ponsel.

Kecuali, jika memang ponsel yang hilang itu ada kepentingannya dengan data rahasia negara. Operator pasti akan membantu dengan seksama demi kepentingan negara. Karena sifatnya yang sangat urgen, jadi pasti dilayani. Tetapi, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk meminta operator ponsel yang kamu gunakan untuk melacak ponsel yang hilang dengan menggunakan IMEI. Dengan alasan yang masuk akal dan bisa diterima, kemungkinan besar ponsel kamu bisa dibantu ditemukan oleh operator.

Nah, agar ponsel yang hilang tersebut akunnya tidak dipergunakan dengan tidak bertanggungjawab, kamu harus melakukan hal-hal berikut agar akun kamu tetap aman saat ponsel hilang.

  • Pertama, lakukan penghapusan data pada ponsel kamu dengan cara online. Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah aplikasi bernama Temukan Perangkat Saya, yang dikeluarkan oleh Google LLC.
  • Pertama, download aplikasinya di Play Store.

  • Kemudian buka aplikasinya, dan klik Sign As Guest.

  • Masukan nomor ponsel atau Email dari ponsel yang hilang tersebut.
  • Isikan juga passwordnya.

  • Selanjutnya akan muncul opsi hapus perangkat, tap menu tersebut dan kamu akan mendapatkan pop-up persetujuan. Dan pilih saja Hapus Perangkat.

Baca Juga : Cara Cek dan Cari Nomor KK (Kartu Keluarga) Online

Itulah cara melacak HP dengan IMEI terbaru 2019 yang bisa kami bagikan. Dengan mencari ponsel menggunakan IMEI pastinya untuk penyesuaian data apakah ponsel tersebut benar-benar milik kamu atau bukan, sudah jelas bisa dipastikan. Karena setiap ponsel memiliki nomor IMEI yang berbeda. Jadi, nomor IMEI itu semacam identitas ponsel yang keluar. Setiap ponsel yang dipegang oleh penduduk di seluruh dunia, pasti memiliki nomor seri atau nomor IMEI. Yang mana juga merupakan data perusahaan yang memproduksi ponsel.

Tetapi cara menemukan ponsel dengan menggunakan nomor IMEI sejauh ini masih sulit dilakukan. Karena kita harus berhadapan langsung dengan operator ponsel yang digunakan. Sementara, hal-hal yang sifatnya sepele bagi perusahaan atau operator ponsel tidak akan dilayani dengan maksimal. Jadi, melacak ponsel dengan menggunakan nomor IMEI tidak terlalu efektif. Jadi, sebainya untuk mencari ponsel pilih cara lain. Seperti melacak dengan GPS dan lain sebagainya. Jadi, agar hal yang tidak diingingkan terjadi, seperti misalnya kehilangan ponsel. Pastikan sedia payung sebelum hujan. Hidupkan GPS sebelum ponsel hilang. Jadi, kita bisa siap nantinya jikalau ponsel hilang. Dengan GPS tentu saja lebih mudah ditemukan. Meskipun kemungkinan untuk kembali masih belum bisa dipastikan. Itulah artikel yang bisa kami sajikan saat ini. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan bagi kamu yang kehilangan ponsel.

Baca Lainnya