Ditulis oleh Gaza

Cara Membuat Bio Instagram Keren dan Menarik

Tips Sosial Media ♦ Monday, 9 Dec 2019 - 14:23 WIB

Bio Instagram itu tidak kalah penting dari Feed Instagram. Feed Instagram yang menampilkan konten foto dan video yang menarik akan meninggalkan kesan bagi pengunjung profil Instagram kamu. Tapi jangan lupakan bio instagram juga ya. Karena bio instagram yang menarik akan membuat pengunjung tahu siapa dan seperti apa sih kamu. Apalagi jika akun kamu punya potensi menjadi akun besar, bio tentu saja sangat penting.

Instagram adalah aplikasi yang sedang sangat populer. Instagram di unduh oleh miliaran orang dari seluruh penjuru dunia. Dan sudah menjadi bagian dari kehidupan anak muda milenial saat ini.

Contoh Bio Instagram Keren dan Terbaik 2020

Pernak-pernik di profil instagram adalah hal yang wajib diperhatikan supaya orang yang mengunjungi profil kita tertarik untuk jauh lebih kepo. Tak hanya feed postingan saja tetapi juga dari bio. Karena darisanalah penyampaian informasi untuk personal branding kamu.

Nah dibawah ini akan kita bahas cara membuat bio instagram keren dan menarik, apa saja yang perlu diperhatikan dan contoh-contoh bio instagram yang keren dan terbaik.

Contoh Bio Instagram Keren Bahasa Inggris

Dengan menggunakan bio bahasa inggris, profil IG kita terlihat lebih keren. Nah dibawah ini adalah beberapa contoh bio instagram keren dalam bahasa inggris.

” Sometimes it’s better to react with no reaction ”

(Kadang-kadang tanggapan yang paling baik adalah dengan tidak melakukan apa apa)

” Limits exist only in the mind ”

(Keterbatasan hanya ada dalam pikiran)

” When nothing goes right, go left ”

(Ketika tidak ada yang kekanan (tidak ada yang benar), pergilah ke kiri)

” Life is short make it sweet ”

(Hidup ini singkat, buatlah semanis mungkin)

” The best way to cheer yourself up is to try to cheer somebody else up ”

(Cara terbaik membahagiakan diri sendiri adalah dengan mencoba membahagiakan orang lain)

” Every you will ever knows something you don’t ”

(Akan tiba dimana anda akan mengetahui sesuatu yang anda tidak tahu)

” The best preparation for tomorrow is doing your best today ”

(Persiapan hari esok adalah melakukan yang terbaik hari ini)

” I can I will ”

(Saya bisa dan pasti saya lakukan)

” We were born to be real not to be perfect ”

(Kita dilahirkan untuk jadi sesuatu yang nyata, bukan menjadi sempurna)

” When you can’t find the sunshine, be the sunshine ”

(Ketika kamu tak dapat menemukan sinar matahari, jadilah sinar matahari)

Contoh Bio Instagram Keren Bahasa Indonesia

Dibawah ini adalah beberapa contoh bio instagram keren, bisa anda coba untuk menghiasi biografi akun instagram anda.

” Kadang tindakan terbaik itu dengan diam ”

” Hidup itu simpel, kita yang membuatnya rumit”

” Berdiri seperti batu, berenang dengan arus ”

” Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan ? ”

” Senja mengajarkan bahwa bahagia itu tak harus datang lebih awal ”

” Syukur adalah cara pintar menikmati hidup ”

” Sabar adalah obat mujarab semua kesulitan ”

” Balas dendam terbaik adalah dengan menjadikan diri lebih baik ”

” Jangan berhenti jadi baik ”

”  Sederhana adalah kunci hidup bahagia “

Contoh Bio Instagram Unik dan Lucu

Nah bagi yang ingin bio instagramnya unik dan anti mainstream, nisa anda lihat beberapa list dibawah ini, terus baca ya.

” Hidupku : Makan, tidur, posting, baca komentar, tidur lagi ”

” Jangan menyerah pada mimpi-mimpimu. Teruslah tidur ”

” Tugas akan terasa ringan ketika ditinggalkan ”

” Ini bukan saya, kamu ketipu ”

” Hidup tanpa tujuan seperti kebelet tapi gak ada WC ”

” Aku orangnya baik kok, jomblo lagi ”

” Jangan lupa makan nanti kamu mati ”

” Aku tidak ganteng dan aku bangga ”

” Jangan sebut mantan sebut aja almuni, siap tau reuni ”

” Cantik itu relatif, photoshop itu alternatif “

Cara Membuat Profil Instagram Menarik

Sangat penting membuat profil instagram terlihat keren dan menarik. Dengan begitu Akun Instagram kamu bisa dapat memberikan kesan tertentu yang membuat orang lebih kepo. Apalagi jika akun Instagram kamu digunakan untuk keperluan bisnis, kebutuhan bio Instagram sangat-sangatlah perlu. Karena kesan pertama pelanggan itu penting banget.

1. Akun IG Jangan Di Private

Jika anda membangun akun instagram untuk keperluan personal branding atau pun untuk bisnis akan sangat fatal jika anda memproteksi akun dengan cara mem-private akun. Boro-boro orang mau tahu lebih tentang anda atau bisnis anda orang lihat profil aja tidak bisa. hehe

Jadikanlah akun IG anda akun publik sebagai perkenalan siapa anda dan jika ini akun IG bisnis juga harus menggambarkan seluk beluk bisnis anda dari bio instagram maupun feed yang berisi postingan gambar dan video.

2. Pasang Foto Profil Terbaik

Foto profil muncul di feed followers dari sudut pandang yang sangat sempit. Jadi anda harus sebisa mungkin berusaha agar follower tahu siapa anda atau bisnis anda.

Dibawah ini adalah beberapa tips memasang foto profil di instagram :

a. Akun Personal

 

 

Supaya follower lebih mengenali anda, anda harus memasang foto profil anda sendiri tentunya yang terbaik. Diutamakan foto yang mengarah ke wajah bukan foto full badan karena wajah anda kemungkinan tidak akan terlihat.

Foto harus zoom ke bagian muka dengan fose tersenyum dan detail ke bagian mata, alis, hidung dan mulut harus terlihat.

b. Akun Bisnis

Untuk akun bisnis anda bisa memakai logo perusahaan, jika logo anda berbentuk huruf yang memanjang, bisa disimpelkan supaya pas untuk profile instagram. Contohnya dibawah ini :

3. Username yang mudah dicari

Banyak akun instagram terutama untuk akun personal yang memakai username yang susah diingat. Seperti diantaranya memakai banyak huruf yang sama misal @fiitri.anaaa atau @sachrlbkhos. Kedua username itu akan susah untuk diingat sehingga apabila ada orang yang ingin masuk ke profil akan kesulitan.

Struktur Profil pada Bio Instagram yang Direkomendasikan

Ketika membuat bio instagram anda harus memperhatikan beberapa hal. Beberapa artis atau pun public figur memiliki bio instagram yang ringkas dan adapun yang lengkap.

Nah berikut ini akan kami urai struktur bio instagram yang direkomendasikan :

1. Nama Populer

Sudah tentu ini hukumnya wajib untuk mencantumkan nama. Tapi nama seperti apa sih yang harus ada di profil instagram. Apakah nama sesuai KTP ? Tentu saja tidak. Nama disini adalah bisa memuat nama yang akan jadi personal branding anda. Jadi tidak harus lengkap sesuai KTP juga. Seperti misalnya Deddy Corbuzier, Dewi Persik, Zaskia Gotik dan sebagainya. Kita tahu nama asli mereka berbeda dengan nama populernya.

2. Skill / Profesi

Bio instagram juga harus menjelaskan apa sih skill atau pekerjaan yang sedang anda jalankan. Bisa anda cantumkan hobi, minat yang intinya anda harus expert di bidang mana. Dengan begitu orang yang memiliki kesamaan profesi akan tertarik follow akun kamu.

Anda akan akan lebih punya banyak teman satu profesi yang sama dan bisa lebih interaktif saat nanti posting foto-foto atau video yang berhubungan. Dengan cara itu, relasi bisa menjadi lebih luas dan di Instagram kamu bisa menemukan banyak hal yang lebih menarik.

Buatlah pembeda yang membuat anda berbeda dengan yang lain. Karena tak bisa dipungkiri pekerjaan yang kita lakukan juga pasti digeluti orang lain diluar sana. Buatlah pembeda yang membuat anda spesial dan benar-benar berbeda.

3. Keyword Pada Nama

Penambahan keyword atau kata kunci di nama anda ini sangat cocok jika anda ingin membranding anda sebagai profesional di bidang tertentu. Misal anda seorang make up artist maka anda bisa buat nama anda sebagai ‘Profesional Makeup Artist’.

Memakai keyword di nama akan lebih mudah ditemukan oleh user yang mencari jasa tersebut di instagram.

4. Website atau Youtube Channel

Jika anda memiliki website atau pun channel youtube tak usah ragu untuk menambahkannya di Instagram. Ini sangat bagus untuk mendeskripsikan secara detail apa yang anda kerjakan dan siapa sih anda.

Instagram sangat ketat dalam menambahkan link keluar. Untuk itu pilih salah satu website atau channel youtube.

5. Contact Person (WA, Line, Email)

Dalam struktur bio instagram yang direkomendasikan, ini adalah bagian yang wajib anda isi. Karena siapa tahu ada yang berminat tentang jasa anda atau pun ada yang ingin berkolaborasi dengan anda.

Canumkan nomor whatsapp, Line atau pun email untuk memudahkan orang menghubungi anda. Karena jika hanya via DM instagram, bisa saja tidak terbaca oleh anda karena masuk folder spam.

Berapa Maksimal Jumlah Kata Dalam Bio Instagram

Anda hanya bisa menuliskan bio dalam instagram tak lebih dari 150 karakter. Untuk itulah anda harus mengisi 150 karakter itu dengan informasi yang menarik dan membuat user yang melihat bio anda menjadi lebih tertarik sehingga bisa menjadi pengikut atau jika sudah mengikuti bisa terus-terusan kepo dengan postingan ig anda.

Cara Membuat Bio Instagram Keren

Ada sebuah penelitian yang hasilnya adalah hanya ada waktu 2 per sepeluh detik untuk bisa membuat orang yang melihat akun IG kamu begitu terkesan.

Jadi mengoptimalkan biografi instagram itu wajib sifatnya. Apalagi untuk kaum milenial seperti jaman sekarang ini yang sudah melek internet.

Nah berikut ini adalah beberapa tips membuat bio instagram anda lebih keren dan menarik.

1. Buatlah Bio Instagram yang Mudah Dibaca

Jika kamu menggunakan akun Instagram untuk bisnis, pastikan berikan deskripsi dan nama yang jelas. Jika ternyata kamu ingin menyingkatnya agar bagus, pastikan buat singkatan yang mudah dibaca orang. Sehingga saat membeli produk kamu, orang-orang akan mudah mengingat bio kamu dan mereka bisa dengan mudah membaca deskripsi profil kamu.

2. Pasang Caption Singkat Tentang Hobi

Kalau kamu membuat sebuah akun Instagram yang bertema, kamu bisa mencantumkan caption singkat dan hobimu juga. Bahkan kamu bisa juga mencantumkan konsep Instagram post yang kamu buat. Cara ini akan membuat akun Instagram kamu mudah diketahui tujuannya oleh orang lain. Kamu bisa menulisnya dengan desain yang menarik dengan membuat pointer vertikal ataupun horizontal. Dengan begitu, bio kamu akan terlihat minimalis dan menarik. Tetapi, jangan terlalu banyak mencantumkan list, karena akan terlihat acak-acakan dan membosankan. Contohnya :

My life is my adventure..

No books, no life..

Setiap hari adalah jalan-jalan..

Tiada hari tanpa memancing..

Hidup adalah puisi-puisi yang manis dan pahit..

3. Buat Bio Dengan Sesingkat dan Sepadat Mungkin

Agar lebih singkat padat dan jelas saat membuat bio Instagram, kamu bisa memasang segala hal yang berhubungan dengan kamu. Misalnya profesi, capaian, pokoknya apa saja yang bisa mengenalkanmu kepada orang dengan singkat dan jelas. Tetapi, jika misalnya capaian-capaian yang kamu dapatkan tidak terlalu menarik, tidak usahlah memasangnya. Yang ada nantinya orang malah melihat bio kamu dengan sebelah mata.

 

4. Tunjukan Diri Kamu Lewat Bio

Menunjukan jati diri kamu melalui bio Instagram sangatlah penting. Kamu juga bisa mengangkat tema apa yang kamu usung dalam akun Instagram kamu. Sehingga orang yang melihat akun Instagram kamu bisa paham dengan apa yang kamu posting dan seperti apa kepribadian dan kesukaan kamu. Misalnya kamu bisa mengenalkan diri kamu sebagai seorang yang suka hal-hal minimalist, atau vintage. Atau orang yang suka jalan-jalan dan joke.

5. Hindari Emoticon Berlebihan

Emoticon memang menjadi andalan banyak orang untuk membuat tulisan yang menarik. Tetapi, pastikan jangan menyimpan terlalu banyak emoticon pada bio Instagram. Karena jika terlalu banyak menggunakan Emoticon di Instagram, justru profil bio kamu akan terlihat acak-acakan dan menghilangkan estetika. Kamu bisa menggunakan emoticon setidaknya dua emoticon dalam bio.

6. Gambarkan Isi Postingan Anda

Konten foto dan video yang diposting di feed instagram harus benar-benar menggambarkan hobi, minat, skill atau profesi yang sedang anda geluti. Hindari postingan yang benar-benar tidak perlu misal konten foto alay yang tidak berhubungan dengan bidang anda.

7. Buat Ajakan di Bio Instagram

Agar Instagram kamu bisa lebih menjual dan menarik, buatlah sebuah ajakan. Ajakan ini dimaksudkan agar akun kita mudah ditemukan dan untuk mengajak melakukan suatu aksi atau di akun kamu. Misalnya akun kamu bergerak di bidang jasa. Maka, ajaklah mereka di bio kamu untuk membeli barang yang kamu jual. Berikut ini, contoh-contoh kata-kata ajakan yang bisa kamu gunakan di bio Instagram kamu. Berikut adalah kata-kata yang bisa kamu gunakan dari akun-akun resmi di Instagram :

Gunakan #Empowering Discovery untuk foto/ video liburan seru kamu!

The 5-star airline of Indonesia & world’s best cabin crew. For customer service inquiry, mention @garudacares at Twitter or dial +6221 2351 9999.

Airbnb opens the door to interesting homes and experiences, even if it’s just for a night. Share your stories with @Airbnb.

8. Cantumkan Hashtag Pribadi Jika Ada

Kamu yang aktif di Instagram dan punya feed yang bagus dan menarik. Membuat konten yang bertema seperti misalnya tentang makanan, kamu bisa membuat hashtag pribadi sehingga orang akan lebih mudah eksplore foto-foto kamu. Hasil foto karyamu bisa dengan mudah dicari hanya menggunakan satu hashtag saja. Biasanya hasil klik hashtag juga akan memunculkan foto dari mulai yang paling populer. Sehingga akan menguntungkan buat kamu, sehingga follower kamu bisa makin bertambah.

 

9. Buat Quote Singkat

Membuat bio Instagram tidak harus repot-repot mencantumkan segala hal yang menggambarkan dirimu. Seperti misalnya prestasi yang kamu buat, dimana kamu bekerja, profesi kamu apa. Orang lain sebenarnya tidak akan peduli-peduli amat dengan hal itu. Padahal orang akan lebih terkesan dengan quote singkat yang kamu buat di bio Instagram kamu. Quote yang kamu suka juga bisa membuat orang lain senang dengan bio kamu yang seadanya dan menggambarkan diri kamu sendiri atau mimpi yang ingin kamu capai.

10. Pamer Karya atau Portofolio Online di Bio Instagram

Kalau kamu punya karya dan senang melakukan sesuatu hal. Tidak ada salahnya untuk menampilkan salah satu portfololio kamu di bio Instagram. Apalagi hal ini untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, akan sangat membantu kamu mencarinya. Bio adalah hal pertama yang dicari oleh seorang HRD saat investigasi calon pekerja. Siapa tahu mereka mencari salah satu akun kamu dan mereka membuka Instagrammu. JIka kamu membuang salah satu portofolio yang bikin mereka terkesan. Kamu akan sangat beruntung. Mungkin saja bisa langsung mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan.

11. KISS, Keep It Sweet and Simple

Bio Instagram adalah kata-kata yang akan menggambarkan kepribadian kamu secara tepat dan cepat. Sehingga tulislah bio yang ‘kamu banget’ jadi jangan mengada-ada karena misalnya bio orang itu keren kamu ikuti. Bukan berarti gak boleh ikut-ikutan bio orang, tetapi kalau tidak menggambarkan kamu yang sebenarnya malah tidak terkesan manis.

Manfaat Membuat Bio Instagram Keren

Lantas apa saja sih manfaat membuat bio instagram yang keren dan menarik.

  1. Untuk mempromosikan skill atau bisnis anda.
  2. Untuk bisa berinteraksi dengan orang-orang yang satu minat dengan anda
  3. Untuk menambah follower

Nah itulah tadi beberapa contoh bio instagram keren dan cara membuatnya.

Semoga artikel yang kami sajikan bisa bermanfaat untuk anda.

Baca Lainnya