Apa Itu ONT Indihome ?

Penggunaan internet di Indonesia sekarang hampir merata. Di seluruh penjuru negeri sudah memasang layanan wifi dengan menggunakan fasilitas dari Indihome.

Indihome menjadi bagian terpenting dari internet yang ada di Indonesia. Jaringan Indihome sudah bisa dinikmati oleh siapapun. Dengan harga yang disesuaikan dengan kecepatan dan kebutuhan.

Indihome memiliki perangkat jaringan yang digunakan. Tidak ada salahnya Anda mengetahui perangkat jaringan yang digunakan oleh Indihome seperti ONT. Apa itu ONT Indihome? Simak artikel berikut hingga selesai ya.

Apa itu ONT Indihome ?

ONT Indihome adalah sebuah perangkat jaringan yang disediakan oleh Indihome. Ketika Anda mengetahui apa itu ONT Indihome, maka saat jaringan Indihome di rumah bermasalah, Anda akan tahu dimana letak permasalahannya.

Indihome memiliki banyak perangkat yang menunjang jaringan yang bagus. Diantaranya adalah ONT (Optical Network Termination), telepon analog, STB (Set top Box), Roset Optik, Patch Cord, Kabel UTP, Remote Control STB, dan yang lainnya. Dan yang akan kami bahas di sini adalah ONT Indihome.

ONT adalah singkatan dari Optical Network Termination. Yang merupakan salah satu jaringan internet yang biasanya diletakan di rumah pelanggan Indihome. 

Kegunaan ONT Indihome

ONT Indihome biasanya digunakan untuk interface yang menghubungkan satu customer ke customer premises equipment (CPE). Indihome akan selalu menyediakan ONT agar pengguna bisa menggunakan internet yang disediakan oleh Indihome.

Sederhananya ONT adalah perangkat yang bisa menerima trafik dan menjadikannya data, video, maupun suara. Alatnya berupa fiber optic, outlet fiber optic ataupun single mode.

ONT ini sama saja dengan fungsi modem yang biasa digunakan. Bedanya teknologi dari kedua benda ini berbeda jangkauannya. Modem sendiri menggunakan ADSL atau Asymmetric digital subscriber line dan kabel tembaga. 

Sementara ONT menggunakan GPON (Gigabit Passive Optical Networks). Yang dihubungkan dengan menggunakan kabel serat optik.

Fungsi ONT Indihome

Adapun fungsi utama dari ONT Indihome adalah sebagai berikut :

  • Mengkonversi sinyal optik menjadi sinyal elektrik.
  • Menjadikan layanan demultiplexer atau demux. Demux adalah rangkaian untuk menambah output. Demux akan mengubah input menjadi beberapa bentuk output.
  • Mengeluarkan output dalam bentuk voice, video, ataupun IP TV serta data-data internet.

Kesimpulan

Jika ada yang masih bertanya apa itu ONT Indihome ? Anda bisa dengan menjawab yaitu modem yang disediakan oleh perusahaan Indihome untuk penggunanya di rumah. ONT Indihome biasanya berbentuk segi empat bulat dengan warna putih dan akan Anda temukan dimanapun asalkan rumah tersebut menggunakan jaringan wifi dari Indihome.

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham apa itu ONT Indihome ? Dengan mengetahui jenis perangkat dari Indihome di rumah, jika terjadi kerusakan pada jaringan atau hal lain yang berhubungan dengan wifi di rumah. Anda bisa dengan mudah konsultasi dengan customer service dari Indihome. Semoga artikel yang kami bagikan bermanfaat. Terimakasih.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Nurhayati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *