Apa itu Aplikasi JakCLM ?

Ditengah merebaknya virus corona atau Covid-19 semua orang kini dalam keadaan siaga dan hati-hati demi menjaga untuk tidak tertular. Apalagi kita yang sering beraktifitas ditengah kerumunan banyak orang, kewaspadaan harus sangat ekstra karena kerentanan tertular sangat tinggi.

Oleh karena itu saat ini banyak perusahaan maupun instansi yang mewajibkan semua karyawan maupun calon karyawan untuk memasukan Tes PCR atau pun Rapid Test sebagai syarat bisa bekerja atau masuk kerja.

Tak hanya itu saja untuk bisa memasuki daerah ibu kota, Jakarta anda pun mewajibkan test karena di ibukota merupakan pusat episentrum virus dan kerentanan tertular cukup tinggi. Oleh karena itu saat ini sudah ada aplikasi bagus untuk mengenal gejala Covid-19 dan cek secara mandiri.

Aplikasi JakCLM itu ada di Jaki yang bisa kalian download dengan mudah di Play Store maupun App Store. Nah pada kesempatan ini kita akan mengulas mengenai aplikasi ini.

Apa itu Aplikasi Jak CLM ?

Aplikasi JakCLM adalah salah satu fitur dari aplikasi JAKI yang dapat kamu download di play store maupun app store. Ini merupakan aplikasi hasil kolaborasi Pemprov DKI Jakarta bersama Harvard CLM Team dan Klakklik.id dalam menghadirkan kalkulator covid 19. Kalkulator covid-19 sendiri adalah aplikasi untuk cek gejala mandiri yang menggunakan lachine learning Covid-19 Likelihood Metric atau CLM pertama di Indonesia.

Aplikasi JakCLM Berteknologi Machine Learning untuk Cek Mandiri

Aplikasi JakCLM memakai teknologi machine learning. Aplikasi ini memberikan rekomendasi hal yang harus anda lakukan juga bisa menilai apakah anda wajib ikut tes PCR atau tidak. Setiap pertanyaan akan diberikan bobot nilai dan dihitung terus sampai tes pertanyaan selesai.

Supaya hasil signigikan, Aplikasi CLM ini juga dapat mengidentifikasi riwayat data dari kasus Covid19 yang didapatkan dari database Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk pertimbangan hasil tes yang akan dilakukan. Nantinya pada ahir tes, anda bakal memperoleh skor berdasarkan oleh jawaban apakah ODP, PDP maupun OTG.

Jadwal tes PCR ini dilakukan di fasilitas kesehatan tedekat di daerah anda. Tentu aja jika sudah mencapai nilai atau skor yang ditentukan. Sekarang anda dapat mengecek gejala covid-19 secara mandiri melalui aplikasi JakCLM yang merupakan fitur dari aplikasi JAKI.

Aplikasi Jak CLM, Mau Tes PCR ? Cek Mandiri Dulu Aja

Salah satu tujuan dari aplikasi ini yaitu supaya dapat menyeleksi orang yang benar-benar butuh tes PCR saja. Dengan demikian untuk penggunaan alat RT-PCR (Real Time Polymerase Chain Reaction) bisa lebih efektif dan juga efisien.

Kalkulator Covid 19 ini dihadirkan melalui fitur JakCLM pada aplikasi Jaki. Jika kamu merasa memiliki gejala covid-19, kamu bisa langsung gunakan fitur jak CLM.

Cara Menggunakan Aplikasi JakCLM

  1. Pertama-tama download terlebih dahulu aplikasi Jaki melalui Play Store atau untuk pengguna Apple bisa di App Store.
  2. Kemudian silakan anda pilih fitur JakCLM. Silakan simak ketentuan yang tercantum di JakCLM.
  3. Setelah itu silakan anda salin kalimat pernyataan yang tersedia pada box yang tertera.
  4. Masukkan nama lengkap beserta NIK sesuai dengan KTP. Untuk 1 NIK hanya dapat dipakai oleh satu kali tes dalam satu minggu.
  5. Masukkan alamat sesuai domisili. Lengkapi juga data identitas lain.
  6. Masukkan nomor telepon dan juga email aktif.
  7. Isi semua pertanyaan ini dengan benar dan jujur. Mulai dari kondisi kesehatan anda, riwayat kontak juga riwayat bepergian anda.
  8. Setelah selesai kamu dapat mengcek kembali informasi pada rangkuman jawaban
  9. Jika sudah sesuai centang pernyataan persetujuan lalu Klik tombol lihat hasil tes
  10. Setelah itu, anda akan mengetahui hasil pemeriksaan kamu sesuai kategori yang ada. Apakah ternasuk OTG, ODP atau PDP.
  11. Selain mengetahui hasil tes kamu juga akan mendapatkan rekomendasi agar tetap sehat dan informasi lainnya selama pandemi covid-19.
  12. Jangan lupa unduh dan simpan hasil tes kamu dengan memindai atau screen shot QR code di halaman hasil
  13. Jika hasil test calculator covid 19 kamu diprioritaskan untuk ikut tes PCR maka ikuti langkah dibawah ini :

Cara Mengikuti Tes PCR ke Puskesmas Terdekat

  1. Pertama Unduh hasil test kalkulator covid 19 atau simpan QR code nya.
  2. kedua konfirmasi kehadiran untuk tes PCR dengan menghubungi nomor telepon Puskesmas yang diberikan
  3. Ketiga datang ke Puskesmas yang telah ditentukan dengan membawa kartu identitas dan hasil tes kalkulator cofid19 kamu
  4. Yuk cek mulai sekarang cek mandiri gejala covid-19 melalui jak clm di Aplikasi Jaki.

Semoga bermanfaat.

You May Also Like

Avatar

About the Author: Gaza

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *